Ghost of Tsushima, Menempuh Jalan Samurai

Ghost of Tsushima merupakan game untuk konsol PS4 buatan Sucker Punch Productions dengan tema samurai klasik. Game ini mendapat sambutan hangat dari para gamers di seluruh dunia karena memang masih jarang game-game yang mengambil latar belakang cerita ini. Nah, segera saja baca ulasannya berikut ini.

Ghost of Tsushima_20200628122942

Alur Narasi

Ghost of Tsushima mengisahkan seorang samurai dari klan Sakai bernama Jin Sakai. Ia memiliki misi membendung tentara Mongol yang ingin menguasai desanya. Tentara Mongol itu dibawah kendali Khotun Khan yang bengis dan sangat kuat. Semua samurai dari pulau Tsushima harus mati mempertahankan desanya dan hanya tersisa Jin dan pamannya yang menjadi pemimpin Tsushima yang ditawan tentara Mongol. Jin mengawali petualangannya untuk menyelamatkan desa Tsushima. Jin pun memutuskan menjadi assassin yang sebutannya adalah Ghost.

Ghost of Tsushima menawarkan map open world yang sangat luas dengan ragam alam yang berbeda-beda. Tiap kali pemain memasuki sebuah wilayah tentu bisa menikmati suasana berbeda misalnya cuaca, pergantian siang dan malam, variasi tumbuhan dan hewan termasuk tipe musuh pun lain. Ghost of Tsushima dibuat dengan sangat baik sehingga mampu menghadirkan pengaturan open world yang sangat estetis.

Penjelajahan yang Imersif dengan Guiding Wind

Penjelajahan atau eksplorasi merupakan aktifitas utama pemain dalam Ghost of Tsushima. Penjelajahan yang dilakukan bahkan meliputi seluruh area yang ada di pulau. Game ini meniadakan menu guide dan menggantinya dengan menu seru yang dinamakan Guiding Wind. Menggunakan fitur tersebut pemain dapat melakukan tag lokasi di peta lalu mencoba menemukannya hanya dengan mengikuti angin bertiup. Pemain dapat memanggil angin itu kapan saja supaya berada di jalan yang tepat. Pemain punya keleluasaan untuk menentukan jalur sendiri. Di samping menu Guiding Wind, adakalanya pemain pun menemukan burung yang bisa memandu ke suatu lokasi yang masih asing.

Berbagai lokasi yang dapat dikunjungi misalnya desa, fox den, shrine, pemandian air panas, camp dan juga fort besar yang direbut tentara Mongol. Ghost of Tsushima sukses meramu open world yang seru untuk dieksplorasi. Setiap kali mendatangi berbagai lokasi yang ada dalam peta, pemain tentu  memperoleh hadiah yang cukup menarik. Ghost of Tsushima menghadirkan tiga macam quest terdiri dari Jin’s Journey sebagai quest utama, Tales of Tsushima dan Mythic Quest. Tiap quest yang disediakan betul-betul dibuat secara serius. Sehingga tak cuma fetch quest monoton yang hambar. Pemain akan menjumpai berbagai kejadian yang akan membuat penjelajahan Jin pun makin seru.

Pertarungan Savage

Merupakan game dengan tema samurai, Ghost of Tsushima mencoba menyajikan sistem combat dengan menggabungkan unsur realistis dan action flashy. Tiap serangan yang dilakukan karakter bisa menghasilkan damage mematikan sehingga darah pun berhamburan. Supaya sistem combat bisa berlangsung dengan alami maka tiap kali lawan punya pertahanan kuat yang cuma dapat didobrak bila posisinya stagger. Di momen itu pemain baru dapat mengambil HP lawan untuk kemudian dikalahkan.

Game Ghost of Tsushima pun telah mengaplikasikan Resolve yaitu bar berbentuk bulat warna kuning di atas health bar. Fungsinya untuk memenuhi HP sekaligus mengeluarkan skill khusus. Pemain bisa mengisi Resolve, caranya adalah kalahkan musuh atau mendapatkan serangan mematikan. Pemain dapat meningkatkan ukuran terbanyak Resolve dengan menjalankan Bamboo Cutting atau meng-upgrade level Legend.

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Add a comment