iPhone SE Vs iPhone XR di Pertengahan Tahun 2021, Pilih Mana?

iPhone SE vs iPhone XR

Pasti banyak dari kalian yang memperdebatkan antara iPhone SE vs iPhone XR hingga saat ini, benar ga? Apalagi buat kamu yang sedang mencari iPhone murah bergaransi resmi Indonesia.

Mungkin ada beberapa poin yang akhirnya membuat kamu bingung untuk meminang salah satu dari dua iPhone ini.

Jadi, di pertengahan tahun 2021 sekarang, kamu sudah putuskan atau belum, iPhone SE vs iPhone XR, pilih mana?

Adu 5 Aspek iPhone SE Vs iPhone XR

1. Dimensi Bodi dan Layar

iPhone SE vs iPhone XR

Buat kamu penikmat smartphone compact, pasti kamu akan langsung menjawab iPhone SE bila ditanya iPhone SE vs iPhone XR pilih yang mana?

Namun, buat kamu yang gamau ketinggalan zaman, dengan layar besar kekinian ala iPhone 11/12 series terbaru, pilihan kamu pasti akan jatuh ke iPhone XR, benar kan?

Dimensi iPhone SE 2020 adalah 13.8 x 6.7. x 0.7 cm, sedangkan dimensi iPhone XR kurang lebih sebesar 15.1 x 7.6 x 0.8 cm. iPhone SE 2020 memiliki bentang layar seluas 4.7 inci dengan rasio 16:9, sedangkan iPhone XR memiliki layar lebih besar 6.1 inci dengan rasio kekinian 19.5:9.

Terlihat dengan jelas, bahwa iPhone SE 2020 memiliki dimensi bodi yang lebih compact dan kecil dibanding saudaranya. Oia iPhone SE juga memiliki bobot yang 46 gram lebih ringan, daripada iPhone XR yang memiliki berat mencapai 194 gram.

Smartphone dengan berat kurang dari 200 gram masih termasuk enteng kok Vicigers, jadi untuk adu aspek pertama kali ini, tidak ada yang menang ataupun kalah, karena semuanya tergantung selera kalian!

iPhone SE 2020: 0
iPhone XR: 0

2. Dapur Pacu

A12 Bionic vs A13 Bionic

Kalian sudah tahu lah ya, untuk urusan dapur pacu, iPhone SE 2020 lah juaranya, karena telah dibenamkan Apple A13 Bionic (7 nm+) yang sama dengan milik iPhone 11.

Eits, tapi jangan salah! Apple A12 Bionic (7 nm) milik iPhone XR bisa dibilang masih overpowered untuk penggunaan di pertengahan tahun 2021.

Saat ini, iPhone XR masih dapat melibas semua game yang ada di App Store dan menjalankannya dengan lancar, tanpa kendala berarti.

Namun, karena ini adalah sesi adu dapur pacu iPhone SE vs iPhone XR, dengan berat hati iPhone XR harus menerima kekalahannya.

iPhone SE 2020: 1
iPhone XR: 0

3. Modul Kamera

kamera iphone se vs iphone xr

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Ga lengkap, kalau sedang bahas iPhone tidak membahas kamera bawaannya. Kamu tahu kan, kalau kamera iPhone di cap warganet sebagai kamera smartphone terbaik saat ini.

Tapi ada perbedaan antara kedua iPhone ini, walaupun keduanya sama-sama menggunakan modul kamera utama 12MP dengan bukaan yang juga sama di f/1.8. Kamera iPhone XR memiliki sensor yang lebih baru dan fitur yang lebih lengkap.

Salah satunya adalah fitur night mode yang hadir di iPhone XR, namun harus absen di iPhone SE 2020.

Tapi, sebentar! Prosesor A13 Bionic milik iPhone SE, setidaknya dapat melakukan pemrosesan gambar yang lebih baik dibanding A12 Bionic loh!

Btw, kedua iPhone ini juga memiliki besaran resolusi yang sama untuk kamera depan mereka, yaitu 7MP f/2.2. Bedanya, di iPhone XR, kamera depan 7MP tersebut juga ditemani dengan depth/biometrics sensor untuk keperluan Face ID.

Bisa dibilang seimbang, tapi juga bisa tidak. Keputusan untuk aspek ke-tiga dari iPhone SE vs iPhone XR ini, kami telah putuskan, kali ini iPhone XR lah yang akan mendapatkan poin.

iPhone SE 2020: 1
iPhone XR: 1

4. WLAN dan Sensor

sensor iphone se vs iphone xr

Wifi iPhone SE 2020, sudah menggunakan versi terbaru, yaitu Wifi 6, sedangkan iPhone XR masih menggunakan Wifi ac versi sebelumnya.

Untuk urusan sensor, iPhone SE vs iPhone XR memiliki rangkaian sensor yang sama, tapi tidak persis/identik.

Perbedaan terletak dari Face ID/Touch ID yang digunakan, iPhone SE masih setia dibekali touch ID seperti seri iPhone 8 dan sebelumnya, sedangkan iPhone XR sudah kekinian dengan dibenamkan fitur Face ID.

Soal Face ID/Touch ID itu selera, karena sepertinya di saat pandemi seperti sekarang ini, nyatanya lebih nyaman menggunakan Touch ID dibandingkan dengan Face ID.

Karena ya kalau pakai Face ID untuk membuka kunci layar, kamu harus terlebih dahulu membuka masker kan?

Walaupun kamu masih bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan Apple Watch, jadi untuk pengguna iPhone dengan Face ID, kamu tidak usah membuka masker, kalau kamu punya dan sedang menggunakan Apple Watch ya!

Namun, tetap harus ada yang menang di sini, karena Wifi iPhone SE memiliki versi lebih baru, dan setidaknya Touch ID lebih berguna di masa pandemi, jadi poin berikutnya akan kami berikan ke iPhone SE 2020.

iPhone SE 2020: 2
iPhone XR: 1

5. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

baterai iphone se vs iphone xr

Menariknya, kedua iPhone ini sama-sama memiliki fitur pengisian daya secara nirkabel. iPhone SE 2020 memiliki kapasitas baterai 1.821mAh, lebih kecil dibandingkan dengan iPhone XR yang mempunyai kapasitas baterai lebih besar, di 2.942mAh.

Selisih daya baterai kedua iPhone ini mencapai lebih dari 1.000mAh. Kamu juga pasti tahu kan jawabannya?

Daya tahan baterai? Tanpa ragu kami akan menjawab, untuk aspek ini, kamu yang menang, iPhone XR!

iPhone SE 2020: 2
iPhone XR: 2

Wah, iPhone SE vs iPhone XR imbang ya ternyata, kira-kira apalagi ya yang bisa dibandingkan? Oia, Walaupun iPhone XR merupakan iPhone keluaran 2018, tepatnya sekitar 3 tahun lalu, tapi iPhone XR tetap mendapatkan software update hingga yang terbaru saat ini, yaitu di iOS 14.7, begitupun iPhone SE 2020.

FYI, stock BNIB (Brand New In Box) garansi resmi kedua iPhone ini, sekarang dijual sudah tanpa kepala charger ya Vicigers, jadi buat kamu yang baru ingin membeli iPhone SE 2020 ataupun iPhone XR, setidaknya kamu sudah menyiapkan budget untuk membeli kepala charger secara terpisah.

Baca juga: Iphone 12 Pro Max VS. Samsung Galaxy Note 20 Ultra, Pilih Mana?

Kesimpulan

Karena hasil akhir dari perseteruan iPhone SE vs iPhone XR imbang, kami rasa pilihan terakhir kembali lagi kepada selera kalian nih Vicigers.

Mau pilih iPhone compact teranyar dengan prosesor terbaru tapi tidak masalah dengan kapasitas baterai yang kecil, atau mau pilih iPhone keluaran tiga tahun lalu dengan rasio layar kekinian dan performa yang tidak jauh berbeda, tentunya dengan baterai yang lebih awet dari iPhone SE 2020.

Baca juga: 3 Rekomendasi Charger 20 Watt Untuk iPhone 12 Series Kamu

Jadi, kamu tim iPhone compact atau tim iPhone baterai besar nih Vicigers? Coba tulis di kolom komentar, kamu tim mana antara iPhone SE vs iPhone XR!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment