5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Investor Crypto Pemula

Kegunaan web 3.0

Berinvestasi dalam kripto bisa menjadi hal yang mengasyikkan, tetapi banyak investor crypto baru jatuh ke dalam perangkap umum dalam hal perdagangan dan investasi dalam mata uang kripto. 

Dari praktik keamanan yang buruk, hingga kurangnya pengetahuan tentang pasar kripto, para pemula dapat dengan cepat kehilangan uang. Nah, kami akan membahas lima kesalahan paling umum yang dilakukan oleh investor crypto pemula.

Daftar Kesalahan yang Harus Dihindari Investor Crypto Baru

Di bawah ini adalah lima kesalahan yang banyak dilakukan oleh para investor crypto pemula. Jika kamu adalah salah satunya, silahkan hindari kesalahan ini.

Kurangnya Pengetahuan Dasar Crypto

Investor Crypto
Ilustrasi Non Fungible Token. Sumber: Seeking Alpha

Investor crypto yang masih baru mungkin tertarik dengan semua hype seputar Bitcoin dan cryptocurrency lainnya, tetapi berinvestasi dalam crypto membutuhkan pemahaman kelas aset dan cara kerjanya.

Berinvestasi dalam aset yang tidak kamu pahami, atau mencoba trading crypto tanpa memahami dasar-dasar cara kerja cryptocurrency adalah suatu bencana.

Meluangkan waktu untuk mendidik diri sendiri tentang proyek kripto yang berbeda, dan tujuan dari setiap perusahaan kripto akan menjadikan kamu investor yang lebih baik.

Berpikir Jangka Pendek

Investor Crypto
aset crypto yang crash parah adalah FIL

Janji “cepat kaya” di pasar membuat banyak investor crypto baru hanya berpikir jangka pendek. Dan sementara ada kemungkinan mendapatkan keuntungan besar pada investasi kripto, ada juga kemungkinan kehilangan semua dana karena langkah investasi yang buruk.

Memiliki pola pikir investasi jangka panjang akan membantu memilih investasi kripto dengan lebih hati-hati, dan berkonsentrasi untuk memilih proyek berkualitas lebih tinggi dengan rekam jejak yang panjang.

Mencoba menjadi kaya dalam 90 hari adalah cara cepat untuk bangkrut, tetapi memikirkan investasi kripto sebagai proses multi-tahun akan membantu membangun portofolio kripto yang lebih bijaksana.

Mudah Kena Scamming

Bursa Crypto Indonesia
Investor Crypto mudah kena scamming

Sebagai kelas aset baru, pasar cryptocurrency penuh dengan scammers. Faktanya, Komisi Perdagangan Federal (FTC) melaporkan hampir $700 juta aset kripto yang dicuri pada tahun 2021 saja.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Penjahat ini menggunakan teknik phishing canggih untuk mendapatkan akses ke dompet kripto, dan meyakinkan untuk mentransfer dana ke dompet mereka.

Penipuan kripto dapat terjadi melalui email atau aplikasi perpesanan, dengan pelaku berpura-pura bertindak demi kepentingan terbaikmu.

Dompet dapat dikompromikan hanya dengan menghubungkan dompet online ke aplikasi dan memberinya izin untuk mengakses dana.

Dan meskipun ini adalah praktik umum untuk banyak aplikasi kripto, scammers dapat menggunakan teknik ini untuk menguras dana dompet kripto.

Penggunaan Leverage

Perbedaan Saham dan Crypto
Investor kripto selalu menggunakan leverage

Investor crypto baru mungkin terpikat oleh cerita orang miskin hingga kaya melalui trading kripto, dan mencoba memanfaatkan leverage untuk melipatgandakan keuntungan.

Masalahnya adalah bahwa trading dengan leverage memerlukan jaminan di muka, dan jika perdagangan berjalan buruk, kamu mungkin kehilangan semua dana. Ingat, leverage bekerja dua arah, dan dapat melipatgandakan kerugianmu juga.

Baca juga: Cara Belajar Crypto Untuk Mulai Trading, Baca Ini!

Strategi Trading yang Buruk

apa itu market cap crypto
crypto scam dengan jaminan return tinggi

Investor crypto baru yang mencoba terjun langsung ke strategi perdagangan yang rumit karena beberapa YouTuber mengatakan kepada mereka untuk dapat dengan cepat kehilangan uang, dan menyerah pada crypto secara keseluruhan. Butuh waktu untuk mempelajari analisis teknis, pesanan bersyarat, dan cara kerja pasar kripto.

Baca juga: Inilah Jam Trading Crypto yang Harus Kamu Tahu, Pasti Cuan Besar!

Itulah tadi lima kesalahan kebanyakan investor crypto yang baru mulai. Jika kamu masih melakukannya, segeralah memperbaiki kesalahan tersebut.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID