Mengenal Flag Pattern: Definisi, Karakteristik, dan Jenis


Flag Pattern

Trader Crypto pastinya memiliki jenis pola yang digunakan untuk mengidentifikasi kemungkinan tren pasar. Salah satu jenis pola terrsebut adalah flag pattern.

Flag pattern merupakan salah satu jenis pola yang terkenal di kalangan trader crypto. Terdapat dua jenis pola flag pattern, yakni bearish dan bullish.

Kali ini, VCGamers akan membahas definisi lengkap flag pattern, karakteristik, dan dua jenis pola tersebut.

Baca Juga: Inilah Pengertian Dao Crypto dan Cara Kerjanya

Definisi Flag Pattern dalam Crypto

Definisi Flag Pattern
Contoh Pola Bendera. Sumber: Programming Insider

Pola pada grafik pergerakan harga pada pasart crypto adalah definisi flag pattern. Pola ini banyak trader crypto gunakan untuk melihat kemungkinan atau tren yang akan terjadi pada pasar.

Jenis pola ini mirip dengan bendera atau tiang bendera sesuai dengan namanya. Bagian bendera merupakan indikasi terhadap adanya pembalikan harga yang drastis.

Selain itu, bagian tiang bendera akan mengidentifikasikan tren pergerakan harga dalam jangka waktu yang relatif sebentar atau singkat.

Melalui pattern atau pola tersebut, trader bisa membaca tren pasar dan tahu kapan waktu yang tepat untuk masuk dalam pasar saat tren sedang berlangsung.

Baca Juga: Cara Membaca Candlestick Crypto Untuk Trader Pemula

Karakteristik

Karakteristik Flag Pattern
Ilustrasi Flag Pattern. Sumber: YouTube/The Trading Channel

Trader crypto akan mudah mengenali flag pattern karena pola ini cukup jelas bentuknya. Terdapat 5 hingga 20 candlestick yang akan memberikan representasi tren di pasar.

Pola bendera ini kemudian memiliki lima karakteristik. Karakteristik tersebut pertama adalah tren sebelumnya yang sedang berlangsung.

Kedua, terdapat periode konsolidasi dan karakteristik ketiga adalah titik pembalikan harga.

Selain itu, terjadinya breakout grafik harga dan terakhir akan ada konfirmasi mengenai harga bergerak ke arah seperti breakout.

Baca Juga: Fakeout Artinya Gagal Terjadi, Begini Penjelasannya di Crypto

Jenis Flag Pattern

Jenis Flag Pattern
Dua Jenis Pola Bendera. Sumber: beanfxtrader.com

Terdapat dua jenis pola bendera yang berbeda yakni bullish dan bearish. Perbedaannya adalah bullish merupakan pattern tren harga naik dan bearish merupakan pattern tren harga turun di pasar.

Dua jenis pola tersebut memiliki struktur yang mirip namun arah dan pola volume transkasi keduanya berbeda.

Pola bendera bullish merupakan pola yang menunjukkan bahwa tren harga akan meningkat.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Terdapat lebih banyak tekanan buy yang menggerakkan harga naik. Momentum di pasar juga akan terus meningkat.

Bendera pada jenis Bullish memiliki bentuk persegi panjang mengarah horizontal. Namun, sering juga berupa miring ke bawah dari tren yang sedang berjalan.

Varian lain dari Bullish ini merupakan Bullish Pennant yang merupakan konsolidasi berupa bentuk segitiga yang simetris.

Berbeda dengan Bullish, Bearish pattern merupakan pola yang memberikan petunjuk bahwa terdapat tren yang turun pada harga di pasar.

Ketika harga memiliki tren yang turun, pola bendera bernama bearish ini akan menunjukkan konsolidasi lambat yang cukup tinggi setelah tren yang menurun secara agresif.

Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat tekanan jual yang lebih banyak yang menggerakkan harga turun. Momentum juga akan lanjut dalam tren turun.

Demikian pembahasan singkat mengenai flag pattern atau pola bendera.

VCGamers telah merilis aset crypto dengan nama $VCG Token yang beroperasi pada jaringan Ethereum (ERC 20) dan Binance Smart Chain (BEP 20).

$VCG Token sudah terdaftar secara resmi di Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Kementerian Perdagangan RI sebagai aset kripto yang diperdagangkan di pasar fisik aset crypto.

Saat ini, $VCG Token sudah listing di berbagai CEX atau Centralized Exchange dan DEX atau Decentralized Exchange yakni Pancakeswap, Uniswap, BitMart, dan Indodax.

Tidak hanya itu, $VCG Token menjadi mata uang resmi dalam metaverse pertama di Indonesia yakni RansVerse dengan kolaborasi VCGamers, RANS Entertainment, Shinta VR, dan UpBanx.

Ikuti terus Update $VCG Token hanya di VC News.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID