Harus Pilih 1, First Media VS Indihome Bagus Mana Sih? Part 1

First Media VS Indihome

Sudah jadi rahasia umum, kedua provider internet kabel ini adalah yang memiliki cakupan area paling luas di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. First Media vs Indihome, kira-kira kamu bakal pilih yang mana nih? Seandainya kamu terjebak antara kedua pilihan provider internet tersebut.

Bukan hanya di luar Ibukota DKI Jakarta, namun di DKI Jakarta sendiri, banyak daerah-daerah yang terjebak dengan hanya dua provider ini. Tidak ada opsi lain, provider internet kabel lain, yang ada hanya First Media vs Indihome.

Coba kita telisik terlebih dahulu apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari kedua provider ini, yuk simak lebih lanjut!

First Media VS Indihome, Bingung Pilih Mana?

Kelebihan First Media

  • Real unlimited tanpa FUP

Siapa sih yang ga bete kalau lagi streaming film/youtube tiba-tiba speed internet jadi lemot, karena kehabisan FUP. Kalau kamu pakai First Media, kamu ga akan mengalami hal tersebut.

Berbeda dengan kompetitornya Indihome, yang akan mengurangi speed internet baik download ataupun upload ketika kamu telah melewati FUP (Fair Usage Policy).

Kekurangan First Media

  • Belum memakai kabel fiber optik untuk sebagian besar daerah

Walaupun sebenarnya First Media sudah menggunakan kabel fiber optik untuk sebagian wilayah yang tercakup layanannya, namun area yang menggunaan kabel coaxial/tembaga masih yang paling luas.

Bahkan sampai saat ini, belum tahu kapan First Media akan mulai meng-upgrade kabel milik mereka dari coaxial/tembaga ke fiber optik secara menyeluruh.

  • Speed internet 1:10

Kalian pasti banyak yang belum tahu mengenai hal ini. Seberapa pengaruhnya sih speed upload untuk penggunaan internet kalian? Jawabannya sangat berpengaruh!

Coba buat para pengguna layanan First Media, misal kamu berlangganan internet dengan speed 10Mbps. Itu artinya, kamu akan mendapatkan speed download sebesar 10Mbps dan speed upload sebesar 1Mbps.

Loh kok? Ya memang begitu. Pihak First Media memang tidak fair karena tidak pernah memberitahukan informasi ini secara gamblang kepada para pelangganannya, karena jelas hal ini akan jadi momok menakutkan, baik bagi yang paham ataupun yang tidak paham.

Dari semenjak pertama kali meluncur di Indonesia, First Media masih sangat kukuh dengan kebijakan ini, yaitu kebijakan bahwa speed internet yang akan diberikan ke pelanggan oleh mereka adalah 1:10.

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment