Harus Pilih 1, First Media VS Indihome Bagus Mana Sih? Part 1

First Media VS Indihome

Sudah jadi rahasia umum, kedua provider internet kabel ini adalah yang memiliki cakupan area paling luas di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. First Media vs Indihome, kira-kira kamu bakal pilih yang mana nih? Seandainya kamu terjebak antara kedua pilihan provider internet tersebut.

Bukan hanya di luar Ibukota DKI Jakarta, namun di DKI Jakarta sendiri, banyak daerah-daerah yang terjebak dengan hanya dua provider ini. Tidak ada opsi lain, provider internet kabel lain, yang ada hanya First Media vs Indihome.

Coba kita telisik terlebih dahulu apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari kedua provider ini, yuk simak lebih lanjut!

First Media VS Indihome, Bingung Pilih Mana?

Kelebihan First Media

  • Real unlimited tanpa FUP

Siapa sih yang ga bete kalau lagi streaming film/youtube tiba-tiba speed internet jadi lemot, karena kehabisan FUP. Kalau kamu pakai First Media, kamu ga akan mengalami hal tersebut.

Berbeda dengan kompetitornya Indihome, yang akan mengurangi speed internet baik download ataupun upload ketika kamu telah melewati FUP (Fair Usage Policy).

Kekurangan First Media

  • Belum memakai kabel fiber optik untuk sebagian besar daerah

Walaupun sebenarnya First Media sudah menggunakan kabel fiber optik untuk sebagian wilayah yang tercakup layanannya, namun area yang menggunaan kabel coaxial/tembaga masih yang paling luas.

Bahkan sampai saat ini, belum tahu kapan First Media akan mulai meng-upgrade kabel milik mereka dari coaxial/tembaga ke fiber optik secara menyeluruh.

  • Speed internet 1:10

Kalian pasti banyak yang belum tahu mengenai hal ini. Seberapa pengaruhnya sih speed upload untuk penggunaan internet kalian? Jawabannya sangat berpengaruh!

Coba buat para pengguna layanan First Media, misal kamu berlangganan internet dengan speed 10Mbps. Itu artinya, kamu akan mendapatkan speed download sebesar 10Mbps dan speed upload sebesar 1Mbps.

Loh kok? Ya memang begitu. Pihak First Media memang tidak fair karena tidak pernah memberitahukan informasi ini secara gamblang kepada para pelangganannya, karena jelas hal ini akan jadi momok menakutkan, baik bagi yang paham ataupun yang tidak paham.

Dari semenjak pertama kali meluncur di Indonesia, First Media masih sangat kukuh dengan kebijakan ini, yaitu kebijakan bahwa speed internet yang akan diberikan ke pelanggan oleh mereka adalah 1:10.

Coba deh kalian tes, misal kalian berlangganan First Media dengan speed 10Mbps. Lalu kalian upload file misal ukuran 100MB saja, dan voila, yak benar, kamu ga akan bisa browsing/melakukan apa pun dengan nyaman, karena speed upload kamu yang cuma 1Mbps itu terpakai 100%.

  • Masih menggunakan STB tanpa dukungan OS Android

Jika kalian berlangganan paket internet + TV dari First Media, maka untuk layanan basic/bawaannya kamu tidak akan mendapatkan STB/TV Box Android untuk menonton TV.

Jika kamu ingin mendapatkan STB/TV Box Android, kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk menyewa alat tersebut, yaitu Smart Box X1 4K.

Penting ga sih STB/TV Box Android? Ya tergantung kebutuhan kamu sih sebenarnya, hal tersebut akan menjadi penting, kalau kamu ingin menjadikan TV kamu yang belum Smart/Android TV, menjadi selayaknya Smart/Android TV.

Kira-kira itu lah beberapa kelebihan dan kekurangan dari provider internet kabel First Media. Jadi, kalau kamu dihadapakan pilihan antara First Media vs Indihome, sekarang bakal pilih apa nih Vicigers?

Oia belum lengkap ya, di sesi ini kita baru bahas kelebihan dan kekurangan dari First Media saja. Untuk kelebihan dan kekurangan dari Indihome kita bahas di part 2 ya. Pantengin terus update dari kita.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

 

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!