Kripto Adalah? Simak Ulasan Lengkapnya!


crypto fundamental bagus

Kripto adalah aset digital yang beroperasi yang dilengkapi dengan teknologi kriptografi. Mungkin masih ada dari kita yang belum mengetahui apa itu kripto.

Belakangan, jumlah investor aset crypto di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Bahkan, jumlahnya telah mencapai 15 juta orang.

Kemudian, hal itu juga ditandai dengan kemunculan sejumlah aset kripto tanah air yang beroperasi hingga masuk ke pasar global.

Pada beberapa tahun terakhir juga telah hadir beberapa Centralized Exchange (CEX) di Indonesia. Di antaranya yaitu Indodax dan Tokocrypto.

Masifnya perkembangan investasi kripto di tanah air tentunya harus diimbangi dengan edukasi. Sehingga, pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang kripto.

Kita tentu mengetahui, bahwa pertanyaan mengenai apa itu kripto biasanya muncul dari mereka yang baru tertarik untuk berinvestasi aset kripto.

Kamu tentu penasaran tentang apa itu kripto jika belum mengetahuinya. Kali ini mari kita mengulas tentang apa itu kripto!

Baca juga:
Community Talk VCGamers x IDCRYPTO Berjalan Sukses
Perbedaan Coin dan Token Crypto Hingga Pengaruhnya pada Harga
Simak! Ini Istilah dalam Cryptocurrency yang Perlu Diketahui

Kripto Adalah Aset Digital

"Ilustrasi

Kripto adalah aset digital yang digunakan untuk bertransaksi secara virtual dan dilengkapi dengan kriptografi yang kuat guna mengamankan transaksi yang terjadi.

Keberadaan kriptografi pada itu membuatnya tidak mungkin untuk dipalsukan.

Setiap transaksi yang terjadi seperti pembelian maupun penjualan hingga pengiriman aset akan tercatat di dalam blockchain.

Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai penyimpanan atau bank data scara digital yang terhubung dengan kriptografi.

Blockchain digambarkan sebagai sebuah buku besar (ledger). Di mana, setiap transaksi atau informasi yang terjadi akan tercatat dan terekam.

“Ini tidak bisa dipalsukan atau ditipu karena setiap perubahan di dalam blockchain semua partisipan di dalam harus men-verify itu,” jelas Chairman & Co-Founder VCGamers, Wafa Taftazani beberapa waktu lalu.

Baca juga:
$VCG Token Kripto VCGamers Resmi Meluncur, Simak Info Lengkapnya!
Perlahan Tapi Pasti, Ini Roadmap $VCG Token
Laris Manis, Ratusan Lahan RansVerse Habis Terjual dalam 35 Menit

Sejarah dan Perkembangan Kripto

Apa Itu Staking? - Whitepaper Crypto - Kripto Adalah
Freepik

Kripto memiliki sejarah yang cukup panjang sebelum populer seperti beberapa tahun ke belakang.

Ahli Kriptografi dari Amerika, David Chaum menggunakan mata uang elektronik kriptografi bernama e-cash pada tahun 1983.

David Chaum kemudian mengimplementasikan e-cash melalui Digicash pada 1995.

Dilansir dari Wikipedia, pada tahun 1996, NSA menerbitkan sebuah makalah berjudul How to Make a Mint: the Cryptography of Anonymous Electronic Cash.

Makalah tersebut memberikan gambaran tentang sistem mata uang kripto dan pertama diterbitkan di milis MIT dan selanjutnya pada 1997, in The American Law Review(Vol. 46, Issue 4).

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Kemudian, Wei Dai menerbitkan deskripsi “b-money” pada 1998. Deskripsi itu mempunyai ciri-ciri sebagai sistem kas elektronik terdistribusi.

Selanjutnya, Nick Szabo memuculkan bit gold. Bit gold digambarkan sebagai sistem mata uang elektronik yang mengharuskan pengguna untuk melengkapi bukti fungsi kerja dengan solusi yang secara kriptografi disatukan dan diterbitkan.

Hal ini sama seperti bitcoin dan aset kripto lain yang kemudian akan mengikutinya.

Kemudian, sistem mata uang dengan bukti kerja yang bisa digunakan kembali dibuat oleh Hal Finney mengikuti karya Dai dan Szabo.

Selanjutnya, pada tahun 2009, aset kripto terdesentralisasi pertama yaitu Bitcoin dihadirkan oleh Satoshi Nakamoto.

Peluncuran itu memakai SHA-256 dan fungsi hash kriptografi sebagai skema pembuktian kerjanya.

Selanjutnya, Namecoin dibentuk pada 2011. Hal itu dilakukan sebagai upaya membentuk DNS terdesentralisasi yang membuat sensor internet sangat sulit.

Kemudian, Litecoin dibebaskan pada Oktober 2011. Litecoin menjadi mata uang kripto pertama yang sukses menggunakan scrypt sebagai fungsi hash SHA-256.

Kemudian, Peercoin, menjadi aset kripto pertama yang menggunakan hybrid proof-of-work / proof-of-stake.

Baca juga:
Yeay! EIGER Adventure Akan Segera Hadir di RansVerse
Laris Manis, 35 Juta Token VCG Sold Out dalam 6 Jam
Hore!!! $VCG Token Lolos Audit CertiK

Altcoin

risiko investasi kripto - Analisa BNB dan BTC 0 kripto adalah
Ilustrasi Pergerakan aset kipto. (Source: Freepik)

Kita juga akan mengulas tentang Altcoin. Altcoin mempunyai sejumlah definisi. Beberapa di antaranya dari Stephanie Yang dan Paul Vigna.

Stephanie menyatakan bahwa altcoin adalah mata uang digital alternatif. Kemudian, Paul Vigna menggambarkan altcoin sebagai alternatif dari bitcoin.

Keduanya menyampaikan definisi tersebut dalam The Wall Street Journal.

Baca juga:
Mengenal RansVerse dan Aktivitas yang Ada di Dalamnya
Cara Membeli Tanah Virtual di RansVerse
Kolaborasi dengan RansVerse, Mahasiswa SBM ITB Bisa Kuliah di Metaverse Pertama di Indonesia

Tentang VCGamers

Logo VCGamers
VCGamers

VCGamers adalah pelopor ekosistem web 3 untuk para gamers Indonesia. VCGamers telah memperoleh US$2,6 juta atau Rp37 miliar dalam putaran awal yang dipimpin oleh Venture Capital Global, BEENEXT dan Rans Venture pada pertengahan tahun 2021.

Lahir dari komunitas dan dilanjutkan dengan Marketplace, VCGamers  kini meluncurkan aset kripto bernama $VCG Token yang didukung dengan teknologi Blockchain.

$VCG yang beroperasi pada Binance Smart Chain dan Ethereum dibangun di atas jaringan perdagangan sosial yang bersifat platform-agnostik dan game-agnostik, staking token dan aset NFT akan terintegrasi secara universal melalui infrastruktur dan komunitas yang sudah ada sehingga memberi manfaat bagi metaverse manapun yang terhubung dengannya.

Selain itu, sudah terdapat sejumlah fitur yang  ada di $VCG Token. Di antaranya yaitu $VCG Swap, $VCG Bridge dan $VCG Staking.

VCG Token telah dilisting di Indodax, BitMart, Pancakeswap dan Uniswap. Kamu dapat memulai untuk berinvestasi dengan mudah.

 

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID