Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Katak Minecraft

Katak Minecraft

Rawa-rawa di Minecraft mungkin terasa seperti tempat yang menyeramkan. Terdapat banyak air yang misterius dan berbagai mob yang berbahaya. Namun, kamu bisa menemukan mob baru yang lucu, salah satunya adalah katak Minecraft.

Katak adalah tambahan mob yang paling baru dalam game Minecraft. Ditambahkan pada The Wild Update bulan Juni 2022, katak bisa kamu temukan di bioma rawa-rawa yang cukup menyeramkan.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang segala hal yang perlu kamu ketahui tentang mob lucu di Minecraft yakni Katak. Jika kamu penasaran, yuk simak pembahasan singkat mengenai The Wild Update terlebih dahulu berikut ini!

Baca Juga: 5 Ide Rumah Minecraft yang Bisa Kamu Buat, Keren Banget!

The Wild Update

The Wild Update
The Wild Update. Sumber: Minecraft

The Wild Update adalah update besar yang rilis pada tanggal 7 Juni 2022 sebagai Java Edition 1.19 dan Bedrock Edition 1.19.0.

Update tersebut memiliki tema yang fokus terhadap hal-hal mengerikan dan alam hutan belantara alami. Sebagai contoh, terdapat bioma baru seperti rawa-rawa gelap dan bakau, kota kuno, dan berbagai macam mob.

Salah satu mob yang hadir dalam update besar tersebut adalah katak. Selain katak, terdapat juga Warden dan kecebong sebagai bentuk awal dari katak.

Kecebong tersebut merupakan mob yang baru lahir dan nantinya akan berubah menjadi katak. Uniknya, kamu bisa menyimpan kecebong di dalam ember air.

Baca Juga: Koleksi Stiker Minecraft Terbagus dengan Kualitas Tinggi

Katak di Minecraft

Katak dan Kambing
Katak dan Kambing. Sumber: YouTube/Phoenix SC

Katak yang ada di Minecraft adalah mob yang pasif dan hanya akan berdiam diri tanpa mengganggu para pemain. Mob ini akan muncul di bioma rawa-rawa yang memiliki kelembapan untuk mereka.

Katak bisa melompat hingga delapan blok dalam satu lompatan dan menerima damage lebih sedikit ketika terjatuh daripada mob lainnya.

Makanan favorit mereka adalah slimes sehingga kamu bisa mengembangbiakkan katak menggunakan slimeball, makanan yang jatuh ketika kamu membunuh slimes.

Penasaran bagaimana cara mengembangbiakkan katak di Minecraft? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: Fitur dan Cara Download Minecraft Optifine 1.19

Cara Membiakkan Katak

Breed Katak Minecraft
Breed Katak Minecraft. Sumber: YouTube/FazyGaming

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengembangbiakkan katak adalah dengan mencari Slimeball. Slimeball bisa kamu temukan ketika membunuh mob bernama slimes.

Slimes akan hadir di bawah layer 40, atau bisa saja ditemukan di bioma Swamp, sekitar layer 50 dan 70 ketika level pencahayaan dunia mencapai level 7 atau lebih rendah.

Menemukan Slimes bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya perlu berpetualang ke bioma Swamp dan mereka akan mudah untuk ditemukan karena ukuran yang besar.

Setelah mendapatkan Slimeball, kamu bisa memberikannya ke dua katak sebagai makanan dan mereka akan memasuki mode berkembang biak.

Kedua katak tersebut akan mencari tempat sebagai tempat untuk melahirkan kecebong dan nantinya, kecebong tersebut akan berubah menjadi katak yang baru.

Tergantung tempat kecebong tersebut tumbuh, kamu bisa mendapatkan katak dengan penampilan dan tipe yang berbeda. Dengan memelihara kecebong di berbagai bioma, kamu akan mendapatkan tipe yang berbeda-beda.

Tipe Katak Minecraft

Tipe Katak Minecraft
Tipe Katak Minecraft. Sumber: Minecraft Wiki

Dalam Minecraft, terdapat tiga jenis katak yang bisa kamu temukan: Temperate, Cold, dan Warm. Tipe katak berdasarkan bioma yang mereka tempati ketika masih berupa kecebong. Berikut ini adalah tiga tipe katak yang berdasarkan bioma tempat mereka tumbuh:

  • Katak Temperate: Katak ini berwarna oranye dan bisa kamu temukan di rawa-rawa yang normal. Kamu juga bisa mendapatkan katak Temperate jika kecebong tumbuh di iklim yang normal seperti hutan, padang rumput, dan dataran.
  • Katak Dingin: Katak ini berwarna hijau dan tidak bisa kamu temukan secara normal. Kamu harus mengembangbiakkan katak ini di iklim yang dingin seperti bioma salju dan gunung bersalju.
  • Katak Hangat: Terakhir, katak ini berwarna putih dan bisa kamu temukan di rawa-rawa mangrove. Selain bisa kamu temukan di rawa-rawa mangrove, kamu juga bisa mengembangbiakkan kecebong di gurun dan savanna untuk mendapatkan katak hangat.

Demikian pembahasan lengkap mengenai katak di Minecraft, semoga bermanfaat dan selamat bermain!

Penuhi kebutuhan top up Minecraft hanya di VCGamers Marketplace Digital dan dapatkan promo yang masih tersedia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!