Serba-serbi Instagram Web yang Wajib Kamu Tahu!

Instagram for PC

Membuka Instagram adalah salah satu cara untuk melihat kabar yang terjadi saat ini.  Tapi, apakah kamu tahu kalau sekarang ada Instagram Web yang bisa kamu gunakan meski tidak ada Smartphone?

Kali ini, penulis akan menuliskan berbagai macam hal yang harus kamu tahu dari Instagram Web ini.  Penasaran apa saja?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Instagram Mulai Uji Coba Penerapan NFT Minggu Ini

Sejarah Singkat Instagram

Instagram Web.
Tampilan Instagram di Apple Store. Sumber: Unsplash.

Awal dibuat, Pertama kali Instagram hadir pada tanggal 6 Oktober 2010.  Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Kevin Systrom sebagai bentuk rasa cintanya terhadap fotografi.  Dengan adanya Instagram, para pengguna bisa membagikan hasil foto mereka dan dilihat oleh banyak orang.

Setelah mencapai satu juta pengguna, pada tahun 2012, Mark Zuckerberg membeli sekaligus mengakuisisi Instagram.  Hingga saat ini, Instagram tetap eksis dan terkenal di seluruh dunia, sama halnya seperti Facebook (Meta).

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Gaming

Instagram Web

Tampilan Awal Instagram Web.

Jika kamu bertanya kapan Instagram memiliki website, jawabannya adalah setelah Mark Zuckerberg mengakuisisi Instagram pada tahun 2012.  Setelah mengakuisisi, Mark ingin Instagram seperti Facebook yang bisa diakses melalui web atau browser.

Namun, pada saat itu, fitur Instagram Web masih sangat terbatas.  Mark justru fokus membuat Instagram Apps untuk Desktop yang dibuat pada tahun 2016.  Namun, pada 2019, aplikasi tersebut diberhentikan, membuat Facebook (Meta) berfokus pada Instagram browser ini.

Kamu bisa mengakses Instagram Web dengan alamat url instagram.com.  Setelah itu, kamu bisa memasukkan username atau email yang terdaftar di Instagram beserta passwordnya.  Jika berhasil, kamu akan masuk ke tampilan beranda Instagram seperti biasa.

Kelebihan dan Kekurangan di Instagram Web

Tampilan Login Instagram. Sumber: Unsplash.

Sebagai website desktop, Instagram Web memiliki fitur yang cukup lengkap, mirip seperti pada Smartphone.  Wajar saja, karena memang fokus utama Instagram sejak awal dibuat untuk Smartphone.

Saat kamu membukanya, kamu seperti membuka Instagram di HP.  Kamu bisa melihat Feed atau Postingan orang lain, melihat IG Stories, dan IG Reels.  Tidak ketinggalan juga fitur Direct Message (DM).

Jika kamu memiliki foto dan video yang siap diunggah, kamu bisa mengunggahnya di sini!  Kamu hanya perlu memastikan kalau kamu memiliki jaringan internet yang memadai.

Baca Juga: 50 Nama IG Aesthetic Paling Keren 2022

Kelebihan

Instagram Web.
Aplikasi Instagram. Sumber: Unsplash.

Setelah melakukan riset, penulis menemukan tiga kelebihan Instagram Web.  Pertama adalah kemudahan akses kapan saja dan dimana saja tanpa aplikasi.  Berbeda dengan Whatsapp Web atau Line yang memerlukan autentikasi awal, Instagram Web tidak memerlukannya.

Kedua adalah tampilan yang lebih lebar.  Karena kamu menggunakan layar Laptop atau Monitor, tampilan Instagram kamu akan lebih lebar dari biasanya.  Kamu juga bisa mengetik apapun menjadi lebih leluasa.

Terakhir adalah kemudahan ekstensi ataupun website lainnya.  Bagi para pengguna Google Chrome, terdapat beberapa ekstensi Instagram yang bisa kamu coba.  Mulai dari mengubah tampilan hingga mendownload foto dan video, semua ada!

Atau, kalau kamu memerlukan website dari luar, seperti sssinstagram.com dan igram.io, kamu tinggal buka di tab sebelahnya.  Jadi kamu hanya perlu copy link, lalu paste.  Mudah, bukan?

Kekurangan

Instagram Web.
Tampilan Explore Instagram. Sumber: Unsplash

Seperti yang penulis sampaikan di atas, Instagram lebih mematangkan konsep di Smartphone ketimbang websitenya.  Dari pengalaman, penulis menemukan empat kekurangan dari Instagram Web.

Pertama adalah belum adanya fitur membuat IG Stories.  Alasannya masuk akal, yaitu kurang memungkinkannya pengguna Instagram Web membuat IG Stories.

Tidak ada yang pergi ke mall atau makan di resto sambil membuka laptop.  Benar, bukan?

Kedua adalah tidak bisa mencari pengguna dari following atau followers.  Jika kamu menggunakan Instagram di Smartphone, kamu bisa mengklik jumlah following/ followers kamu, kemudian kamu cari berdasarkan namanya.

Tapi, di Instagram Website, kamu harus scroll untuk mencari nama akun yang kamu ingin ketahui.

Kekurangan ketiga adalah tampilan explore yang terlalu besar.  Fitur explore di Instagram bisa kamu temui saat mengklik tombol pencarian.  Nantinya, kamu akan disuguhkan dengan beberapa post dan video dari akun yang serupa kamu ikuti.

Jika di Smartphone dengan layar sekecil itu dapat menampilkan beberapa post, seharusnya Monitor bisa menampilkan lebih banyak.  Tapi, faktanya, fitur Explore di Instagram Web hanya bisa menampung enam saja!  Sedikit kecewa karena tidak memanfaatkan space yang ada.

Kekurangan terakhir adalah settingan yang tidak selengkap yang ada di aplikasi Smartphone.  Jika di Smartphone, kamu bisa mengganti background DP, mengubah menjadi Dark Mode, dan lain sebagainya.

Tapi, di Instagram Website, kamu tidak bisa mengatur hal tersebut.  Jadi, kamu akan kembali dengan tampilan original, background putih.

Baca Juga: Trik Bikin Caption IG yang Bagus Untuk Bisnis

Penutup

Itulah serba-serbi Instagram Web yang wajib kamu tahu.  Dengan adanya Website Instagram, tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk ketinggalan trends meskipun Smartphone kamu mati.

Jadi, apakah kamu tertarik mencobanya?

Penuhi kebutuhan games kamu dengan Top-Up melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!