5 Hero Support Dota 2 Terbaik di Patch 7.32!

Hero Support Dota 2 Terbaik

Jika kamu bertanya “siapa hero support Dota 2 terbaik saat ini” , jawabannya bisa bervariatif.  Alasannya karena jumlah hero di Dota 2 yang sangatlah banyak dan banyak sekali variasi.

Tapi setelah melakukan berbagai macam riset, penulis berhasil menemukan 5 hero support Dota 2 yang bisa penulis sebut sebagai yang terbaik di Patch 7.32 dan 7.32b.  Penasaran siapa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Prediksi Hero Yang Dipakai Saat TI 2022

5 Hero Support Dota 2 Terbaik di Patch 7.32b

Hero Support Dota 2 Terbaik
Hero Support Dota 2. Sumber: VCGamers.

Perlu kalian ketahui bahwasanya kelima heroes nanti berasal dari hasil riset penulis, baik berasal dari turnamen The International 11 2022 Regional Qualifier ataupun hasil update patch 7.32 dan 7.32b di awal bulan September.

Pertimbangan penulis mengambil heroes ini berdasarkan buff yang diterima, win rate selama di turnamen, dan skill yang menarik untuk digunakan.

Jika kamu memiliki pendapat yang berbeda, silakan tulis di kolom komentar siapa hero support terbaik di Dota 2 versi kamu dan apa alasannya.

Agar semakin mendetail, penulis juga menuliskan rincian, perbandingan, dan memperkirakan kondisi potensial yang mungkin terjadi selama pertandingan.

Snapfire

Hero Dota 2 Terbaik September 2022
Snapfire Loading Screen. Sumber: Dota 2

Snapfire sepertinya menjadi satu-satunya hero support terbaik yang pernah saya bahas di sini.  Sebagai seorang support, Snapfire bisa memberikan efek yang besar.

Kita mulai dari skill pertamanya, Scatterblast.  beberapa guide di dalam game menyarankan untuk mengambil skill tersebut di awal.  Alasannya adalah saat permainan awal, perebutan bounty gold menjadi tujuan utama, sedangkan kill adalah yang kedua.

Skill kedua bernama Firesnap Cookie juga sebenarnya menarik, tapi lebih baik digunakan untuk kondisi tertentu.  Saat kamu menggunakan skill ini kepada hero teman, mereka akan melompat ke depan.

Di satu sisi, kondisi tersebut cukup baik karena dapat membantu core kamu mendapatkan kill.  Tapi sisi lainnya adalah kamu “melemparkan” teman kamu lebih dekat kepada musuh. 

Kamu bisa perkuat skill ini dengan mengambil talent level 10, +125 HP Firesnap Cookie untuk unit yang kamu lempar.  Bisa juga kamu membeli item Aghanim Shard yang membuat jarak lempar menjadi 600 unit dan juga mengeluarkan glob. 

Jadi selain jarak lemparnya yang setara dengan item Force Staff, terdapat juga glob yang sangat berguna untuk membersihkan lane dari creep, mengejar hero musuh, atau menyembuhkan teman.

Skill ketiga bernama Lil’Shredder.  Mungkin tidak memiliki damage yang sakit, tapi justru ini adalah counter dari berbagai macam heroes yang mengeluarkan unit tertentu seperti Tombstone milik Undying, Nether Ward milik Pugna, bahkan Homing Missile milik Gyrocopter.

Terakhir adalah Mortimer Kisses.  Skill yang mengeluarkan delapan glob firespit ini dapat menyerang musuh dari jarak yang sangat jauh. 

Jika terkena musuh, selain damage yang sakit, pergerakan musuh melambat 15-25%.  Jadi dengan skill ini, kamu bisa membuka vision kepada teman, memperlambat pergerakan, dan memberikan damage kepada musuh.

Skill ini cocok dipadukan dengan berbagai heroes yang dapat membuat musuh tidak bergerak, seperti Dismember milik Pudge, Power Cogs Clockwerk, Sprout dari Nature’s Prophet, dan heroes lainnya yang bisa memberikan stun atau hex.

Sebetulnya skill tambahan Aghanim’s Scepter, Gobble dan Spit Out, menarik untuk digunakan.  Kamu bisa memakan hero teman dan unit teman atau musuh dan melemparkannya.  Musuh yang terkena radius lemparan akan terkena stun dan Damage Over Time (DoT) karena lemparan tersebut juga mengeluarkan glob.

Undying

Patch 7.32 dan 7.32b ini bisa dibilang menjadi patch penyesuaian untuk Undying.  Walaupun cooldown skill Tombstone harus bertambah, tapi sekarang terdapat meta baru pada skill pertamanya, Decay.

Sebelum update, skill Decay berguna untuk mencuri 4 strength dari musuh dan juga +60 HP & Max HP.  Saat 45 detik, tersebut menghilang, menyebabkan HP dan Max HP Undying berkurang.  Ya kurang lebih seperti menggunakan Armlet of Mordiggian.

Tapi kali ini, saat efek Decay menghilang, ia hanya mengurangi Max HP saja.  Jumlah tambahan HP yang Undying terima bersifat permanen, sama seperti menggunakan item.  Keren bukan?

Coba bayangkan jika Undying menggunakan Decay kepada dua musuh, selain memberikan +8 strength, kamu juga bisa menyembuhkan diri sebanyak +120 HP, setara dengan satu kali makan Tango.

Dengan kemampuan survivabilitas miliknya, Undying bisa menghemat pengeluaran membeli Tango dengan membeli Enchanted Mango.  Selama “Mana” milik Undying terpenuhi, maka akan aman-aman saja.

Dengan mempertimbangkan partner hero ini, Undying cocok bersama Drow Ranger, Sniper, dan heroes lain yang bisa memberikan DPS (Damage per Second) cepat. Biasanya dibarengi dengan skill ketiganyaTombstone.

Earthshaker

Hero Support Dota 2 Terbaik

Jika bicara soal stunner, Earthshaker jawabannya.  Sebenarnya Earthshaker termasuk hero yang multifungsi, bisa menjadi support, roamer, hingga offlaner dengan kemampuan stun miliknya.

Setelah patch 7.32, Earthshaker mendapatkan pengurangan cooldown skill fissure, yang awalnya 21/19/17/15 detik menjadi 18/17/16/15 detik.  Kamu bisa menggunakannya untuk menutup jalan musuh. 

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Agar lebih maksimal, kamu bisa memadukannya dengan Aghanim Shard yang memberikan stun tambahan di sepanjang fissure yang kamu buat.

Kedua ada skill Enchanting Totem yang bisa memberikan damage yang cukup besar. Agar maksimal, kamu bisa memadukannya dengan skill tiga, Aftershock yang dapat memberikan stun di sekitar Earthshaker setiap kali ia menggunakan skillnya.

Ultimate miliknya, Echo Slam, sangat cocok digunakan saat terjadi perang.  Secara statusnya, Echo Slam hanya memberikan sedikit damage.  Namun semakin banyak unit atau hero di dalam jangkauannya, damagenya akan semakin bertambah.

Untuk menginisiasi serangan, ada dua pilihan.  Kamu bisa menggunakan item Blink Dagger atau membeli item Aghanim’s Scepter yang bisa membuat Earthshaker melompat jauh sambil menggunakan Enchanting Totem.

Jika bicara musuh yang potensial, Earthshaker adalah counter dari segala musuh yang bisa mengeluarkan unit.  Contohnya Enigma, Broodmother, dan Phantom Lancer

Jika bermain sebagai support, Earthshaker bisa memfokuskan kemampuannya untuk menghalangi ataupun memberikan stun yang cukup lama kepada musuh.

Hero Support Dota 2 Terbaik di TI 11 – Marci

Hero Support Dota 2 Terbaik

Berdasarkan data statistik dari Liquipedia, Marci adalah hero support yang paling banyak dipilih selama The International 11 2022 Regional Qualifier.  Mengutip dari Liquipedia, Marci mendapatkan panggung di dalam 122 pertandingan dengan win rate 54,10%.

Alasan singkatnya adalah pada patch ini Marci mendapatkan penyesuaian buff.

Skill pertama, Dispose, mengubah stun menjadi slow movement dengan jarak lemparnya diperpendek menjadi 275 unit.  Hal ini menarik karena membuat dispose lebih mudah membersihkan creep tanpa takut terlewat.

Kedua ada Rebound yang sekarang bisa memberikan efek stun.  Jika kamu membeli Aghanim Shard, Marci bisa melempar unit satu tim (hero atau creep) ke target area.  Cocok untuk mengcounter musuh yang berusaha kabur.

Ketiga ada Sidekick yang dapat di-cast kepada Marci dan rekan tim.  Skill ini memberikan efek Lifesteal dan bonus damage.

Terakhir adalah Ultimate miliknya bernama Unleash, seperti namanya, dia akan melepaskan kemampuannya dan menambahkan attack speed.  Jika target pukulan telah terpenuhi, ia akan mengeluarkan gelombang (pulse) di sekitar dirinya, memberikan damage dan efek slow kepada musuh di dalam aera.

Bicara soal pasangan hero, mungkin Marci cocok dengan Troll Warlord, Ursa, dan heroes lainnya,

Chen

Terakhir adalah Chen.  Chen menduduki posisi kedua support paling banyak dipilih para pemain selama TI 11 2022 Regional Qualifier.  Mengutip data dari Liquipedia, Chen dipilih sebanyak 57 kali dengan win rate 59,65%.

Jika melihat dari skill dan hasil update, skill milik Chen berfokus pada penyembuhan dan membuat pasukan dari creeps (baik creep musuh atau neutral creeps).

Walaupun terkena nerf di beberapa skillnya, tapi terdapat beberapa keuntungan dalam bermain hero yang rumit ini.

Keuntungan pertama adalah bisa menjadikan neutral creeps sebagai rekan tim dengan skill keduanya, Holy Persuasion.  Chen bisa menggunakannya untuk farming, split push, hingga mengintai Roshan.

Dengan tambahan Aghanim Shard, Chen bisa merekrut 1/2/3 ancient neutral creeps mengikuti level skill ultimate-nya, Hand of God.  Sedangkan dengan Aghanim’s Scepter, Chen bisa mengorbankan creep yang ia control untuk menyembuhkan teman di seluruh map.

Jika sudah level 25, Chen dapat memilih talent yang membuat Hand of God dapat memberikan strong dispel.  Saat late game, skill tersebut menjadi sangat krusial untuk menghilangkan debuff setiap heroes.

Itulah lima hero support terbaik di Dota 2 Patch 7.32b.  Sebenarnya masih banyak heroes yang dapat menjadi bahan pertimbangan, contohnya seperti Lion, Shadow Shaman, IO, Visage, dan heroes lainnya.  

Tapi kembali lagi pada pernyataan penulis di atas, mulai dari hasil update patch 7.32 dan 7.32 beserta jumlah permainan hero tersebut di The International 11 2022 Regional Qualifier kemarin.

Dari kelima heroes di atas, mana yang kamu suka?

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID