Spesifikasi Huawei Matebook X Pro 2022


huawei matebook x pro

Huawei kini dikenal dengan produk dan aksesoris smartphone-nya. Namun kini Huawei sudah mulai unjuk gigi di Indonesia dengan perangkat notebook-nya. Unstoppable juga meluncurkan laptop premium bernama Huawei MateBook X Pro dengan desain yang ramping dan seksi.

Laptop Huawei MateBook X Pro hadir dalam warna yang disebut Emerald Green. Laptop ini juga ditenagai oleh prosesor Intel Tiger Lake generasi ke-11 yaitu Core i7 1165G7.

Pada prosesor ini pula, sudah disematkan kartu grafis terintegrasi yang dinamakan Intel Iris Xe yang saat ini masih menjadi grafis bawaan Intel yang paling kencang. Kartu grafis ini akan memberikan tampilan melalui layar Huawei MateBook X Pro yang touchscreen. 

Huawei juga memberikan kapasitas baterai yang cukup besar pada laptop tipis ini. Huawei menjanjikan baterai dengan daya hidup 10 jam pada kapasitas 56 Wh. Tentunya hal ini akan membuatnya bisa dipakai seharian untuk bekerja di kantor maupun di rumah.  Spesifikasi lengkap dari Huawei MateBook X Pro adalah sebagai berikut.

Tentang Huawei MateBook X Pro

Untuk kamu yang berencana untuk membeli laptop ini, kamu bisa menyimak dulu beberapa hal yang ada di bawah ini.

Charger

huawei matebook x pro
laptop terbaik untuk main game

Charger yang diberikan pada perangkat yang satu ini memang cukup menyenangkan. Perangkat ini menggunakan pengisi daya USB-C ke USB-C 65 watt. Khususnya, MateBook X Pro juga dapat diisi menggunakan pengisi daya smartphone yang menggunakan USB-C.

Desain 

huawei matebook x pro
desain dari laptop huawei matebook

Mungkin konsumen akan bosan dengan warna hitam atau silver saat membeli laptop. Mungkin berbeda dengan MateBook X Pro yang sudah menggunakan bodi aluminium ini. Warna hijau zamrud membuat laptop ini kokoh. Selain itu, desainnya juga membuat perangkat ini tidak mudah kotor dari bekas sidik jari. 

Layar yang digunakan pada Huawei MateBook X Pro adalah jenis LTPS dengan model glossy. Resolusinya adalah 3000×2000 dengan dimensi 13,9 inci dan rasio 3:2.

Layarnya sendiri sangat nyaman digunakan untuk menonton video dengan resolusi full HD dan mudah dioperasikan karena mendukung sentuhan (touchscreen). Bingkai tipis pada bagian atas, kanan dan kirinya juga membuat laptop yang satu ini menjadi lebih cantik. 

Berbicara mengenai bingkai tipis, maka akan berdampak pada penempatan webcam. Untungnya, Huawei cukup cerdas dengan menaruh kameranya di antara tombol F6 dan F7. Keyboard-nya sendiri juga cukup nyaman dengan respon sentuhan yang pendek. Desain antar tombol juga cukup dekat sehingga nyaman dipakai untuk mengetik. 

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Performa

huawei matebook x pro
performa laptop huawei matebook

Laptop tipis ini menggunakan prosesor Core i7-1165G7 atau sering dikenal dengan Tiger Lake dan memiliki kartu grafis terintegrasi yang bernama Iris Xe. Iris Xe yang digunakan pada Core i7-1165G7 ini sendiri memiliki 96 Execution Unit yang membuatnya kencang.

Prosesor itu sendiri memiliki 4 inti dengan 8 utas clock pada 2,8 GHz, beroperasi pada TDP 12 hingga 28 watt. Tiger Lake sendiri menggunakan litografi SuperFin 10nm.

Untuk perbandingan kinerja, saya memasangkan Intel Core i7 1185G7 atau AMD Ryzen 4700U. Itu saja untuk melihat seberapa cepat laptop Huawei MateBook X Pro 2021. Benchmark juga dibagi menjadi dua kategori, produktivitas dan grafis untuk bermain game.

Dengan nilai yang didapat, Intel Iris Xe akan bisa menjalankan hampir semua game dengan setting rendah sampai medium. Selain itu, kecepatan seperti ini juga bisa membuat beberapa aplikasi yang menggunakan hardware acceleration seperti Photoshop dan Office terbantu kinerjanya. 

Untuk produktivitas sendiri, saya sudah mencobanya pada beberapa software benchmarking. Laptop seperti Huawei MateBook X Pro juga sering kali digunakan untuk melakukan editing video dan gambar. Tentunya, pembuatan konten tidak luput dari kebutuhan akan kinerja prosesor dan GPU. 

Baca juga: VCGamers Gelar Event Gaming Your Way, Berhadiah Laptop dan HP Gaming!

Baterai

huawei matebook x pro
tentang laptop huawei matebook

DailySocial menguji laptop ini berdasarkan berapa lama perangkat dapat menonton file video 1080p dengan konten MP4. Perhatikan bahwa tidak ada pengujian baterai tunggal yang akan memberikan hasil yang sama dalam penggunaan sehari-hari. Namun, sebuah penelitian dilakukan untuk mengukur penggunaan laptop.

Menggunakan Core i7 1165G7, performa laptop ini sudah tidak diragukan lagi. Saya tidak mengalami masalah panas saat menggunakannya, meskipun prosesornya masih menggunakan produksi 10nm.

Baca juga: Ayo Ikut Turnamen MLBB Gratis, Menangkan Laptop ROG dengan Kumpulkan Poin

Oleh karena itu, penggunaan untuk pembuatan konten akan lebih nyaman karena akan selesai dengan cepat dan tanpa panas. Selain itu, laptop ini juga masih bisa digunakan untuk bermain game.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID