Istilah Crypto Paling Penting Untuk Pemula


istilah crypto

Indonesia adalah negara dengan tingkat adopsi kripto tercepat di dunia. Ada beberapa istilah crypto yang perlu kamu tahu, agar kamu tidak salah kaprah. 

Investasi Crypto meningkat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Baik tua maupun muda tertarik untuk mencoba trading dengan mata uang digital ini. Namun, memulai investasi mungkin bukan yang pertama kali.

Untuk pemula, penting untuk mengetahui berbagai istilah crypto yang sering digunakan oleh “pemain lama” kripto. Memahami istilah crypto, tentu saja, akan berguna saat kamu trading.

Daftar Istilah Crypto Penting Untuk Pemula

Untuk memudahkan kamu memahami istilah-istilah dalam kripto, VCGamers telah membuat beberapa istilah yang sering digunakan. Berikut adalah ulasannya.

FOMO 

Penjelasan FOMO Crypto
Singkatan FOMO. Sumber: Zipmex

Ketika kamu mengetahui istilah dalam kripto, terutama yang berkaitan dengan FOMO, kata tersebut akan terdengar familiar.

Karena FOMO sendiri berarti takut ketinggalan. Masalah ini sering terdengar dan mengharuskan pemula untuk mengikuti saran “pemain lama” crypto agar tidak kehilangan peluang saat trading.

FOMO lebih tepatnya ikut-ikutan tren saat sebuah coin atau crypto sedang hype. Katakanlah LUNA yang pernah hype pada masanya. Karena pemula sering FOMO, akibatnya terjebak sendiri dalam kerugian.

FUD 

Dogecoin
istilah dalam dunia crypto

Berbeda dengan FOMO, istilah FUD sebenarnya mengacu pada aktivitas yang dilakukan investor sendiri. Dengan kata lain, FUD berarti bahwa itu adalah strategi yang diadopsi oleh investor untuk menurunkan harga cryptocurrency, sehingga mereka juga dapat membelinya dengan harga yang lebih rendah.

Sekadar informasi, ketika kamu belajar tentang crypto, kata FUD juga merupakan kata yang umum, lho. Biasanya FUD akan muncul ketika ada beberapa media yang memberikan berita jelek tentang crypto.

HODL 

beli crypto dimana
istilah dalam dunia crypto

Umumnya, HODL adalah HOLD. Namun, semakin banyak kamu belajar tentang istilah dalam crypto, semakin kamu akan menyadari bahwa HODL sendiri berarti mulai diterjemahkan menjadi tahan dan jangan jual.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Istilah ini mengacu pada strategi perdagangan yang digunakan investor untuk menahan atau mengelola aset kripto mereka.

To The Moon

Crypto Winter
istilah dalam dunia crypto

Istilah kripto selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah To The Moon. Kamus ini sering terlihat ketika layanan baru muncul dari aset kripto atau ketika pasar berfluktuasi.

Kata To The Moon sendiri merupakan situasi dimana cryptocurrency berada pada nilai tertingginya. Namun pada awalnya, penggunaan kata To The Moon sendiri mengacu pada kekuatan Bitcoin (BTC), cryptocurrency untuk meningkatkan nilainya. 

REKT 

apa itu market cap crypto
istilah dalam dunia crypto

REKT adalah kata kripto yang berasal dari kata rusak. Definisi REKT sendiri adalah situasi di mana portofolio investasi crypto telah hancur total. Bagaimana situasi ini bisa tercipta?

Hal ini bisa terjadi karena investor terjebak oleh kegairahan pasar. Misalnya, sebagai investor, kamu membeli aset kripto yang sedang naik daun. Namun segera, aset kripto langsung turun karena pasar berfluktuasi karena aturan baru dari regulator mengenai penggunaan kripto. 

Baca juga: Cara Belajar Crypto Untuk Mulai Trading, Baca Ini!

Rug Pull

crypto scam
istilah dalam dunia kripto

Rug pull adalah istilah crypto yang mengacu pada perilaku curang yang terjadi di ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi). Di sini, pengembang atau developer crypto yang jahat akan mencoba membuat proyek palsu yang menjanjikan banyak hal kepada investor. 

Dengan lingkungan kebohongan yang terintegrasi, konsep permainan menciptakan atau memungkinkan permainan untuk menang dan banyak kebohongan lainnya dapat ditawarkan.

Baca juga: Pahami Indikator Teknikal Analisis Crypto Untuk Mulai Trading

Nah, itulah beberapa istilah yang perlu kamu tahu dalam dunia crypto. Jangan sampai kamu salah kaprah dalam memahaminya.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID