Daftar Game Plagiat yang Tidak Banyak Orang Tahu

Mobile Legends Digugat

Tahukah kamu ternyata ada beberapa game plagiat yang tidak banyak orang tahu. Game tersebut meniru game terkenal yang sudah ada sebelumnya.

Game sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh orang-orang saat ini. Meski tidak hanya sekedar kesenangan, bermain bagi sebagian orang kini menjadi aktivitas wajib yang dilakukan setiap hari. kurang dari sehari tanpa permainan.

Apalagi sekarang gamenya bukan sekedar main-main, tapi juga berkelompok, dengan teman-teman. Jadi saat sedang bersama teman, salah satu aktivitas yang perlu dilakukan adalah bermain.

Semakin banyak orang yang suka bermain, begitu pula para pengembang game, membuat banyaknya game yang tersedia saat ini, terutama di sistem operasi Android.

Ada beberapa game yang tidak menarik perhatian orang, tetapi ada juga banyak game plagiat yang dapat menarik perhatian orang dan menjadi game paling populer. Tapi ada permainan yang harus dihindari, ini adalah game plagiat. Berikut adalah 5 game plagiat yang tidak boleh kamu coba mainkan.

Daftar Game Plagiat 2022

Membuat game tidak pernah mudah, dan bagi pencipta, game yang dia buat adalah pekerjaan yang dia kerjakan dengan keras. Seperti di bidang lain, seperti musik, film, buku, dan karya lainnya, tentu saja tidak baik membuat game plagiat.

Meskipun ini dapat merugikan mereka yang takut membuat game original dari konsekuensi ide dan penelitian mereka, mereka mungkin tidak membutuhkan waktu lama. VCGamers sudah merangkum lima game plagiat yang mungkin tidak kamu sangka.

Fortnite (PUBG)

Game Plagiat
Major

Perdebatan mengenai 2 game Battle Royale terbesar di dunia antara Fortnite dan PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG sudah berlangsung lama. Meski pertama kali muncul, popularitas PUBG hanya sebatas benua Asia.

Fortnite, yang meniru dan mengubah PUBG, lebih sukses di seluruh dunia. Kejuaraan eSports Fortnite tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu liga eSports terbesar dengan audiens yang tidak lebih kecil dari Dota 2. Fortnite diduga menjadi game plagiat yang meniru PUBG.

Mobile Legends (LOL)

Game Plagiat
Mekanik Mobile Legends (Sumber: GGWP.ID)

Beberapa tahun yang lalu, ada masalah yang terpaksa ditutup oleh Mobile Legends. Alasan permainan diumumkan di pengadilan adalah plagiarisme. Riot Games tidak terima jika game MOBA mereka, League of Legends, akan ditiru sepenuhnya oleh Mobile Legends.

Selain itu, Mobile Legends mampu sukses dalam waktu singkat. Tencent, perusahaan induk dari Riot Games, juga terlibat. Akibatnya, Moonton selaku developer Mobile Legends harus membayar denda sebesar $2,9 juta kepada Riot Games akibat menjadi game plagiat.

Saint Row (GTA San Andreas)

Game Plagiat
Trevor Philips (Sumber: Gamexran)
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Kamu mungkin masih bingung mengapa Saint Row ada dalam daftar. Jika kamu melihat kembali debut Saint Row yang pertama, kamu akan melihat konsep permainan yang sama persis dengan GTA San Andreas dengan tema gangster.

Nah, itulah konsep yang dibawa Saint Row dalam debutnya, dimana mekanismenya sama dengan kontrol teritorial seperti di GTA San Andreas dan masuk dalam daftar game plagiat ini.

Karena konsepnya sama, mereka tidak akan memecahkan angka tinggi sebagai hasil dari penjualan game, karena mungkin pemain masih percaya GTA San Andreas sebagai game bertema gangster.

Ketika mereka mengetahui debut mereka yang gagal, akhirnya setelah Saint Row mengerjakan ulang pengembang dan konsep, mereka segera memperkenalkan elemen baru, seperti alien dan senjata alien, yang sekarang tersedia di Saint Row kelahiran asli.

Tattoo Assassins (Mortal Kombat)

Game Plagiat
Mortal

Siapa yang Tidak Bisa Mortal Kombat? Game tarung yang pertama kali dirilis pada tahun 1992 ini menjadi favorit para pemain yang menyukai game punch. Game ini memiliki konsep yang menarik dan game ini sangat original karena dibuat oleh orang sungguhan, jadi tidak menantang.

Dan ternyata di tahun 90-an banyak sekali kloningan game di fighter ini. Namun, ada satu permainan yang tampaknya menjadi yang terburuk dari semua klon, dan itu adalah Tattoo Assassins.

Gamenya terkesan dibuat asal-asalan, dimana tidak ada sound effect yang jernih, visual effect yang ada dimana-mana dan gameplaynya juga tidak menyenangkan.

Baca juga: 5 Gamer League of Legends Terbaik Sepanjang Masa

Mole Kart (Simulasi Mario Kart)

Game Plagiat
Mario

Kamu semua tahu game Nintendo yang legendaris, Mario Kart. Dibangun dengan konsep yang menarik, ternyata memungkinkan developer untuk terlibat dalam membuat game dengan konsep dan elemen yang sama, hanya namanya yang sedikit berbeda yaitu Mole Kart.

Meski merupakan tiruan dari Mario Kart, game ini sebenarnya memiliki satu jam di platformnya, yaitu mobile. Dan dengan percaya diri, developer merilis sekuel terbarunya yang berjudul Mole Kart 2 Evolution, namun dengan fitur-fitur baru yang sudah menjadi ciri khas Mole Kart. Apakah kamu pernah berkonversi?

Meskipun diketahui bahwa game ini meniru Mario Kart, game ini memiliki audiensnya sendiri untuk platform seluler. Pengembang yang menciptakan Mole Krt juga membuat sekuel game, Mole Kart 2.  Evolution, tetapi dengan penambahan elemen baru dengan fitur gaya Mole Kart mereka sendiri.

Baca juga: 5 Game Multiplayer Terbaik Untuk Dimainkan Juni 2022

Sekarang ada beberapa permainan yang terkenal curang atau meniru permainan hebat yang telah terbukti sukses di bidang perjudian. Nah, bagaimana menurut kalian dengan game plagiat di atas? Tulis ya di kolom komentar.

Add a comment