Ga Bisa Kontrol Recoil? Cobain 4 Best Tips Ini!

no recoil

Pengaturan Setting

Kemenangan sobat gamers pada in game PUBGM (Player Unknown’s Battleground Mobile) sangat dipengaruhi oleh kemampuan untuk mengontrol recoil. Recoil sendiri merupakan efek yang muncul pada saat kita melakukan tembakkan sehingga menghasilkan hentakan.

Hentakan tersebut mengakibatkan menurunnya akurasi bidikan sobat gamers sehingga arah tembakkan menjadi goyang. Oleh sebab itu, untuk mengurangi efek recoil yang dihasilkan saat menembak, sebelum mulai bermain alangkah baiknya melakukan pengaturan setting.

Pengaturan setting ini akan berbeda-beda pada setiap orang karena mereka mempunya preferensi tersendiri dalam pengaturan tersebut. Pengaturan setting PUBG Mobile yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut:

Setting Camera

Pengaturan ini digunakan untuk mengatur kecepatan arah sudut pandang saat player menggunakan scope dan tidak dalam posisi menembak yang tentunya ini mempengaruhi goyang atau tidaknya tembakan kalian. Semakin tinggi nilai scope maka semakin rendah sensitivitas nya dan semakin cepat gerakan player dalam membidik target secara akurat.

3rd Person No Scope120%1st person No scope 115-120%
Red Dot, Holographic, Aim Assit50-65%2x scope30-36%
3x Scope20-29%4x ACOG Scope, VSS14-18%
6x Scope10-12%8x scope10-12%

Setting Camera Sensitivity (Free Look)

Camera Sensitivity bermanfaat saat player menggunakan mode Free Look atau saat player menggeser arah pandang dalam keadaan tidak membidik atau menggunakan scope. Sensitivitas yang tinggi akan meningkatkan kecepatan player dalam mengubah arah sudut pandang.

3rd Person Camera110-120%
1st Person84-100%
Camera 110-120%

Setting ADS Sensitivity

Aim Down Sight (ADS) Sensitivity digunakan untuk mengontrol recoil saat player menembak sehingga dapat membantu player menembak dengan cepat secara akurat dari jarak dekat. Semakin tinggi nilai sensitivitas maka semakin tinggi pula kontrol terhadap recoil

3rd Person No Scope120%1st Person No Scope104-115%
Red Dot, Holographic, Aim Assit60-88%  2x Scope  35%
3x Scope30%4x ACOG Scope, VSS20-40%
6x Scope20-23%8x Scope12-15%

Setting Gyroscope

Gyroscope berfungsi untuk mengatur gerakan kursor atau smartphone dan mengubahnya menjadi gerakan dalam game sehingga players bisa mengubah arah tembakan dan menahan recoil melalui sensor gerakan dari perangkat. 

Namun setting gyroscope ini hanya bisa dilakukan pada smartphone atau android yang dilengkapi dengan sensor gyroscope saja.

3rd Person No Scope220-300%1st Person No Scope220-300%
Red Dot, Holographic, Aim Assit300%  2x Scope  300%
3x Scope165-300%4x ACOG Scope, VSS125-235%
6x Scope60-105%8x Scope45-90%

Tips Anti Recoil saat Menembak

Setelah melakukan pengaturan setting seperti pada contoh di atas, berikut ada beberapa tips yang dapat sobat gamers coba agar saat menembak tidak goyang. Berikut tipsnya!

Pilihlah senjata yang tepat

Pilihan senjata yang tepat dapat disesuaikan berdasarkan jenis peluru. Di dalam PUBG terdapat 4 jenis peluru. Pertama, ada senjata jenis peluru berwarna coklat yang berdiameter 7,62 mm. AKM dan M762 cocok untuk jenis peluru ini yang memiliki potensi recoil sangat besar.

Kedua, senjata dengan peluru berwarna hijau berdiameter 5,56 mm dengan tingkat recoil tidak begitu besar namun memiliki damage yang tak kalah besar dengan peluru coklat. Jenis senjata yang menggunakan peluru ini yaitu M416, QBZ, dan Scars-L.

Ketiga, senjata dengan jenis peluru berwarna oranye yang berdiameter 9mm. Peluru ini digunakan untuk senjata SMG seperti Vektor dan Byzon. Terakhir, jenis peluru berwarna putih biru dengan kode peluru 45 ACP untuk Tommy Gun dan pistol.

Pahami metode tembak senjata

Sebelum menentukan item atau attachment apa yang cocok digunakan sebagai anti recoil, sobat gamers harus memahami terlebih dahulu dengan mode tembak yang ada di PUBG. Setiap senjata memilikimodetembak berbeda-beda yang dapat mempengaruhi tingkatan recoil.

Terdapat beberapa mode tembak untuk senjata diantaranya mode single atau mode sekali tembak, mode burst yaitu mode 3 kali tembakan contohnya M16, dan terakhir ada mode auto yaitu mode tembakan bertubi-tubi. Senjata yang memiliki mode auto antara lain AKM, M416 dan AUG. Mode tembakan auto sendiri memiliki tingkatan recoil yang paling tinggi

Pilih item atau attachment yang cocok

Untuk mengatasi recoil, ada beberapa item pelengkap senjata seperti grip, compensator, dan stock bisa yang sobat gamers gunakan. Ada beberapa pilihan grip seperti foregriphalf gripthumb grip, vertical foregrip, dan light grip.

Namun di antara semuanya, vertical foregrip lah yang paling cocok digunakan untuk mengurangi recoil. Untuk compensator sendiri tersedia beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan jenis senjata.

Sedangkan untuk saat ini tactical stock adalah stock yang paling cocok digunakan untuk mengurangi recoil, tentunya digunakan untuk senjata yang membutuhkan stok jenis tersebut.

Gunakan scope yang sesuai

Jika player memilih scope yang kurang tepat dengan kebutuhan jenis senjata, maka hal tersebut akan membuat senjata menembak tak terkendali ke berbagai arah. Oleh sebab itu, sangat penting menyesuaikan jenis senjata dengan jenis scope nya.

Senjata yang memiliki tingkat recoil tinggi saat menembak jarak jauh cocok dipasangkan dengan scope yang memiliki kemungkinan recoil yang rendah Misalnya AKM dengan red dot atau holo sight.

Baca Juga : Musuh Prone di PUBG Mobile? Lawan Dengan 5 Best Tips Ini!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!