Galaxy A42 5G, Pelengkap Galaxy A Series Dari Samsung – Part 3

Galaxy A42 5G, Pelengkap Galaxy A Series Dari Samsung

Baca sebelumnya: Galaxy A42 5G, Pelengkap Galaxy A Series Dari Samsung – Part 2

Spesifikasi singkat Samsung Galaxy A42 5G

  • Performa dan software

Mungkin kelemahan terbesar dari Samsung Galaxy A42 5G adalah HP ini dalam posisi default-nya masih menggunakan Android 10 dan One UI 2.5. Kamu dapat segera meningkatkannya ke Android 11 dan One UI 3.1 jika kamu membelinya hari ini, karena update terbaru sudah resmi di rilis oleh Samsung.

Didukung oleh Snapdragon 750G dari Qualcomm dan 3 varian RAM 4GB/6GB/8GB. HP ini terlihat masih mumpuni untuk di kelasnya.

Terlebih Galaxy A42 5G juga sudah memiliki penyimpanan internal yang cukup besar 128GB, serta didukung teknologi UFS 2.1, bukan yang terbaru memang, tapi ya lumayan lah!

Setidaknya HP ini masih lebih baik dari Galaxy A52 yang masih memakai Snapdragon 720G, walaupun untuk varian Galaxy A52 5G, prosesor yang digunakan adalah sama, Snapdragon 750G.

galaxy a42 5g
Galaxy A42 5G, Sumber: GSMArena
  • Konektivitas dan sensor-sensor

Konektivitas dan sensor-sensor pada HP ini juga dapat dikatakan sudah cukup lengkap untuk HP sekelasnya. Sensor seperti fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, dan kompas turut hadir melengkapi HP ini.

Konektivitas yang ditawarkan juga sama seperti smartphone Samsung kelas mid-range pada umumnya, seperti Wifi, bluetooth 5.0, GPS, NFC, FM Radio, USB Type-C 2.0.

HP ini punya NFC? Iya, untungnya Samsung membenamkan fitur ini pada Galaxy A42 5G. Tapi ya percuma, toh HP ini tidak keluar resmi di Indonesia kan?

Jadi sebenarnya kita di Indonesia, tidak didukung Samsung dengan varian 5G pada Galaxy seri A terbaru. Galaxy seri A terbaru di Indonesia hanya diisi dengan varian 4G, sepertinya Samsung seperti menyuruh kita, kalau mau beli HP 5G, silahkan pilih S/Note series.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!