Kapan Web 3.0 Dimulai? Simak Penjelasannya Di Sini!

kapan web 3.0 dimulai

Kapan web 3.0 dimulai? Satu pertanyaan yang tidak hanya pemula saja, tetapi para trader lama juga masih ada yang bertanya.

Perihal kapan web 3.0 dimulai sebenarnya sudah ada sejak 2001 yang dikembangkan oleh Berners Lee. Bahkan saat ini kita sudah mulai masuk dalam dunia web3.

Web 3.0 akan membawa komunitas global ke era baru kepemilikan data digital. Website 3.0 atau Web 3.0 adalah generasi berikutnya dari Internet. World wide web (www) sedang berubah. Web 3.0 sudah dekat dan tidak ada yang bisa menghentikannya. Selamat datang di era baru kepemilikan data digital.

Mengenal Web 3.0 

kapan web 3.0 dimulai
Web 3.0 akan segsera dimulai

Definisi Web 3.0 bervariasi sesuai dengan yang kamu tanyakan. Tetapi secara keseluruhan deskripsi situs web 3.0 adalah generasi ketiga dari Internet. 

Halaman web disebut situs web baru atau “ruang web”. Jika kamu memecah evolusi Internet menjadi beberapa bagian, yang pertama adalah halaman web sederhana dan yang kedua adalah aplikasi, media sosial, dan adopsi massal, maka web berbasis blockchain adalah Internet 3.0. 

Pada dasarnya, ini lebih ramah, lebih aman, lebih pribadi, dan memiliki koneksi internet yang lebih baik.

Web 3.0 menggunakan teknologi blockchain untuk menciptakan kebebasan nyata. Ini tidak hanya akan menjadi langkah terakhir dalam teknologi yang menggerakkan Internet, tetapi juga akan menjadi langkah pertama menuju metaverse. Metaverse yang sah, dan kepemilikan data digital melalui NFT, akan dimungkinkan di Web 3.0. 

Kapan Web 3.0 Dimulai?

Saat ini, ada tiga generasi website, yaitu Web 1.0, Web 2.0 dan sekarang Web 3.0, yang sebenarnya belum terjadi secara keseluruhan. Kita telah melewati era Web 1.0 dan berada di era Web 2.0 dan akan datang pada era web3.

Web 2.0 (2006-sekarang) 

Web 3.0 akan segsera dimulai
Web 3.0 akan segsera dimulai setelah web2

Dibuat oleh Darcy DiNucci pada tahun 1999, web 2.0 mengacu pada budaya yang berpartisipasi di Internet melalui konten yang dibuat pengguna atau “konten yang dibuat pengguna”, media sosial, dan akses di mana-mana.

Web 2.0 telah membawa perubahan dalam cara kita mengakses World Wide Web. Kamu sekarang dapat menggunakan ponsel dan memiliki banyak aplikasi di ujung jari.

Ratusan aplikasi baru ditambahkan ke Play Store dan App Store setiap hari. Generasi Web 2.0 saat ini menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, TikTok dan lain-lain untuk mengikuti pelopor media sosial seperti MySpace.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Komunikasi digital telah mencapai tingkat baru, di mana orang lebih suka menggunakan aplikasi seperti WhatsApp atau FB Messenger daripada mengirim pesan lama. 

Baca juga: Penjelasan Sederhana Mengenai Crypto Metaverse

Web3 

Web 3.0 akan segsera dimulai
Web 3.0 akan segsera dimulai

Web 3.0 adalah generasi Internet berikutnya dan belum ada di sini. Web3 adalah masa depan Internet. Web 3.0 memberi pengguna kendali atas data mereka sendiri. 

Pengguna akan beralih dari media sosial ke email atau berbelanja di akun pribadi mereka sendiri, menyimpan catatan Blockchain dari semua aktivitas.

Tiga pencarian teratas di Google Associate Web 3.0 memiliki tiga orang yang berbeda. Namun, Tim Berners-Lee yang berbicara tentang konsep dasar web semantik. 

Mengapa Web 3.0 Penting?

Web 3.0 akan segsera dimulai
Web 3.0 akan segsera dimulai

Web 3.0 memanfaatkan fungsionalitas Web 2.0 dan membangunnya dengan cara terbaik. Membandingkan web 2.0 dan web 3.0, jelas bahwa website 3 website akan lebih dalam dan lebih mudah digunakan, dengan tetap menjaga keamanan dan privasi data pribadi.

Untuk membuat Web 3.0 tanpa izin dan tanpa kepercayaan, jaringan peer-to-peer atau blockchain (atau keduanya) akan digunakan untuk membuat aplikasi tanpa izin (dApps).

Perkembangan media sosial adalah salah satu yang harus diperhatikan. Tanpa perlu mendorong scrolling tanpa henti (untuk mengumpulkan data), media sosial bisa lebih bermanfaat daripada mengganggu. Alih-alih menggunakan input pengguna, Web 3.0 dapat menghadiahinya dengan uang, uang tunai, atau lainnya.

Baca juga: Kolaborasi dengan RansVerse, Mahasiswa SBM ITB Bisa Kuliah di Metaverse Pertama di Indonesia

Sebagai info menarik lainnya, VCGamers punya token bernama VCG Token yang bisa digunakan untuk alat tukar di Ranverse milik Raffi Ahmad.

Dapatkan update VCGToken terbaru setiap hari hanya di VCNews.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID