Kamus Istilah Attack Damage di Dalam Game

Istilah Attack Damage

Para pecinta game action, RPG, FPS, atau game lainnya tentu sudah sangat mengerti apa itu Attack dan Damage.  Tapi apakah kalian tahu seluruh istilah attack/damage yang ada di dalam game?

Secara bahasa, Attack berasal dari bahasa Inggris yang artinya “menyerang”.  Sedangkan Damage berasal dari bahasa Inggris yang berarti “kerusakan”.

Kedua istilah tersebut adalah sebab-akibat, suatu aksi yang melukai musuh.  Kalau kamu terkena attack, kamu akan mendapatkan damage.

Baca Juga:Item Attack Mobile Legends Terbaik, Libas Semua Hero Musuh!

Istilah Attack Damage di Dalam Game

Istilah Attack dan Damage
Charge Attack Ganyu Genshin Impact. Sumber: VCGamers

Kali ini, kami telah mengumpulkan berbagai macam istilah attack dan damage yang sangat umum dan wajib untuk kamu ketahui.

Istilah ini merupakan hasil riset berbagai macam game yang populer dan juga pengalaman penulis.  Meski di beberapa game memiliki istilahnya masing-masing, tapi bisa dikatakan istilah di bawah ini sangat sering muncul.

Apa saja isinya? Langsung aja dibaca ya.

Istilah Attack Damage: Basic Attack

Basic attack adalah serangan dasar sebuah karakter.  Semua serangan  pertama yang dikeluarkan oleh sebuah karakter, tanpa buff ataupun debuff, adalah basic attack

Physical Attack

Physical attack adalah sebutan untuk serangan yang menggunakan fisik.  Serangan ini bisa berbentuk pukulan, pisau, pedang, panah, dan benda lainnya yang bisa melukai atau merusak fisik secara langsung. 

Serangan physical attack akan menghasilkan physical damage.  Jumlah damage dapat berkurang apabila musuh menggunakan armor.

Magic Attack / Spell Attack

Berbeda dengan physical attack, magic atau spell attack adalah istilah untuk semua serangan yang menggunakan sihir.  Magic attack di beberapa game seperti Dota 2 ditandai dengan serangan menggunakan tongkat atau kemampuan sihir.  Serangan magic attack dapat berkurang apabila musuh memiliki magic armor atau magic resistance.

Istilah Pure Attack dan Pure Damage

Pure attack atau true attack adalah segala jenis serangan yang dapat melukai musuh secara penuh, tidak terpengaruh Armor atau resistance lainnya.  Attack ini termasuk jenis serangan paling sakit dan menyebabkan pure damage.

Lifesteal Attack

Lifesteal attack adalah sebuah serangan yang dapat menambahkan sejumlah HP setelah berhasil melukai musuh.  Seperti Dracula yang menghisap darah, hanya saja ini berada di dalam game.

Piercing Attack

Piercing attack atau penetrate attack adalah sebutan untuk senjata yang dapat menembus armor atau pertahanan musuh.  Dengan serangan tersebut, jumlah damage yang diterima tidak terlalu  berkurang atau bahkan sama seperti yang seharusnya.

Melee Attack

Melee Attack adalah tipe serangan jarak dekat.  Biasanya karakter yang menggunakan Melee Attack menyerang dengan pedang, pisau, belati, gada, atau bahkan pukulan.

Ranged Attack

Seperti namanya, Ranged Attack adalah tipe serangan jarak jauh.  Karakter yang termasuk tipe serangan ini biasanya digambarkan menggunakan projektil (panah, senjata sumpit, senjata api), melempar barang, hingga menggunakan sihir.

 Attack Skill

Attack Skill atau Skill Attack adalah kemampuan serangan yang dimiliki sebuah karakter.  Serangan ini berbeda dengan Basic Attack karena melibatkan kondisi tertentu.

Contohnya seperti menggunakan mana point atau mengurangi health point, sebelum atau setelah diserang oleh musuh.  Skill Attack dapat memberikan damage yang lebih besar dari Basic Attack dengan cooldown tertentu.

Istilah Attack Damage: Charge Attack

Charge attack adalah salah satu jenis serangan yang dapat memberikan efek atau damage yang besar dengan waktu tertentu.  Seperti namanya, charge, yang artinya “mengisi”,  membuat karakter “mengisi” serangan dalam waktu tertentu.

Ibarat seperti kamehameha milik Goku yang membutuhkan waktu agar serangan semakin kuat.  Dengan begitu, semakin lama menahan serangan, maka semakin besar damage yang diberikan.

Special/Ultimate Attack

Special Attack atau Ultimate Attack adalah jurus pamungkas dari sebuah karakter.  Seringkali para pemain menyingkatnya dengan sebutan “SS” atau “Ulti”.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Dibandingkan dengan Skill Attack, Special Attack dapat memberikan damage yang lebih besar lagi namun dengan kondisi dan cooldown yang lebih besar.

Baca Juga: Build Yin MLBB Tersakit 2022, Auto Spam Ulti!

Counter Attack

Istilah Attack dan Damage
Kartu Yu-Gi-Oh Mirror Force Counter Attack.  Sumber: Yugipedia.

Counter attack bagaikan bumerang, ia dapat mengembalikan damage yang diterima oleh musuh.  Damage yang dikembalikan tergantung kemampuan yang dimiliki oleh musuh, bisa hanya sedikit, separuh, 100%, atau bahkan lebih.

Critical Attack

Jenis yang satu ini dapat dikatakan “untung-untungan”.  Critical Attack adalah serangan yang dapat memberikan damage yang berkali-kali lipat dari jumlah damage seharusnya. 

Disebut untung-untungan karena serangan ini tidak bisa dikeluarkan tiap saat, terkadang beberapa game membuat persentase kemungkinan mendapatkan critical attack.

Istilah Attack Damage: Attack Speed

Attack Speed merujuk kepada kecepatan serangan.  Semakin besar jumlah attack speed milik sebuah karakter, maka serangan karakter tersebut semakin cepat.

Break Attack atau Reduction Attack

Jenis serangan ini bertujuan untuk merusak atau mengurangi kondisi tertentu milik musuh.  Anggap saja jika musuh mendapatkan serangan berjenis Break Attack / Reduction Attack, maka jumlah armor, move speed, magic resistance, atau kondisi lainnya dapat berkurang atau bahkan hilang.

Disarm Attack

Istilah Disarm Attack digunakan untuk serangan yang dapat melucuti senjata musuh, membuat mereka tidak bisa menyerang.  Disarm Attack dapat berupa menjatuhkan senjata, memberikan efek tidak bisa menyerang, atau bahkan menghancurkan senjata musuh.

Istilah Attack Damage: Stun Attack

Inti dari stun attack adalah memberikan serangan yang dapat membuat musuh terjeda.  Efek tersebut bisa menginterupsi musuh selama beberapa waktu.  Bisa juga dikaitkan dengan control attack.  Istilah ini tidak asing bagi pemain MOBA seperti Mobile Legends atau Dota 2.

Damage per Second

Damage per Second (DoS) adalah jenis serangan yang damage-nya dihitung dalam satuan detik.  Biasanya Damage per Second dapat dipengaruhi oleh attack speed, membuat serangan menjadi lebih cepat dan memberikan damage yang lebih banyak dalam hitungan detik.

Damage over Time

Istilah Attack dan Damage
Skill Attack 1 X-Borg Damage over Time. Sumber: Mobile Legends Wiki.

Damage over Time (DoT) sekilas mirip dengan DoS, namun penyebutan DoT digunakan untuk efek setelah serangan tersebut.  Musuh yang terkena serangan ini akan terkena damage selama beberapa waktu.  Biasanya serangan yang termasuk DoT merupakan serangan yang memberikan efek racun dan terbakar.

Contohnya seperti skill pertama mili X-Borg Mobile Legends yang dapat memberikan damage kepada musuh selama beberapa waktu setelahnya.

Baca Juga: Tips Gameplay X Borg Terbaik Di Mobile Legends 2022

Damage per Hit

Damage per Hit (DpH) adalah kerusakan yang diterima per setiap serangan.  Semua game action pasti memiliki istilah ini, karena hitungannya per-serangan yang dilakukan. 

Istilah ini lazim digunakan untuk mendefinisikan serangan dengan interval yang lama, tapi memiliki kerusakan yang besar seperti di dalam game World of Tanks atau World of Warship.

Istilah Attack Damage: Damage Dealer

Lebih baik tetap menggunakan bahasa Inggris, karena kalau di alihbahasakan menjadi “pemberi kerusakan”.  Sebenarnya tidak ada yang salah dari pengertiannya, tapi secara khusus istilah ini digunakan untuk menyebut karakter yang bisa memberikan damage paling besar dari timnya.

Burst Damage

Burst Damage adalah istilah untuk mendeskripsikan jumlah kerusakan yang besar dalam waktu yang sangat singkat.  Seringkali istilah ini dipakai pada spell atau magic attack.  Untuk mengeluarkannya, biasanya diperlukan juga pengorbanan seperti mana atau HP yang banyak pula.

Crowd Control

Ini adalah versi stun attack yang lebih luas.  Jika dalam satu serangan dapat memberikan debuff atau stun kepada lebih dari satu musuh, maka serangan tersebut bisa disebut dengan crowd control.

Istilah Attack Damage: K.O.

Istilah Attack dan Damage
K.O. Attack di Street Fighter. Sumber: Capcom.

Pernah dengar istilah “One hit K.O!”?  K.O. atau Knock Out adalah istilah untuk musuh yang kalah setelah menerima serangan.  Bisa juga dikenal dengan istilah Knock Down.  Biasanya istilah ini dikenal di dalam game pertarungan seperti Tekken, Street Fighter, dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Game Offline Terbaik di Dunia yang Bisa Kamu Mainkan!

Itulah istilah attack dan damage yang sangat umum dan wajib kalian ketahui.   Kalau kalian merasa ada istilah lain yang menarik atau ada kekurangan, silakan isi di kolom komentar yaa. Selamat bermain~

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID