10 Game Strategy Android Terbaik, Wajib Kamu Coba!


game strategiAndroid
Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Bermain game bergenre strategi (strategy) di android merupakan salah satu cara melepaskan penat bagi sebagian orang.  Padahal, game strategi juga memerlukan daya pikir yang lebih.  Tapi tetap saja peminatnya sangat banyak.

Pada artikel kali ini, penulis akan memberikan 10 saran game strategi android terbaik yang bisa kamu coba.  Penasaran dengan rekomendasi dari VCGamers?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: 5 Game Strategi Android Offline Terbaik!

Game Strategy Android

Game Strategy Android

Pada dasarnya, sebuah permainan dibuat untuk bersenang-senang dan melepaskan stress.  Tapi, banyak sekali pemain yang menyukai game bergenre strategi.  Alasannya jelas, karena menyenangkan.

Selain menyenangkan, ternyata bermain game strategi dapat membuat kamu menjadi lebih pintar.  Mengutip dari Techtimes.com, bermain game strategi dapat membuat kamu menjadi pintar, produktif, dan mampu berpikir kritis.

Contohnya saat kamu bermain game perang, kamu tentunya tidak sekedar menembak saja, bukan?  Kamu juga dilatih untuk membuat keputusan supaya kamu dan tim bisa menang.  Bahkan, ada juga game yang mengajakmu melakukan persiapan terlebih dahulu agar tidak salah langkah.

Itulah seninya dari game strategi.  Dan, ternyata, tanpa kalian sadari, banyak sekali permainan strategi di sekitar kita.  Apalagi dengan adanya Smartphone, kamu bisa lebih mengunduhnya dan memainkannya dimana saja.

Salah satu contoh game strategi yang terkenal adalah Mobile Legends. Game tersebut termasuk ke dalam genre real-time strategy.  Kamu harus memutuskan role yang kamu mainkan, kapan harus farming dan war, dan lain-lain.

Kali ini, penulis akan merekomendasikan 10 game strategi lain yang bisa kamu mainkan di HP android kamu.  Inilah ke-10 game tersebut!

Game Strategy Android – Clash of Clans

Game Strategy Android
Gameplay Clash of Clans. Sumber: Supercell.

Clash of Clans atau CoC adalah sebuah game strategi yang populer pada masanya.  Poin utama game ini adalah membuat base terkuat untuk melindungi Town Hall sekaligus membuat pasukan terkuat untuk menghancurkan base musuh.

Di dalam game ini, kamu bisa meng ekspansi lahan kamu, mengupgrade level bangunan, dan membuat pasukan yang unik.  Tiga pasukan yang terkenal dari game ini adalah Barbarians, Naga, dan PEKKA.

Kamu juga bisa masuk ke dalam sebuah clan dan melawan clan lainnya.  Keberadaan clan ini justru membuat sensasi “Clash of Clans” menjadi sangat nyata.

Tapi, game strategi android yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama.  Soalnya untuk meng-upgrade bangunan level tinggi, kamu harus menunggu hingga 1 minggu lebih.

Baca Juga: 5 Strategi Clash Of Clans Untuk Pemula, Catat Ini!

Clash Royale

Game Strategy Android Clash Royale
Gameplay Clash Royale. Sumber: Play Store

Jika kamu ingin memainkan game bernuansa CoC, mungkin kamu bisa mencoba Clash Royale.  Clash Royale adalah game buatan Supercell yang karakternya diambil dari Clash of Clans.

Mekanisme game ini adalah kamu akan berhadapan dengan pemain lain, 1 vs 1.  Setiap pemain memiliki dua Queen Tower dan satu buah King Tower. Misi utama permainan ini adalah menghancurkan tower milik musuh.

Kamu bisa menghancurkannya menggunakan delapan pasukan yang telah kamu pilih sebelum bertanding.  Setiap kartu memiliki tingkat kelangkaan, jumlah pasukan, dan jumlah elixir yang harus kamu keluarkan.

Strateginya terletak dari pemilihan dan penempatan pasukan kamu.  Apakah pasukan yang kamu pilih sudah sesuai?  Apakah bermanfaat untuk menyerang Tower musuh atau menghalangi pasukan musuh?

Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Kartu Clash Royale Terbaik Untuk Tantangan Klasik

Rise of Kingdom

Game Strategy Android Rise of Kingdoms
Gameplay Rise of Kingdoms. Sumber: Play Store

Masih seputar kerajaan, terdapat game yang lebih luas lagi daripada CoC bernama Rise of Kingdom.  Game strategy android ini mengajak kamu melawan pemain dengan area dan jumlah yang lebih luas.

Sebelum bermain, kamu akan menentukan civilization dan komandan utama kamu yang namanya diambil dari panglima perang terbaik di dunia nyata.  Contohnya Roma dengan Julius Caesar, China dengan Sun Tzu, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa meng ekspansi sebuah wilayah dan mengambil sumber daya untuk kebutuhan kamu.  Agar lebih lebih kuat, kamu bisa membuat aliansi dengan pemain lainnya untuk mengekspansi daerah hingga menyerang musuh.

Game Strategy Android – Lords Mobile

Wallpaper dan Gameplay Lords Mobile.

Saat penulis mencari game strategi, Lords Royale muncul sebagai game strategi paling atas di Google Play.  Ya, dibalik iklannya yang sangat banyak bermunculan, Lords Mobile ternyata sangat populer.

Secara garis besar, game ini mirip dengan CoC dan Rise of Kingdom, namun lebih mudah.  Kamu harus membuat pasukanmu dan meng-upgrade komandan utama kamu untuk mengekspansi daerah kekuasaan.

Meski gameplay pada game sedikit berbeda dari game serupa di atas, tapi sensasi game strateginya sangat terasa.

Plants vs Zombie

Gameplay Plants vs. Zombies. Sumber: Steam

Game strategi offline legendaris PC Plants vs Zombie kini hadir di android.  Sejauh ini ada tiga buah seri dari game ini, Plants vs Zombies, Plants vs Zombies 2, dan Plants vs Zombie Heroes.

Intinya, kamu harus menyelamatkan manusia di dalam rumah dari incaran para Zombies menggunakan tanaman.  Bukan sembarang tanaman, tapi tanaman yang memiliki kekuatan.

Secara basic, game ini mirip dengan genre tower defense.  Namun perbedaannya terletak dari gameplay dan kemampuan zombies yang unik.

Setiap stage, kamu hanya bisa memilih delapan tanaman yang ikut bersamamu melawan para zombie.  Nantinya, tanaman tersebut bisa kamu upgrade menjadi lebih kuat.

Hearthstone

Wallpaper HearthStone.

Hearthstone adalah game kartu karya Blizzard Entertainment.  Game kartu satu ini sangat terkenal pada masanya.  Pasalnya, kamu harus mampu membuat deck kartu yang sangat kompleks untuk bisa menang melawan musuh.

Kamu akan bertanding melawan satu pemain secara online.  Siapa yang bisa memberikan sejumlah damage langsung kepada pemain, ialah pemenangnya.

Kartunya pun tidak sembarangan.  Untuk mengeluarkannya, kamu membutuhkan sejumlah Mana.  Jadi, kamu tidak bisa membuat seluruh kartu kamu hadir di satu waktu, ada batasnya.

Setiap deck berisi 30 kartu yang memiliki jumlah Mana dan efek yang berbeda-beda.  Tentunya kamu harus cermat dan berpikir strategis untuk memilih dan mengeluarkan kartu tersebut.

Baca Juga: Cara Chat di Hearthstone, Hanya Memakai Emote?!

Yu-Gi-Oh!

Gameplay Yu-Gi-Oh! Duel Links. Sumber: Steam

This is OG Cards Game.  Siapa yang tidak mengenal Yu-Gi-Oh!, permainan kartu yang melegenda karena komik dan anime Yu-Gi-Oh! karya Kazuki Takahashi.

Banyak sekali versi Yu-Gi-Oh! yang bisa kamu mainkan.  Tapi untuk android, saat ini ada tiga yang bisa kamu coba: Yu-Gi-Oh! Duel Links, Yu-Gi-Oh! Master Duel, dan Yu-Gi-Oh! Cross Duel.

Semua game Yu-Gi-Oh! memiliki kesamaan cara bermain.  Pemain akan melawan musuh menggunakan satu deck kartu yang berisikan 40-60 kartu.  Jenis kartu di Yu-Gi-Oh! dapat dibagi menjadi tiga: Monster, Trap, dan Spell card.

Trap card adalah jenis kartu yang ter-trigger saat musuh melakukan sesuatu. Spell card adalah kartu yang bisa kamu keluarkan kapan saja.  Terakhir monster cards.

Inti dari permainan game ini adalah jika Life Point salah satu pemain mencapai angka 0, maka ia kalah.  Cara paling mudah dan kunci utamanya adalah monster card.

Terdapat beberapa kesulitan dari game Yu-Gi-Oh!.  Setiap kartu monster memiliki sejumlah attack dan defense untuk menyerang ataupun bertahan.

Kemudian, ada yang disebut dengan bintang.  Jika terdapat kartu dengan bintang lebih dari empat, artinya kartu tersebut perlu mengorbankan kartu monster lainnya.

Terakhir adalah efek.  Efek kartu di Yu-Gi-Oh! sangat banyak.  Ada yang bisa menambah Life points, menyerang kartu musuh secara langsung, menambahkan attack dan defense, dan lain-lain.  

Bagi kamu yang penasaran memainkan game Yu-Gi-Oh!, silakan mendownloadnya.  JAngan lupa untuk menulis di kolom komentar tentang pengalaman kamu bermain game yang satu ini.

Game Strategy Android – Marvel Snap

Marvel Snap, Game Strategy Android
Wallpaper Marvel Snap.

Bagi para pecinta Marvel, silakan merapat.  Kali ini ada sebuah game kartu dengan nuansa dunia Marvel bernama Marvel Snap.  Marvel Snap dikembangkan oleh Nuverse yang bekerjasama dengan Marvel.

Game ini merupakan game strategi kartu di android dengan sensasi yang berbeda.  Setiap pertandingan, kamu akan melawan seorang pemain dan dihadapkan dengan tiga buah tempat.  Tujuan dari game ini adalah kamu harus menguasai setidaknya dua tempat untuk bisa menang. 

Lalu, bagaimana caranya?

Ya, mirip seperti bermain game kartu Hearthstone, kamu harus memiliki deck.  Setiap kartu berisikan karakter Marvel dengan power (biru, di sisi kiri) dan energy (oranye, di sisi kanan).  

Power menunjukkan jumlah Power yang harus kamu keluarkan untuk menaruh kartu tersebut di suatu tempat.  Sedangkan energy adalah jumlah energi yang diberikan kartu kepada tempat tersebut. 

Kemenangan kamu di setiap tempat ditentukan oleh jumlah energy.

Satu lagi, sebagian besar kartu dan tempat memiliki efek khusus.  Mulai dari mengurangi power dan energy, memanggil kartu lain, dan masih banyak lagi.  Tentunya game ini akan sangat seru.

Catur

Catur adalah permainan papan berisikan bidak.  Setiap pemain akan bertanding melawan pemain lainnya pada papan berukuran 8 x 8 tiles hitam-putih.  Siapapun yang dapat mengancam raja lawan hingga tidak bisa bergerak, maka ia pemenangnya.

Tentu ini adalah sebuah game klasik tapi mengasah kemampuan.  Masih ingat pertandingan catur antara Dewa Kipas vs Irene yang menghebohkan Indonesia?  atau Magnus Carlsen dan Hikaru Nakamura, pro player catur?

Mereka semua berlatih, mengasah kemampuan berpikir dengan bermain catur.  Mereka bisa sehebat itu catur dapat mengasah kemampuan berpikir kamu menjadi lebih kritis dan berhati-hati.

Di android, game strategi catur ini banyak sekali versi yang bisa kamu mainkan.  Namun, penulis menyarankan tautan yang penulis berikan di atas.

Baca Juga: Chess Free Android, Belajar Permainan Catur Hingga Menjadi Pro

Game Strategy Android – Auto Chess

Auto Chess, game Strategy Android
Seluruh Heroes di Auto Chess. Sumber: Autochess.

Ini adalah opsi bagi kamu yang suka bermain catur, tapi bosan dengan gameplay seperti itu?  Mungkin kamu bisa mencoba game Auto Chess.

Seperti namanya, kamu akan bermain catur tapi dengan bidak yang bergerak sendiri.  Contoh beberapa game dengan genre serupa adalah Magic Chess (mini-game Mobile Legends), Dota Underlords, dan Autochess Moba.

Gameplaynya adalah kamu akan bertarung dengan delapan pemain lainnya memperebutkan juara pertama.  Para pemain harus membeli bidak, menyusun penempatannya, dan meng-upgrade nya.

Setiap bidak memiliki kekuatan masing-masing ketika Mana mereka penuh.  Tidak hanya itu, setiap bidak memiliki sinergi.  Apabila terdapat beberapa heroes berbeda dengan sinergi yang sama, maka sinergi akan aktif dan memberikan buff.

Untungnya, game yang penulis sebutkan di atas memiliki kemiripan skill dengan game acuannya, yaitu Mobile Legends dan Dota 2.  Jika kamu pernah memainkan kedua game tersebut, tentu akan semakin lebih mudah untuk mengerti.

Baca Juga: Auto Chess, Ibu Dari Semua Game Auto Battler

Penutup

Itulah 10 game strategi android versi VCGamers yang bisa kamu coba.  Dengan bermain game strategi, kita tidak hanya bisa menghilangkan penat, tapi juga bisa membuat kita semakin kritis dalam mengambil keputusan.

Jadi, kamu tertarik bermain game strategi seperti apa?

Penuhi kebutuhan game kamu dengan Top-Up melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID