Harga Bitcoin Bisa Capai ATH Kembali Dengan Alasan Ini!

Ilustrasi Kripto

Kamu mungkin semakin ragu dengan harga bitcoin yang tidak jelas beberapa bulan ini. Bahkan beberapa pekan terakhir harga bitcoin anjlok makin dalam. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa harga bitcoin bisa kembali ATH dengan beberapa alasan.

Hal ini merupakan awal yang sulit untuk tahun ini untuk harga Bitcoin, tetapi para ahli masih mengatakan itu akan mencapai ATH kembali dan ini lebih merupakan masalah kapan.

Harga Bitcoin bertahan stabil di bawah $21.000 pada hari Jumat karena investor terus menyelamatkan aset berisiko di tengah ketidakpastian makroekonomi.

Beberapa faktor berkontribusi terhadap meningkatnya kecemasan ekonomi termasuk lonjakan inflasi, pasar saham yang goyah, kenaikan suku bunga, dan ketakutan akan resesi. Pasar crypto semakin mengikuti pasar saham dalam beberapa bulan terakhir, yang membuatnya semakin terkait dengan faktor ekonomi global.

Tanpa akhir yang terlihat, perang, inflasi, dan perubahan kebijakan moneter di AS kemungkinan akan terus mendorong lebih banyak volatilitas dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, kata para ahli.

Pergerakan Harga Bitcoin Selama 2022

 

Harga Bitcoin hanya berada di atas $45.000 untuk beberapa waktu singkat selama enam bulan terakhir, dan belum di atas $50.000 sejak 25 Desember 2021.

Di tengah pasang surut, harga Bitcoin saat ini masih jauh dari harga terbaru. waktu tinggi itu mencapai pada bulan November, ketika melampaui $68.000.

Tetapi bahkan dengan penurunan harga baru-baru ini, harga Bitcoin masih lebih dari dua kali lebih berharga daripada beberapa tahun yang lalu. Untuk Bitcoin, pasang surut semacam ini bukanlah hal baru.

Terlepas dari volatilitas dan harga yang merosot baru-baru ini, banyak ahli masih mengatakan Bitcoin sedang dalam perjalanan untuk melewati angka $ 100.000, meskipun dengan berbagai pendapat tentang kapan tepatnya itu akan terjadi.

Dan sebuah studi baru-baru ini oleh Deutsche Bank menemukan bahwa sekitar seperempat investor Bitcoin percaya bahwa harga Bitcoin akan lebih dari $110.000 dalam lima tahun.

Alasan Harga Bitcoin Bisa ATH Kembali

Faktor ekonomi normal mempengaruhi harga cryptocurrency sama seperti mata uang atau investasi lainnya, penawaran dan permintaan, sentimen publik, siklus berita, peristiwa pasar, kelangkaan, dan banyak lagi.

Sebagai aset baru dan baru muncul, faktor tambahan mempengaruhi nilai dan harga Bitcoin lebih dari mata uang atau keamanan rata-rata. Berikut adalah beberapa:

Kelangkaan

Harga Bitcoin
Whitepaper Crypto

Hanya ada 18 hingga 19 juta Bitcoin yang saat ini beredar, dan pencetakan akan berhenti pada 21 juta. Pakar industri secara konsisten menunjukkan kelangkaan bawaan ini sebagai bagian besar dari daya tarik cryptocurrency.

Adopsi

Harga Bitcoin
Crypto

Salah satu faktor utama yang mendorong kenaikan harga Bitcoin adalah tingkat di mana konsumen baru membeli dan menjelajahi cryptocurrency. 

Adopsi Bitcoin telah meningkat pada tingkat tahunan 113 persen, menurut data dari perusahaan manajemen aset digital CoinShares. Sementara itu, orang mengadopsi internet pada tingkat yang lebih lambat sebesar 63 persen.

Jika orang menggunakan Bitcoin pada tingkat yang sebanding dengan hari-hari awal internet (atau lebih cepat), laporan tersebut menyatakan bahwa akan ada 1 miliar pengguna pada tahun 2024 dan 4 miliar pengguna pada tahun 2030.

CoinDesk melaporkan bulan lalu jumlah dompet baru di seluruh dunia meningkat 45 persen dari Januari 2020 hingga Januari 2021, menjadi sekitar 66 juta. Pertukaran crypto populer Coinbase mengatakan sekarang memiliki lebih dari 73 juta pengguna di seluruh dunia, sementara sesama pertukaran 

Regulasi

Harga Bitcoin
Komunitas Crypto
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Pejabat federal telah menjelaskan dalam beberapa bulan terakhir bahwa mereka memperhatikan crypto. Para profesional industri baru-baru ini menyinggung apa yang orang dalam crypto anggap sebagai peraturan federal “hawkish” menjadi salah satu pendorong utama untuk harga Bitcoin yang tertinggal. 

Regulasi Crypto memunculkan banyak pertanyaan yang belum terjawab. Presiden Joe Biden baru-baru ini menandatangani RUU infrastruktur yang mewajibkan semua pertukaran kripto untuk memberi tahu IRS tentang transaksi mereka.

Demikian pula, Menteri Keuangan Janet Yellen baru-baru ini mengatakan stablecoin, sejenis crypto yang terkait dengan nilai dolar AS, harus tunduk pada pengawasan federal.

Baca juga: Apa Itu Aset Kripto? Simak Ulasan Lengkapnya!

Siklus Mining

Harga Bitcoin
Analisa BTC Juni 2022

Terakhir, pengaruh besar lainnya pada harga Bitcoin adalah siklus yang dikenal sebagai separuh. Ini rumit dan bersifat algoritmik, tetapi pada dasarnya mengurangi separuh adalah langkah dalam proses penambangan Bitcoin yang menghasilkan hadiah untuk transaksi penambangan Bitcoin yang dipotong setengahnya.

Halving mempengaruhi tingkat masuknya koin baru ke dalam sirkulasi, yang dapat mempengaruhi nilai kepemilikan Bitcoin yang ada. Secara historis, separuh berkorelasi dengan siklus boom dan bust. Beberapa ahli mencoba memprediksi siklus ini hingga hari setelah peristiwa separuh berakhir.

Seperti halnya investasi apa pun, perencana keuangan dan pakar lainnya menyarankan untuk tidak membiarkan fluktuasi harga Bitcoin membawa ke pengambilan keputusan yang emosional.

Studi telah menunjukkan investor yang berkontribusi secara teratur ke dana indeks pasif dan ETF berkinerja lebih baik dari waktu ke waktu, berkat strategi yang disebut rata-rata biaya dolar.

Itulah mengapa para ahli merekomendasikan untuk tidak menginvestasikan lebih dari 5 persen dari keseluruhan portofolio sobat Vicigers dalam cryptocurrency, dan tidak pernah berinvestasi dengan mengorbankan tabungan untuk keadaan darurat dan membayar utang berbunga tinggi.

Baca juga: Bitcoin Turun? Jangan Takut, Ini 5 Cara Untuk Menghadapinya!

Jalan menuju kekayaan jangka panjang dan tabungan untuk masa pensiun paling sering berhasil bagi orang-orang dengan investasi terdiversifikasi seperti dana indeks berbiaya rendah, dengan crypto merupakan bagian yang sangat kecil.

Add a comment