FUD Adalah: Definisi, Perbedaan dengan FOMO, dan Cara Menghindari


fud adalah dalam kripto

FUD adalah istilah yang cukup banyak digunakan dalam investasi kripto (cryptocurrency). Istilah ini banyak digunakan bahkan dijadikan bahan untuk menjadi meme kripto.  

Apa kepanjangan dari FUD dan kapan istilah ini bisa digunakan? Simak selanjutnya penjelasan dari FUD adalah untuk kripto.

Baca Juga: Aplikasi Kripto Tercatat di Bappebti, Cocok untuk Pemula!

Definisi FUD

definisi fud adalah
Definisi FUD Adalah: Fear, Uncertainty, Doubt (source: iStock)

FUD adalah singkatan dari tiga kata yaitu fear (Ketakutan), uncertainty (ketidakpastian), dan doubt (keraguan). Istilah ini terkenal pada dunia aset dan market, dan semakin diketahui semenjak sering digunakan pada investasi kripto.

FUD menurut Zipmex mengacu pada pola pikir pesimisme umum tentang aset atau pasar tertentu yang tercipta dari manipulasi emosi investor atau konsumen sehingga pihak yang dirugikan menyerah pada FUD.

FUD dalam investasi aset dan kripto memiliki definisi yang cukup berbeda. Ketika investor berbicara tentang FUD di kripto, hal tersebut  akan  mengacu pada rumor dan hype yang menyebar melalui media (dan media sosial).

Hal ini jika investor tidak bijak akan mendorong keputusan investor tersebut. Sehingga, akan mengambil langkah impulsif dan seringkali tidak rasional.

Dalam kripto, FUD mengacu pada 2 hal yaitu:

  • Untuk menyebarkan keraguan tentang token atau proyek tertentu dalam upaya untuk memanipulasi harga ke bawah.
  • Skeptisisme dan sinisme umum tentang kripto sebagai kelas aset, dan berita/peristiwa terkait. Bahkan desas-desus tentang peristiwa negatif yang mungkin terjadi dapat menghasilkan FUD.
Baca Juga: Apa itu Rasio Likuiditas? Definisi dan Jenis Harus Diketahui!

Perbedaan Antara FUD VS FOMO

fud adalah vs fomo
Perbedaan FUD dan FOMO dalam Kripto (source: iStock)

FUD dan FOMO kerap disangkut pautkan dalam kripto. FOMO merupakan kara Fear Of Missing Out, adalah istilah yang digunakan di dunia kripto yang banyak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

FOMO biasanya mengacu pada pemula yang hanya ingin memperdagangkan aset kripto karena rasa ingin tahu atau hanya ikut-ikutan membeli/ menjual aset yang lagi hype.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Investor yang mengalami FOMO biasanya memiliki perasaan untuk mengikuti apa yang dilakukan orang lain. Hal itu didasari dari rasa takut ketinggalan, terutama merasa harga salah satu koin akan naik.

Sedangkan FUD adalah opini menggiring yang dapat mempengaruhi trader dan investor secara emosional. 

Sehingga, menimbulkan rasa ragu atau berubah pikiran tentang strategi dan rencana yang sudah digunakan untuk berinvestasi kripto.

Baca Juga: Penipuan Rug Pull Adalah: Definisi, Jenis, dan Tanda-Tanda

Cara Menghindari FUD

cara terhindar dari fud dalam kripto adalah
Beberapa Cara Terhindar dari FUD Kripto (source: iStock)

Menetapkan Tujuan Investasi Kripto

Sebelum kamu melakukan investasi kripto, kamu harus memiliki tujuan pasti dan lengkap seperti tanggal, tujuan, dan lainnya.

Sehingga, ketika dihadapkan dengan informasi FUD atau FOMO, kamu sudah bisa mempertimbangkan tindakan yang dihasilkan dari berita ini berdampak untuk investasi dan tujuan kamu. 

Membangun Strategi Trading

Strategi trading umumnya melibatkan menentukan stop loss, entry point, target sell point, jumlah modal, dan lainnya.

Dengan menetapkan strategi trading yang tepat sebelum kamu berinvestasi, kamu tidak akan mudah goyah dengan informasi yang simpang siur dan terkait dengan FUD atau FOMO. 

Update Informasi dari Sumber Terpercaya

Kamu harus tetap update dengan perkembangan informasi terkait kripto. Pilihlah sumber informasi yang terpercaya, mempunyai verifikasi dan reputasi yang baik.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID