Game Play to Earn, Ini Penjelasan Lengkap dan Contoh Gimnya

Game Play to Earn

Game play to earn nampaknya sudah menjadi topik perbincangan hangat dalam beberapa waktu terakhir seiring dengan meningkatnya popularitas NFT.

NFT atau Non Fungible Token merupakan aset digital yang biasanya berupa karya seni seperti foto, video, teks, dan lain sebagainya. Kepemilikan dari aset tersebut tercatat dengan sistem Blockchain.

Selain dalam bentuk aset digital seperti foto atau video, saat ini NFT juga muncul dalam bentuk sebuah game. Dengan adanya sistem Blockchain memberi kesempatan gamers untuk main game sekaligus melakukan transaksi aset digital.

Oleh sebab itu, muncul sebuah istilah yang berkaitan dengan hal tersebut yaitu NFT Game play to earn.

Buat kalian yang ingin mengetahui lebih dalam tentang NFT Game play to earn, tenang saja karena kami akan mengulasnya mulai dari konsepnya hingga daftar game-nya.

Baca juga: Pemain Pokemon Merapat! Game Terbaru Pokemon Scarlet dan Violet

Sekilas Tentang NFT Game Play to Earn

Karena NFT Game memiliki kaitan dengan konsep play to earn, kalian perlu mengetahui dulu tentang konsep tersebut.

Jika kalian merupakan gamers, konsep play to earn mungkin sudah cukup familiar karena pemain bisa menghasilkan uang. Dengan kata lain, pemain bisa menukarkan aset in-game dengan uang asli atau alat tukar yang lain.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat konsep play to earn ikut berkembang dengan memadukannya bersama teknologi Blockchain.

Istilah yang menggambarkan perpaduan tersebut adalah GameFi yang pertama kali diperkenalkan pada September 2020 lalu. Andre yang merupakan founder Yearn Finance adalah sosok di balik istilah tersebut.

GameFi merupakan gabungan antara permainan dengan finance yang bisa menghasilkan uang berupa cryptocurrency ketika memainkannya.

Jadi, pemain bisa menghasilkan pendapatan dari reward dengan hanya bermain NFT Game play to earn dengan menyelesaikan quest yang berisi berbagai misi.

Baca juga: Rekomendasi Game Tanpa Menyulut Emosi, Anti Batal Puasa!

Cara Kerja NFT Game Play to Earn

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, NFT Game bisa membuat pemainnya menghasilkan pendapatan hanya dengan memainkan game tersebut.

Cara kerja dari NFT Game play to earn cukup rumit karena hal itu merupakan gabungan antara game dengan finance. Jadi, jenis game yang satu ini akan menggunakan NFT sebagai media interaksi pemain, aturan, dan mekanismenya.

Sebagai contoh, karakter dalam sebuah game bisa langsung mewakili pemainnya dalam bentuk avatar unik sebagai NFT.

Selain itu, item digital dalam game berupa karakter dan koleksi lainnya juga bisa menjadi aset NFT. Jadi, pemain tidak hanya menghasilkan uang dari game, tetapi juga bisa melakukan transaksi jual beli NFT dengan pemain lain.

Pemain umumnya akan mendapatkan reward berupa token atau NFT yang bisa dipakai untuk bertransaksi aset digital, beli item in-game, dan menukarnya dengan uang fiat.

Karena GameFi bisa menghasilkan uang kripto, tentu saja kalian yang ingin memainkannya perlu membuat crypto wallet  dulu.

Baca juga: 7 Game Terburuk di Dunia ini Jangan Sampai Kamu Mainkan!

Daftar NFT Game Play to Earn

Kini, sudah banyak bermunculan berbagai NFT Game play to earn yang bisa kalian mainkan. Buat kalian yang penasaran apa saja game-nya, berikut kami berikan daftarnya.

Axie Infinity

Game Play to Earn
Game Axie Infinity

Game yang pertama adalah Axie Infinity yang merupakan game NFT paling populer dengan basis Ethereum yang dibuat oleh Sky Mavis, perusahaan Vietnam.

Axie Infinity merupakan permainan yang memiliki konsep nyaris serupa dengan game Pokemon dengan membentuk sebuah tim bernama Axies. Pemain bisa memakai Axies baik dalam mode Arena atau dalam mode Petualangan.

Pada game ini, kalian bisa memperoleh dua aset kripto yakni Axie Infinity Token (AXS) dan Smooth Love Potion (SLP).

UNtuk mendapatkan AXS, kalian harus masuk ke peringkat PVP game. Sementara itu, kalian juga perlu memainkan mode petualangan dan memenangkan pertandingan tiap levelnya untuk mendapatkan SLP.

Gods Unchained

Game Play to Earn
Game Gods Unchained

Game play to earn berikutnya yang bisa kalian mainkan adalah Gods Unchained yang merupakan permainan berbasis kartu dengan sistem Blockchain.

Sebagai pemain, kalian akan bersaing dengan pemain lain untuk mendapatkan peringkat teratas serta memperoleh kartu berkualitas yang banyak.

Aset in-game yang ada di game ini adalah kartu digital yang bisa kalian dapatkan secara gratis ketika baru memainkannya. 

Namun, seperangkat kartu pertama itu masih belum masuk ke Blockchain karena harus memenangkan persaingan dulu untuk memperoleh Flux. Kemudian, baru kalian bisa mencetaknya di Ethereum dengan duplikat kartu trading dari Flux tadi.

Gods Unchained memiliki mata uang kripto sendiri yang bernama token GODS (token ERC-20). Dengan token tersebut, kalian bisa membuat NFT, membeli item di Gods Unchained Marketplace, dan kesempatan menang banyak hadiah dengan token di Immutable X.

Plant VS Undead

Game Play to Earn
Game Plant VS Undead

Game play to earn selanjutnya adalah Plant VS Undead yang memiliki gameplay pengelolaan lahan pertanian. NFT Game yang satu ini membuat pemainnya bisa mendapatkan penghasilan berupa aset kripto Light Energy.

Tak jauh beda dengan aset kripto yang lain, token LE bisa jadi alat transaksi di decentrelized exchange (DEX). Selain itu, aset ini juga bisa berubah menjadi mata uang PVU.

Kalian akan bermain seperti kegiatan bertani pada umumnya serta menjalankan misi harian untuk bisa mendapatkan token LE. 

Tak cuma itu, kalian juga bisa menjual NFT plant di Marketplace dengan harga 10 token PVU untuk yang umum. Sedangkan yang langka akan dijual dengan harga di atas 100 token PVU.

Baca juga: Rekomendasi Game Action Android 2022, Gratis!

Illuvium

Game Play to Earn
Game Illuvium

Illuvium menjadi game play to earn lainnya yang bisa kalian coba dengan gameplay pertempuran yang seru. Game NFT ini merupakan permainan Open World RPG 3D di Blockchain Ethereum.

Pemain yang berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik akan mendapatkan reward berupa aset kripto bernama token ILV.

Game ini memiliki aset digital berupa NFT Illuvial yang merupakan karakter dengan kemampuan yang berbeda. Pemain bisa meng-upgrade kemampuannya agar bisa meraih kemenangan.

Selain itu, pemain juga bisa melakukan jual beli NFT Illuvials dan item in-game yang lain layaknya Game NFT pada umumnya.

Decentraland

Game Play to Earn
Game Decentraland

Game play to earn lainnya yang juga berjalan di sistem Blockchain Ethereum adalah Decentraland yang merupakan permainan kripto virtual 3D.

Para pemain nantinya bisa mengeksplor daratan, membuat avatar, serta membuat konten unik sesuai dengan keinginan mereka. Tak cuma itu, pemain juga akan memakai koin MANA untuk bertransaksi di game.

Menariknya, game kripto virtual 3D ini menyuguhkan gameplay berupa Virtual Reality (VR) dengan kualitas grafis yang tinggi. Ini tentunya jadi hal yang menarik perhatian publik mengingat teknologi Metaverse juga mulai populer.

The Sandbox

Game Play to Earn
Game The Sandbox

Selain Decentraland, game dengan suguhan Virtual Reality (VR) yang lain adalah The Sandbox yang juga merupakan NFT Game play-to-earn.

Game yang bergerak di dunia Metaverse Blockchain ini memakai token utilitas SAND yang bisa digunakan untuk bertransaksi. The Sandbox memiliki lahan yang terbatas yakni sebesar 166.464 lands, sehingga butuh biaya lagi untuk meningkatkannya.

Cara paling ampuh untuk bisa mendapatkan penghasilan dari game NFT ini adalah dengan melakukan penukaran Land dan objek lain. Selain itu, cara yang lain tentu saja dengan menyelsaikan misi.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!