Kenapa Macro Mobile Legends Itu Penting?

Macro Mobile Legends

Pemain Mobile Legends mungkin sudah ada yang paham atau belum dengan istilah Macro dan Micro.  Padahal, kalau para pemain tahu mengapa macro dan micro itu sangat penting, mereka bisa jago lebih mudah.

Penasaran kenapa macro dan micro di Mobile Legends itu penting?  Penulis akan memberitahu jawabannya beserta contohnya di bawah ini.  Selamat membaca~

Baca Juga: Simak! Arti Hyper di Mobile Legends, Wajib Tahu!

Istilah Macro dan Micro di Mobile Legends

Macro Mobile Legends
Macro Mobile Legends. Sumber: VCGamers.

Penggunaan istilah macro dan micro di Mobile Legends bukan mengarah kepada tombol atau semacamnya, melainkan pada penguasaan.  Sedangkan istilah macro dan micro merujuk kepada ukurannya.

Jika diartikan, macro adalah penguasaan berukuran besar, sedangkan micro adalah penguasaan berukuran kecil.

Kita mulai dari micro.  Ukuran kecil yang dimaksud adalah meliputi cara pemain menguasai hero.  Mulai dari combo, cooldown, hingga item yang dibutuhkan hero tersebut agar semakin kuat. 

Dapatkan Laptop ROG Gratis dan hadiah menarik lainnya hanya dengan ikutan Discord Quest #GamingYourWay di VCGamers. Gabung Sekarang Di Sini!

Kelincahan kamu memainkah hero atau bahkan menguasai banyak hero termasuk bagian dari micro.  Intinya adalah micro berorientasi kepada hero yang kamu gunakan saja.  

Kenapa Macro Itu Penting?

Harga Skin Zodiac Mobile Legends
Kumpulan Hero Mobile Legends. Sumber: Mobile Legends Wiki

Bukankah Mobile Legends itu soal menjadi yang terkuat, paling bisa menguasai hero?  Bukankah itu cukup?

Jika kamu bertanya tentang hal ini, maka kamu belum siap menjadi seorang pro player Mobile Legends.

Penguasaan macro bisa disebut sebagai penguasaan game.  Kamu mampu mengamati draft tim, mengukur jumlah networth dan build item lawan, pintar membaca timing, itulah macro.

Selain itu, kamu juga harus pintar membaca map, memiliki insting yang kuat tentang kemungkinan lokasi musuh, hingga kapan harus melakukan gank ataupun war yang tepat.

Terdengar rumit, kan?  Tapi tenang saja, penulis mempunyai beberapa cara untuk kamu bisa menguasai Macro di Mobile Legends.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mikro Makro ML, Simak Ini!

Cara Menguasai Macro di Mobile Legends

Menguasai macro di Mobile Legends mungkin kelihatannya sulit, tapi bukan mustahil.  Kamu bisa mempelajarinya selama kamu tekun dan tahu cara-caranya.

Jam Terbang Yang Lama

Macro Micro Mobile Legends
Tampilan Draft Heroes Mobile Legends. Sumber: VCGamers.

“Pengalaman Adalah Guru Terbaik”.  Semakin banyak kamu bermain, maka semakin terasah juga kemampuan kamu.  Bermain sebanyak mungkin untuk mendapatkan feelnya.

Biasanya pemain yang memiliki jam terbang yang lama memiliki penguasaan micro yang kuat dan terus berkembang.  Jika kamu memiliki signature hero, itu artinya kamu telah menguasai micro dari hero tersebut.

Kalau penulis memiliki penguasaan micro dengan hero Alice.  Sebagai bentuk penyesuaiannya, penulis memberikan item yang dapat memperkuat magic damage untuk skill satu dan skill ketiganya disertai spell petrify agar maksimal.

Sering Lihat Mini Map

Mini Map Untuk Membaca Macro Mobile Legends. Sumber: VCGamers.

Bukan hanya dilihat saja, tapi juga dirasakan.  Saat kamu melihat mini-map, setidaknya kamu tahu kondisi teman-teman kamu.  Apakah ada yang membutuhkan bantuan atau melihat pergerakan musuh.

Dengan sering melihat mini-map, kamu bisa lebih waspada dengan kondisi sekitar.  Bisa jadi saat musuh bergerak menuju kamu, kamu bisa bergegas mundur, meminta pertolongan, atau bahkan menolong rekan satu tim.

Komunikasi

Jangan gunakan komunikasi hanya untuk sarkas atau mengolok teman dan musuh.  Ingat, ini adalah permainan tim yang membutuhkan kerjasama, bukan sendirian.

Terdapat dua komunikasi yang bisa kamu gunakan.  Komunikasi pertama adalah menggunakan microphone.  Dengan menyalakan microphone, kamu mampu mengabari rekan satu tim dengan sangat cepat.  Tinggal bilang, langsung eksekusi.

Komunikasi kedua adalah dengan menggunakan fitur quick chat.  Jika kamu merasa kurang nyaman dengan microphone, bisa gunakan fitur tersebut. 

Kamu bisa menggunakannya untuk menandai lokasi, kapan melakukan gank, menyerang lord, hingga mengeksekusi strategi.  Kekurangannya terletak dari kecepatan kamu mengabari teman dan juga kewaspadaan teman kamu.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Pasalnya, semua yang kamu kabari melalui quick chat hanya terlihat di dua tempat, yaitu notifikasi di tengah atas layar dan di dalam mini-map.  Agak sulit jika teman kamu nanti terlalu fokus dengan permainannya.

Mengetahui Counter Musuh Beserta Buildnya

Macro Mobile Legends
Heroes dan Item Untuk Membantu Memahami Macro Mobile Legends. Sumber: VCGamers

Ini sudah mulai ke tingkatan yang sulit.  Jika kamu sudah merasakan draft pick, seharusnya kamu sudah tahu tentang kemampuan tiap hero.

Saat melakukan draft pick, kamu harus memikirkan tiga hal: 

  • Apa yang harus di-banned?
  • Musuh akan pick hero apa?
  • Apa counter terbaik melawan hero tersebut?

Contohnya saat musuh kamu menggunakan Fanny, kamu bisa memilih hero counter seperti Zilong, atau Franco.  Kedua hero tersebut dapat menangkap Fanny saat menggunakan talinya.

Pemilihan build juga menjadi pertimbangan.  Misalkan saat musuh membeli item regeneration seperti Guardian Helmet, kamu bisa mengcounternya dengan Dominant Ice.  Ya kurang lebih seperti itu.

Contohnya di atas, saat para musuh seperti Lancelot dan Zilong yang memfokuskan item physical attack, penulis malah memfokuskan kepada item yang dapat memberikan magic damage

Secara di atas kertas, memang Alice tidak terlalu tebal.  Tapi Alice mampu bertahan dengan bantuan Magic Lifesteal dari skill ketiganya yang mampu menjadi tank.  Seiring dengan tingginya magic damage miliknya, semakin tinggi juga magic lifestealnya.

Dari segi heroes, musuh yang dihadapi adalah Sun, Johnson dan Odette, yang mana menguntungkan skill tiga Alice.  Semakin banyak bayangan Sun, semakin cepat pulih juga HP milik Alice. 

Lalu Johnson dan Odette yang sangat memungkinkan datang bersamaan membuat Alice dapat mengunci secara pasti dua heroes sekaligus.

Baca Juga: Hero Counter Wanwan ML September 2022, Gunakaan Hero Ini!

Penguasaan Micro Paling Sulit di Mobile Legends: Timing

Macro Mobile Legends
Timing Menjadi Bagian Dari Macro Mobile Legends. Sumber: VCGamers.

Penulis rasa ini bukan hanya di Mobile Legends saja, tapi di seluruh game MOBA.  Alasannya jelas, karena semua game MOBA bersifat Real-Time Strategy.

Semua tindakan yang kamu lakukan akan ada akibatnya.  Bisa jadi saat kamu bertindak terlalu cepat atau terlalu lama, kamu malah merugikan tim.

Timing yang dimaksud bisa luas, mulai dari mengetahui waktu skill dan item milik musuh, seberapa lama waktu respawn jika gagal, kapan harus melakukan inisiasi serangan, hingga menyerang Turtle atau Lord.

Kali ini ada bentuk timing yang penulis lakukan, yaitu dengan gabungan seluruh skill dan spell Petrify.  Penulis melakukan teleport di antara Odette dan Johnson dengan skill satu.  Kemudian mengeluarkan skill dua dan tiga untuk mengikat.

Saat Odette atau Johnson ingin mengeluarkan skillnya, penulis langsung mengeluarkan spell Petrify.  Dengan begitu mereka tidak bisa menyerang ataupun membantu satu sama lain.

Keuntungan Menguasai Macro di Mobile Legends

Kemenangan Setelah Mempelajari Macro Mobile Legends. Sumber: VCGamers.

Banyak sekali keuntungan bagi kamu untuk mempelajari macro di Mobile Legends.  Contohnya kamu akan sulit digank, memiliki permainan yang rapi, berhati-hati mengambil tindakan, dan yang paling penting adalah kemenangan.

Di antara seluruh roles di Mobile Legends, semuanya harus paham tentang Macro.  Tapi karena macro tentang membaca pertandingan, biasanya mereka yang menjadi Tank, Support, ataupun Roamer harus lebih peka.

Asalannya adalah mereka harus mampu membuka vision, mengetahui keberadaan musuh, dan terkadang menjadi initiator dalam pertempuran.  Mereka harus memiliki sense yang bagus.

Itulah pengertian, contoh, beserta alasan mengapa macro di Mobile Legends sangat penting untuk kalian tahu.  Semoga setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa semakin jago bermain Mobile Legends.

Penuhi kebutuhan Diamonds kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID