5 Kelebihan Blockchain, Wajib Tahu!

Kelebihan Blockchain

Blokchain tentunya sudah tidak asing lagi, khususnya bagi Vicigers yang sudah menekuni dunia cryptocurrency. Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai Blockchain, khususnya kelebihan Blokchain.

Sebagai teknologi dibalik kesuksesan cryptocurrency, tentunya Blockchain memiliki kelebihan sebagai nilai jual dan masyarakat mampu tertarik tentang cryptocurrency. Berikut adalah lima kelebihan teknologi Blockchain.

Baca Juga: Web 3.0 Crypto Apa Saja? Inilah Pilihan Terbaik

Kelebihan Blockchain

Keamanan

Kelebihan Blockchain Keamanan
Ilustrasi Keamanan Blockchain. Sumber: PixelPlex

Kelebihan pertama yang Blockchain miliki adalah dari segi keamanan. Tentunya teknologi ini punya berbagai fitur yang membuat Blockchain jauh lebih aman dan sulit untuk hacker retas daripada sistem lainnya.

Seluruh transaksi yang terjadi dalam sistem Blockchain harus tersetujui sebelum tercatat dalam teknologi tersebut.

Setelah menyutujui dan mencatat transaksi, maka transaksi tersebut akan terenkripsi oleh sistem Blockchain dan terhubung dengan transaksi yang terjadi sebelumnya.

Informasi yang ada terdapat Blockchain tersebut tersimpan dalam berbagai jaringan komputer sehingga lebih sulit untuk hacker retas, daripada sistem yang hanya menyimpan informasi pada satu server.

Pengamanan data merupakan hal yang sangat krusial dan Blockchain memiliki peran penting untuk meningkatkan keamanan data sehingga sembarang orang tidak bisa mengakses, mengubah, hingga menyebar data tersebut.

Baca Juga: Crypto Buka Jam Berapa? Simak Di Sini!

Penghematan Biaya

Ilustrasi Kelebihan Blockchain
Ilustrasi Blockchain. Sumber: Al-Fanar Media

Tidak hanya untuk segi keamanan, Blockchain juga bisa menghemat biaya karena tidak memerlukan pihak ketiga. Pengguna hanya akan percaya terhadap data yang tersedia di dalam Blockchain.

Terlebih, kamu juga tidak harus melakukan review mengenai banyak hal yang menyelesaikan transaksi. Hal tersebut karena semua orang akan mempunyai akses izin untuk data yang sama.

Blockchain tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk Bitcoin dan cryptocurrency. Namun, kamu juga bisa menggunakan Blockchain ke berbagai jenis industri dan bisa menikmati manfaat Blockchain.

Baca Juga: Cara Kerja NFT Art Dalam Dunia Blockchain

Efisiensi

Kelebihan Blockchain Efisiensi
Efisiensi Blockchain. Sumber: Entrepreneur

Ketika kamu menggunakan sistem tradisional seperti menggunakan banyak kertas, proses yang ada akan memakan banyak waktu, sering terjadi kesalahan manusia atau human-error, dan memerlukan pihak ketiga sebagai mediasi.

Dengan menggunakan teknologi Blockchain, segala transaksi bisa terselesaikan dengan lebih efisien sehingga lebih cepat.

Teknologi Blockchain mencatat informasi dengan menggunakan ledger digital dan banyak orang yang memilikinya dalam sebuah jaringan. Namun, banyaknya ledger tidak diperlukan agar sistem menjadi ringan dan rapi.

Lalu, bila setiap orang memiliki akses terhadap informasi yang sama, maka akan lebih mudah untuk percaya satu sama lain tanpa harus menggunakan penengah atau pihak ketiga sebagai jaminan.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Transparansi

Kelebihan Blockchain Use Case
Use Case Blockchain. Sumber: Built In

Transaksi akan sangat transparan bila menggunakan teknologi sistem Blockchain. Teknologi ini merupakan buku besar terdesentralisasi sehingga seluruh pengguna akan memiliki daftar data yang sama.

Daftar data tersebut hanya bisa berganti dan seseorang perbarui via konsensus yakni ketika semua orang memiliki satu suara jika ingin menetapkan suatu perubahan.

Hal tersebut membuat semua data yang ada pada sistem Blochcian menjadi lebih transparan, konsisten, akurat, dan tentunya aman daripada teknologi yang lain.

Improved Traceability

Kelebihan Blockchain Traceability
Traceability Blockchain. Sumber: Rawpixel

Jika terdapat perusahaan yang berhubungan dengan sebuah produk melalui supply chain rumit, maka akan lebih sulit untuk melacak sebuah item atau barang berasal.

Namun, bila terdapat sistem Blockchain yang mencatat proses pertukaran item, maka kamu bisa memiliki jejak audit yang menunjukkan bagaimana perjalanan sebuah barang.

Melalui riwayat transaksi yang tercatat, kamu bisa terbantu mengenai verifikasi keaslian aset tertentu dan mencegah terjadinya tindakan penipuan.

Demikian pembahasan mengenai lima kelebihan Blockchain.

VCGamers telah merilis aset crypto dengan nama $VCG Token yang beroperasi pada jaringan Ethereum (ERC 20) dan Binance Smart Chain (BEP 20).

$VCG Token sudah terdaftar secara resmi di Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Kementerian Perdagangan RI sebagai aset kripto yang diperdagangkan di pasar fisik aset crypto.

Saat ini, $VCG Token sudah listing di berbagai CEX atau Centralized Exchange dan DEX atau Decentralized Exchange yakni Pancakeswap, Uniswap, BitMart, dan Indodax.

Tidak hanya itu, $VCG Token menjadi mata uang resmi dalam metaverse pertama di Indonesia yakni RansVerse dengan kolaborasi VCGamers, RANS Entertainment, Shinta VR, dan UpBanx.

Ikuti terus Update $VCG Token hanya di VC News.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID