Simak! Gaji Pro Player ML di Indonesia, Melebihi UMR!

Gaji Pro Player ML

Perkembangan esports di Indonesia sangat pesat, terbukti dengan banyaknya turnamen dengan skala nasional hingga internasional. Pemain profesional yang mengikuti turnamen-turnamen tersebut bisa tergolong sebagai seorang atlet. Seperti atlet olahraga lainnya, mereka juga memiliki gaji yang setara dengan performa masing-masing atlet. Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai gaji pro player ML atau Mobile Legends, khususnya di Indonesia.

Atlet esports Mobile Legends sangatlah terkenal. Menjadi atlet atau pro player esports juga telah menjadi impian bagi banyak masyarakat khususnya kalangan pemuda pemudi Indonesia.

Tidak hanya olahraga fisik lainnya, kini bermain game sudah menjadi karir yang umum terjadi. Perkembangan esports telah menghasilkan banyak organisasi esports, sehingga lapangan pekerjaan bagi pro player juga terbuka lebar.

Namun, banyak juga yang gagal menjadi pro player. Meskipun menjadi atlet pada umumnya bisa mendapatkan gaji yang tinggi, menjadi atlet dalam sebuah cabang olahraga sangat sulit, khususnya menjadi atlet esports.

Kesulitan menjadi atlet esports terjadi karena banyaknya kompetisi. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki hobi dan talenta yang luar biasa mengenai sebuah game yang menjadi cabang olahraga esports.

Baca Juga: Simak! Ini Cara Menjadi Pro Player Mobile Legends!

Pro Player Mobile Legends

Pro Player ML
MPL. Source: Kompas.com

Bila Vicigers memiliki cita-cita menjadi pro player khususnya pro player ML, Vicigers harus berusaha sekuat tenaga dan mengorbankan banyak hal seperti waktu untuk menjadi atlet yang terbaik. Pengorbanan tersebut tidak akan sia-sia, mengingat tunjangan pro player yang memuaskan, salah satunya adalah gaji.

Pro player ML adalah pemain Mobile Legends yang menekuni profesinya sebagai atlet, mengikuti turnamen dengan skala nasional hingga internasional. Pro player tersebut memiliki talenta dan skill yang melebihi pemain Mobile Legends lainnya sehingga ia bisa mengikuti turnamen-turnamen tersebut.

Tentunya, pro player tersebut bermain untuk organisasi atau tim esports. Organisasi tersebutlah yang memberikan gaji terhadap pro player tersebut. Untuk nominal gaji, semuanya bergantung kepada organisasi yang memberikan gaji tersebut.

Baca Juga: Biodata RRQ Clay, Pro Player Muda Berprestasi

Gaji Pro Player RRQ

RRQ Hoshi
RRQ Hoshi. Source: HiTekno

Pada tahun 2021, Andrian Pauline sebagai CEO organisasi esports bernama Rex Regum Qeon atau RRQ angkat bicara mengenai gaji atlet esports Mobile Legends yang bermain untuk RRQ. Ia mengatakan bahwa gaji atlet esports Mobile Legends khususnya atlet RRQ sekitar 300 dollar hingga 6,000 dollar.

Gaji tersebut tergolong tinggi, sesuai dengan kemampuan dan performa atlet esports tersebut. Namun, kisaran gaji tersebut bukanlah kisaran untuk semua organisasi esports Mobile Legends Indonesia.

Setiap organisasi esports Indonesia memiliki kebijakannya masing-masing. Namun, Andrian Pauline sebagai CEO RRQ mengatakan bahwa gaji minimal atlet esports adalah sebatas UMR, karena hal tersebut adalah peraturan dari pemerintah Indonesia.

Pemain profesional Mobile Legends fokus terhadap kejuaraan dan turnamen untuk menjunjung tinggi nama organisasi atau tim. Maka dari itu, gaji yang tersedia juga sesuai dengan kejuaraan atau prize pool.

Selain kejuaraan, atlet esports juga mendapatkan gaji dari sponsor dan kontrak dengan organisasi esports mereka. Jadi, pemain profesional Mobile Legends akan fokus terhadap latihan untuk menjuarai banyak turnamen untuk membanggakan nama tim sekaligus mendapatkan gaji yang lebih. Semakin handal dan semakin banyak kerjuaraan yang diperoleh, semakin banyak juga gaji yang didapat.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Menurut RRQ Xinn, gaji paling kecil untuk pemain profesional MPL Indonesia adalah 7 juta rupiah. Berbeda dengan pemain MDL Indonesia, yang memiliki gaji terkecil sebesar 3 hingga 4 juta rupiah.

Namun, banyak kasus yang menunjukkan bahwa pemain profesional Mobile Legends tidak hanya mendapatkan gaji dari kejuaraan. Banyak juga yang mendapatkan gaji dari menjadi pemain profesional sekaligus influencer atau content creator Mobile Legends. Yuk simak perbedaannya di bawah ini!

Baca Juga: Perjalanan Karir Kayess Tiktok, Gamer Cantik Nih Bro!

Gaji Pro Player dan Influencer ML

Jess No Limit
Jess No Limit. Source: SKOR.ID

Tidak sedikit pro player yang juga menekuni karirnya sebagai pembuat konten Mobile Legends melalui social media. Melalui statusnya sebagai pemain profesional, mereka membuat konten hiburan hingga edukasi sehingga memiliki pengikut atau followers setia.

Pemain profesional sekaligus influencer tidak hanya fokus untuk menjuarai berbagai turnamen, tapi juga fokus untuk membuat konten Mobile Legends. Tentunya, pemain profesional tersebut membuat konten untuk pasar Mobile Legends melalui banyak media sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan lain-lain.

Salah satu pemain profesional yang juga menjabat sebagai influencer adalah Jess No Limit. Ia awalnya adalah pemain profesional untuk EVOS Esports. Kini, ia telah pensiun sebagai pemain profesional dan menjadi Influencer ML.

Gaji pemain profesional dan influencer juga beragam. Semuanya bergantung terhadap kebijakan tim dan pendapatannya dalam menjalani pembuatan konten untuk target pasar. Semakin banyak pengikut, sponsor, dan subscribers, semakin banyak juga gaji untuk influencer tersebut.

Pro dan Kontra

Pro Player ML
Pro Player ML. Source: IndoEsports

Menjadi atlet profesional esports khususnya Mobile Legends bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya dedikasi dan pengorbanan yang luar biasa untuk menjadi atlet profesional Mobile Legends.

Tentunya, semua pengorbanan akan terbayar bila berhasil menjadi atlet esports Mobile Legends. Cita-cita tersebut menjadi hal yang umum dimiliki oleh pemain muda Mobile Legends.

Kelebihan menjadi pemain profesional Mobile Legends adalah memiliki gaji yang tinggi. Selain itu, atlet profesional Mobile Legends juga pastinya memiliki sponsor dan kontrak yang menjamin tunjangan dan gaji pro player tersebut. Terlebih mereka bisa melakukan hal yang menjadi passion mereka dan dibayar untuk itu.

Namun, kontranya adalah latihan yang sangat intens dan tekanan yang tinggi untuk mendapatkan juara. Jadi, atlet esports pastinya mendapat tuntutan untuk mendapatkan hasil dalam banyak kejuaraan dan bila mereka gagal, mungkin pemain lain akan menggantikannya.

Demikian pembahasan tentang gaji pro player Mobile Legends. Untuk kebutuhan top up diamond Mobile Legends, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Banyak promo dan cashback lho!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID