Kenali 5 Perbedaan Windows PC vs. Macbook ini Sebelum Membeli!

Hi Vicigers! Sebelum membeli gadget, dalam hal ini laptop, tentunya pasti ada banyak faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan antara Mac atau notebook Windows, mulai dari pengalaman perangkat lunak hingga berbagai spesifikasi utama yang tersedia di masing-masing pilihan. Adapun beberapa hal inilah yang perlu kalian ketahui sebelum membeli kedua pilihan. Let’s check this out!

1. Desain

Secara visual, mengenai hal ini, tampilan desain memang sesuatu yang relatif bagi beberapa orang. Produk-produk Apple diakui banyak kalangan memang sedap dipandang. Apple memang sangat memperhitungkan tampilan desain. Hal ini bisa kita lihat sendiri mulai dari komputer, ponsel dan tablet. Namun bukan berarti PC sebaliknya, ada pula PC dipandang memiliki desain luxurious, seperti misalnya Ultrabook terbaru bikinan Dell.

2. Software dan Operating System

Desktop/Laptop Operating System Market Share 2015

Perbedaan terbesar antara laptop Windows dan Apple terletak pada perangkat lunak dan pengalaman pengguna. Sementara Windows 10 dan macOS keduanya memiliki pro dan kontra, pilihan kalian di antara keduanya mungkin sebagian besar tergantung pada preferensi pribadi serta bagaimana setiap platform menyinkronkan ke perangkat kalian. Pasalnya, produk laptop Apple dapat menyinkronkan dengan mudah ke ponsel penggunanya, yang dapat memungkinkan penggunanya mengakses hal-hal seperti kalender, kontak, catatan, dan bahkan pesan teks dengan mudah.

Tunggu dulu tapi, Windows 10 adalah sistem operasi paling populer di sebagian besar kalangan dan dapat ditemukan di segala hal mulai dari notebook entry-level hingga gaming kelas atas. Jika kalian pengguna Windows selama bertahun-tahun, kalian tentu sudah menemukan banyak fitur yang sudah dikenal. Windows tetap memiliki lebih banyak software dibandingkan Mac.

Kelebihan lain mengenai Windows PC dalam hal gaming, pengguna bisa dengan mudah meng-upgrade atau menambah kapasitas RAM dan kartu grafis agar game berjalan lebih lancar. Berbeda dengan Mac, untuk memperoleh Mac dengan spesifikasi mumpuni untuk ngegame, pengguna harus merogoh kocek sangat dalam. Banyak aplikasi gaming yang dibuat untuk platform Windows. Beberapa program pun berjalan lebih baik di Windows, contohnya seperti Microsoft Office for Windows.

3. Fitur dan Tampilan

Close Windows dan Mac Berbeda

Ketika kalian membuka sebuah aplikasi di Windows, lalu klik (x) pada ujung kanan, maka aplikasi benar-benar tertutup alias tidak lagi beroperasi. Sementara Mac, dengan meng-klik tombol merah paling ujung kiri, ternyata aplikasi masih beroperasi dan hanya di-minimize. Pada Mac, jika kalian ingin benar-benar menutup aplikasi, kalian harus klik kanan di icon Mac lalu pilih Quit.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Taskbar

Pada Windows PC, taskbar terletak di bawah. Sebaliknya, taskbar setiap produk laptop Apple terletak di atas. Lalu, yang membedakan tampilan keduanya adalah, taskbar pada PC berwarna dope (meski bisa diatur menjadi transparan), sedangkan Mac ber-taskbar default transparan.

Kolom Pencarian

Keduanya memiliki shortcut untuk mencari apa yang pengguna butuhkan dalam tampilan yang berbeda

Klik-klik di Touchpad dan Pake Mouse

Apple punya seribu satu cara untuk membuat penggunanya berproduktivitas kerja cepat, mudah, dan baik bahkan tanpa mouse

4. Malware Security

Dibanding jumlah pengguna PC, hanya sedikit pengguna yang memakai komputer buatan Apple. Karena itu produk Apple apapun masih relatif lebih aman dibandingkan dengan Windows yang dipakai oleh banyak kalangan. PC Windows kerap kali menjadi korban hacking dan hal ini melatarbelakangi kebutuhan pembuatan anti-virus. Perlu diingat bahwa meski begitu, komputer Mac pun tak kebal terhadap ancaman cyber, seperti yang dibuktikan oleh beberapa malware Mac yang muncul beberapa waktu ini, contohnya “LuckyCat”. Apple pun telah mencabut slogan “bebas virus” untuk produknya.

5. Harga

Mengenai mahal atau murah, hal ini memang dinilai relatif oleh para pengguna keduanya. Tentunya ada pro dan kontra yang mengatakan bahwa Mac terlalu mahal untuk senilai hardware yang sebenarnya di Windows bisa dijangkau dengan harga yang jauh lebih murah. Ada benernya juga, sih. Belum lagi Apple men-setting hardwarenya untuk tidak mudah diotak-atik sehingga mempersulit semua orang untuk meng-upgradenya. Hal ini terjadi karena Apple berprinsip bahwa dirinya ingin memberikan pelayanan sebaik mungkin tentang apa yang penggunanya butuhkan.

Jadi gimana? Masih bingung untuk memilih?

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID