Holy Crystal, Kristal Hijau Penambah Kekuatan Tempur Hero Mage

holy crystal cover 1

Holy Crystal sering menjadi opsi terbaik dan paling efisien yang digunakan oleh player Mobile Legends spesialis hero mage. Betapa tidak, banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan batu mulia berwarna hijau ini.

Sebenarnya, ada banyak item lain penambah magic power yang dihadirkan oleh Moonton sebagai penambah kekuatan hero mage yang dapat menghasilkan magic damage. Ada alasan-alasan tertentu dari Holy Crystal dinobatkan menjadi item eksklusif hero mage ter-GG oleh pemain.

Simaklah rincian berikut supaya kamu paham akan pentingnya Holy Crystal, penggunaannya dengan item lain serta hero mage yang cocok menggunakan item ini.

Holy Crystal, Batu Mulia Hijau Rebutan Para Pemain Di Mid Game

Status Bawaan Holy Crystal

holy crystal status bawaan

Item yang digolongkan sebagai tier 3 dalam kategori item di Mobile Legends ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan magic power penggunanya sebesar 100, yang sebelumnya adalah 90 saja.

Sekilas, efek ini memang terlihat remeh dan tidak begitu penting. Tetapi, para player spesialis hero mage mengincar kemampuan pasif dari item ini.

Efek Pasif Holy Crystal

holy crystal efek pasif

Efek pasif dari Kristal hijau ini telah mengalami perubahan, khususnya pada saat patch versi 1.3.88. Ada efek pasif yang dihapus dan digantikan dengan yang baru.

Sebelum patch tersebut, Hero Crystal memiliki efek pasif berupa tambahan 25% magic attack untuk hero dengan serangan atau skill magic. Akan tetapi, di versi yang sekarang, item ini memberikan tambahan magic attack sebesar 21 hingga 35% yang akan meningkat sesuai dengan level hero.

Kalau dibahas lebih rinci, sebelum patch tersebut kamu akan mendapat tambahan magic attack sebesar 100 dan 25% dari efek pasif item ini. Artinya, akan ada peningkatan serangan magic sebesar 125 saja.

Namun demikian, 125 poin tersebut akan mempengaruhi magic item, talent dan emblem yang kamu pakai untuk hero mage kamu, atau hero dengan emblem mage. Cukup banyak, bukan?

Baca juga: Simak! 10 Hero Mage MLBB yang Turun Tier

Di versi saat ini, efek pasif Holy Crystal akan memberikan tambahan magic attack dalam skala 21 hingga 35% sesuai level hero. Makanya, kamu akan dituntut untuk leveling supaya mendapat tambahan poin lebih banyak (35%).

Hal ini juga bisa kamu stack dengan efek dan buff dari item atau support yang lain. Kamu bisa membeli item ini seharga 2180, dan cocok dibeli menjelang mid game.

Kombinasi Item Lain Dengan Holy Crystal

Kombinasi Dengan Blood Wings

holy crystal dan blood wings

Kalau kamu menginginkan damage yang sakit, kamu bisa gabungkan kristal hijau ini dengan Blood Wings. Efek pasif Blood Wings akan menambah gempuran magic power sebesar 200% yang dapat respawn setiap 30 detik sekali.

Pengguna Blood Wings juga mendapat tambahan magic power sebesar 150 dan 500 HP, jadi akan ada penambahan magic power sebesar 250 ditambah 200% efek pasif Blood Wings.

Ilustrasinya, jika Selena dengan magic power sebesar 1500, maka ia akan mendapat 3000 magic power sehingga akan meluluhlantahkan lawan seketika. Namun, ini hanya akan terjadi setiap 30 detik saja. Gunakan kombinasi ini untuk melenyapkan lawan dengan sekali pukul.

Kombinasi Dengan Clock Of Destiny

holy crystal dan clock of destiny

Item ini akan memberikan tambahan 615 HP, magic power sebesar 60 dan tambahan mana sebesar 600. Uniknya, Clock of Destiny punya dua efek pasif.

Efek pasif pertama, setiap 20 detik sekali pengguna akan mendapat tambahan 25 HP dan 4 magic power hingga 12 kali. Sedangkan efek pasif lainnya adalah bonus 300 mana dan 5% magic power apabila time mencapai stack maksimal.

Gunakan kombinasi ini apabila kamu memakai hero spesialis late game seperti Gusion dan Vale. Dijamin keduanya akan menjadi core menyeramkan untuk lawanmu.

Baca juga: Tips Gameplay Gusion di Mobile Legends, Main Dengan Tenang!

Kombinasi Dengan Calamity Reaper

holy crystal dan calamity reaper

Holy Crystal dan Calamity Reaper akan menjadi kombinasi yang sulit untuk ditangkal karena efek pasifnya akan memberikan hero yang menggunakannya true damage atau damage yang akan menembus shield, buff, atau halangan lainnya.

Calamity Reaper juga bisa menambah mana penggunanya sebesar 400 dan juga tambahan magic power sebesar 70. Skill hero pengguna juga akan dikurangi CD-nya sebesar 10%.

Jika dipasangkan dengan si kristal hijau ini, maka kekuatan hero pengguna akan naik sebesar 155% ditambah dengan 170 poin magic attack. Bayangkan jika hero Selena kamu memiliki magic attack sebesar 1500, maka Selena akan memiliki daya hancur sebesar 2495.

Dengan poin tersebut, Selena akan bisa one hit KO hero lawan yang belum full upgrade, atau menyerang hero dengan HP tebal sebanyak 3 kali saja. Menyeramkan, bukan?

Kombinasi Dengan Necklace of Durance

holy crystal dan necklace of durance

Jika kamu menggabungkan Holy Crystal dengan Necklace of Durance, maka kamu akan mendapat tambahan magic power sebesar 60, pengurangan CD sebanyak 5% dan ada kemampuan 10% magic lifesteal.

Efek pasif dari Necklace of Durance juga bisa membuat hero lawan yang sedang regen HP berkurang keefektifannya sebesar 50%.

Dengan efek pasif tersebut, kamu bisa mengalahkan hero lawan dengan hero mage yang memiliki attack speed tinggi seperti Harith, Eudora dan Chang’e.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Namun demikian, kamu harus tetap waspada terhadap serangan balik hero tersebut karena item regen biasanya digunakan oleh fighter dan tanker.

Baca juga: Cara Main Chang’e Mobile Legends, Auto GG Bro!

6 Hero Mage Meta Season 23 Sebagai Pengguna Holy Crystal

Selena

holy crystal selena hero mage

Karena kemampuannya untuk berubah wujud dari mode elf ke mode abyss, Selena menjadi salah satu mage meta di season ini yang bisa kamu lengkapi dengan Holy Crystal beserta kombinasinya.

Skill 1 mode elf-nya akan lebih optimal dan sakit ketika kamu mau stack abyss mark untuk hero lawan kamu. Selain itu, dengan kombinasi Blood Wings, skill 2 Selena juga bisa menjadi mimpi buruk untuk lawanmu di arena, khususnya yang sembunyi di semak-semak.

Saat kamu menggunakan mode Abyss juga, Selena akan leluasa menggunakan skill 1 dan 2-nya untuk menciptakan damage tersakit yang pernah ada.

Valentina

holy crystal valentina hero mage

Hero mage yang satu ini akan semakin membuat lawan kewalahan karena kemampuannya meniru wujud mereka. Namun, jika kamu melengkapinya dengan batu kristal hijau ini, skill 1 dan 2-nya akan semakin kuat.

Skill 1 Valentina punya efek pasif membuat lawannya menjadi terdiam selama 0,7 detik sehingga bisa kamu manfaatkan untuk menyerangnya dengan skill 2.

Kalau kamu menirukan hero mage lain dengan Valentina, dijamin kombinasi kristal dengan Blood Wings atau Calamity Reaper akan semakin GG. Tidak hanya bisa mengacaukan formasi, lawan juga akan terkena damage yang tinggi.

Pharsa

holy crystal pharsa hero mage

Kemampuan Pharsa yang dapat memperlambat lawan hingga stun mereka akan jadi lebih dahsyat dengan Hero Crystal serta kombinasinya. Meskipun terancam turun tier, skillset-nya masih terbilang merepotkan.

Di early game, mungkin kamu akan menggunakan banyak skill 1 dan basic skill. Namun, mulai dari mid game hingga late game ditambah dengan item ini, kamu akan senang dengan spam skill 2 dan ulti untuk menciptakan damage yang sakit.

Antisipasi spam skill Pharsa dengan item penambah mana seperti Clock of Destiny.

Dengan Item tersebut yang digabungkan dengan kristal hijau, maka Pharsa bisa memaksimalkan serangan skill 2 dan ulti-nya.

Baca juga: Build Pharsa Tersakit di Mobile Legends

Cecilion

holy crystal cecilion hero mage

Hero Vampire ini juga akan sangat terbantu dengan menggunakan kombinasi kristal hijau dan Blood Wings khususnya. Kamu bisa meningkatkan stack skill pasif dan skill 2 Cecilion supaya jadi mimpi buruk bagi hero lawan.

Skill pasif Cecilion akan menambah mana-nya dengan cepat, jadi kamu tidak perlu takut kehabisan mana dan bisa fokus ke serangan ofensif.

Skill 2-nya yang bisa menarik lawan juga bisa langsung kamu susul dengan skill ulti-nya yang merupakan skill burst dengan efek memperlambat lawan. Jika kamu menggunakan kombinasi Holy Crystal dan Blood Wings atau Calamity Reaper, damage Cecilion dijamin akan sangat sakit.

Harith

holy crystal harith hero mage

Mage yang suka menjebak lawan dengan kekuatan pengendalian waktu ini juga kompatibel dengan kristal hijau penambah magic power.

Opsi yang bisa kamu gunakan adalah memberinya kombinasi dengan Clock of Destiny atau Blood Wings.

Kombinasi dengan Blood Wings akan menambah daya hancur skill 1 dan 2 khususnya di mid game, tapi kalau kamu memilih kombinasi dengan Clock of Destiny, maka Harith akan menjadi mage dengan suplai mana yang cukup besar untuk main kejar-kejaran dengan lawan.

Kamu bisa melakukan kombo ulti dengan skill 2-nya supaya bisa mengurangi CD skill 1 dan membuat tiruan Harith untuk menyerang lawan.

Luo Yi

holy crystal luo yi hero mage

Sama seperti Harith, Luo Yi juga bisa digunakan sebagai tukang menjebak lawan dengan skill pasifnya serta diberi item batu mulia hijau ini.

Rekomendasi yang baik untuk taktik ofensif adalah menggunakan kombinasi dengan Blood Wings atau Calamity Reaper. Apabila kamu ingin bermain santai, maka Clock of Destiny jadi pilihan tepat.

Kamu akan semakin mantap dalam menjebak lawan dengan kekuatan Yin-Yang dari skill Luo Yi, kemudian spam skill 2 kalau kamu menggunakan Clock of Destiny.

Biasanya, Luo Yi digunakan untuk poke dan akan membawa teleportasi rekannya dengan ulti-nya. Jadi, kamu bisa poke sambil kill kalau bermain ofensif, dan poke saja kalau bermain defensif.

Baca juga: Wow! Kalau Luo Yi dan Johnson Duet, Musuh Rata!

Itulah detail item Hero Crystal yang bisa kamu kombinasikan dengan item magic lain beserta rekomendasi hero mage meta season ini supaya jadi lebih buas di arena. Jangan lupa farming gold sebelum membeli item ini ya Vicigers!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID