Inilah Jenis Bagan Pokemon yang Harus Kamu Tahu

Jenis bagan Pokemon

Jenis bagan pokemon GO adalah salah satu bagian terpenting dari permainan untuk dikuasai pemain jika kamu ingin menjadi ahli dan pro dalam hal menguasai sebuah pokemon. 

Mencari tahu semua jenis kekuatan, kelemahan, dan keefektifan membuat perbedaan besar dalam gameplay dan menghadirkan situasi pertempuran yang ideal untuk setiap Pokemon yang kamu miliki dalam daftar milikmu. 

Metode jenis bagan pokemon untuk merepresentasikan perbedaan jenis dan efisiensi telah menonjol sejak lama dalam gameplay game. Apalagi di game Pokemon seperti Pokemon GO , sebagian besar gameplay berkisar pada Type Charts atau jenis bagan pokemon itu sendiri.

Type Charts akan menunjukkan kekuatan dan kelemahan petarung, bersama dengan efektivitas dan efisiensi dalam duel, dan banyak lagi. 

Sementara Type Chart standar telah berkembang dari waktu ke waktu dan telah menjadi pengetahuan umum bagi para gamer pro, di bawah ini adalah penjelasan mendetail untuk kamu yang masih pemula.

Apa Itu Pokemon Go?

Jenis bagan Pokemon
Jenis bagan Pokemon. Sumber: Telset.

Pokemon Go adalah game berbasis “augmented reality” untuk iOS dan Android, dimana kamu harus berkeliling dunia nyata untuk menangkap Pokemon (Pocket Monsters). 

Pokemon sendiri terkenal di kalangan pecinta video game, anime dan trading card, sebagai karakter yang memiliki monster dan makhluk, namun memiliki kemampuan bertarung yang spesial. 

Setelah membuka aplikasi Pokemon Go dan membuat akun, avatar akan menyambut Anda di tengah peta. Aplikasi ini dapat melacak lokasi Anda melalui GPS di mana pun Vicigers mencari Pokémon atau Pokestop.

Jika kamu berada di dekat Pokémon, ponsel kamu akan bergetar dan Pokémon yang kamu temui akan muncul di peta. Yang harus kamu lakukan adalah mengkliknya dan aplikasi akan ‘beralih’ ke mode kamera, dan Pokemon akan ada di sekitar.

Untuk menangkap Pokemon, kamu membutuhkan Pokeball yang bisa kamu dapatkan di Pokestops. Pokestop ini juga akan ditemukan di peta dan biasanya ditemukan di tempat-tempat umum seperti masjid, monumen, atau taman. 

Pokemon dan Pokestop bertebaran dimana-mana. Mungkin jika kamu berjalan kaki dari rumah ke minimarket terdekat, kamu bisa menangkap Pokemon dan melewati Pokestop.

Baca juga: Manfaat Membunuh Pokemon Air ML

Semua Jenis Bagan Pokemon 2023

Jenis bagan Pokemon
Jenis bagan Pokemon. Sumber: Youtube.

Jenis pertarungan Pokemon GO identik dengan game utama, dan hanya memiliki sedikit perbedaan dalam efektivitas dan ketahanan petarung karena perubahan meta dalam game. Pembaruan untuk game ini sedikit mengurangi perbedaan yang ada pada Desember 2018 silam.

Ada juga perbedaan lain antara Pokemon GO dan game utama. Pengembang di Niantic telah menghapus status kekebalan tipe dari meta game. Ini disediakan di bawah ini untuk referensi yang bisa kamu gunakan saat bermain:

  1. Kekebalan tipe-tanah terhadap tipe-listrik
  2. Kekebalan Flying-type terhadap Ground-type
  3. Kekebalan tipe hantu terhadap tipe Normal dan Berjuang
  4. Kekebalan tipe normal dan Fighting terhadap tipe Hantu
  5. Kekebalan tipe baja terhadap tipe Racun
  6. Kekebalan tipe gelap terhadap tipe Psikis
  7. Kekebalan tipe peri terhadap tipe Naga

Kekebalan total dari tipe ini diubah menjadi resistensi tipe dalam game. Saat ini, itu telah berubah lebih jauh menjadi jenis perlawanan lain di mana Pokemon yang terkena menjadi kebal dan hanya menerima 0,39 kali jumlah kerusakan yang biasanya terjadi. Jenis kekebalan ini hanya terbukti mempertahankan sepertiga dari total kerusakan yang diterima.

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai status serangan jenis bagan pokemon GO super efektif, tidak terlalu efektif, kebal, dan efektif ganda;

  • Tidak terlalu efektif – 0,625x kerusakan yang ditimbulkan, sedangkan itu memberikan 0,5x kerusakan di seri utama.
  • Sangat efektif – 1,6x kerusakan yang ditimbulkan, sedangkan itu memberikan 2x kerusakan di seri utama.
  • Kekebalan – 0,39x kerusakan yang ditimbulkan, sedangkan itu memberikan 0 kerusakan di seri utama.
  • Efektif ganda – 2,56x kerusakan yang ditimbulkan, sedangkan itu memberikan 4x kerusakan di seri utama.

Tweak efektivitas tipe yang dilakukan oleh pengembang telah membawa Pokemon GO lebih dekat ke metagame utama. Segalanya mungkin tidak super identik, tetapi sangat dekat. 

Baca juga: 10+ Pokemon Terkuat Menurut Jalan Cerita dan Ability

Semakin banyak pengetahuan meta yang kamu kumpulkan, semakin baik gameplay. Hal ini pada akhirnya akan menentukan hasil Anda di PvP, Gym Battles , dan Raids di Pokemon GO.

Jangan bingung ketika kamu hendak top up game yang murah, langsung saja kunjungi VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!