Fib Retracement Adalah Teknik Analisis, Ini Penjelasannya!


Fib retracement adalah

Fib retracement adalah adalah teknik analisis jual beli yang sering digunakan oleh para trader dan investor crypto. Meskipun teknik ini bisa sangat efektif dalam menentukan posisi masuk dan keluar di pasar, namun juga bisa berisiko jika tidak digunakan dengan cara yang benar. 

Biasanya, Fibonacci retracements digunakan oleh trader di pasar valuta asing (valas). Namun baru-baru ini, analisis ini sering digunakan dalam analisis teknis cryptocurrency.

Fib Retracement Adalah?

Fib retracement adalah
Fib retracement adalah pola analisis para trader

Fib retracement adalah serangkaian angka yang disebut angka Fibonacci. Tujuan dari Fibonacci retracements adalah untuk mencoba menunjukkan level support dan resistance dari harga aset.

Angka-angka ini pertama kali diperkenalkan ke Eropa oleh ahli matematika Leonardo Pisano (Fibonacci). Angka-angka membentuk urutan yang dikenal sebagai deret Fibonacci. Setiap angka dalam barisan adalah jumlah dari dua angka terakhir yang mendahuluinya. Mereka mengikuti nilai 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144 dan seterusnya. 

Level fib retracement adalah 23.6 persen, 38.2 persen, 61.8 persen dan 78,6 persen. Beberapa trader menambahkan nilai 50 persen yang bukan merupakan angka Fibonacci sebenarnya, tetapi dapat digunakan sebagai panduan saat retracement turun di tengah antara 38,2 dan 61,8 persen.

Dengan menggunakan metode ini, sebuah pola digambar antara titik tinggi dan rendah. Gambar tersebut kemudian menunjukkan level support dan resistance di antara titik-titik ini.

Dikatakan bahwa ketika harga mendekati area Fibonacci, tren dapat berubah. Namun, perlu diingat bahwa kemungkinan ini tidak mutlak. Kamu memerlukan indikator lain untuk membantu menarik kesimpulan.

Fungsi Fib Retracement

Trading crypto
Fungsi fib retracement dalam trading

Fungsi fib retracement adalah untuk menentukan support dan stop selanjutnya. Jika kamu dapat memahami hal ini, kamu akan tahu pada harga berapa Anda masuk dan keluar dari pasar. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengatur square ketika harus stop loss atau fix harga.

Jika harga terus naik hingga mencapai level Fibonacci, kemungkinan harga akan terus naik.  Begitu pula jika harga tidak menembus level Fibonacci, kemungkinan besar harga akan berbalik arah sehingga kamu bisa menemukan stop di level tersebut.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Fibonacci retracements bekerja dengan baik selama periode tinggi. Selain itu, kamu juga dapat terhubung dengan pola lain. Perlu dipahami bahwa fib retracement adalah level horizontal.

Tidak seperti rata-rata bergerak yang sering berubah, level statis ini dapat membantu dalam membuat keputusan dengan cepat. Topik ini didasarkan pada pemahaman kamu tentang dua poin utama yang merupakan tanda pertama dari garis Fibonacci yang kamu gunakan untuk menganalisis. Yaitu, titik bergerak naik turun. 

Baca juga: Kenali Bearish Candlestick Ini Biar Nggak Buntung!

Cara Menggunakan Fibonacci Retracement 

cara kerja mata uang crypto
Cara menggunakan Fib retracement

Kamu tidak perlu khawatir menemukan deret Fibonacci sesulit ketika kamu masih sekolah. Sebagian besar produk sudah menawarkan fitur ini dalam perhitungannya.

Setelah Fibonacci ditemukan di tabel, kamu harus melihat bahwa harga apa pun naik ke tingkat status, perubahan perubahan. Ambil nilai yang akan ditentukan ketika naik untuk mencocokkan angka Fibonacci lainnya, katakanlah berada di posisi 23,60 persen.

Hal ini juga dapat digunakan di bagian bawah, tetapi polanya terbalik, dan fib retracement adalah pengembalian ke level yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara Membaca Candlestick Crypto Untuk Trader Pemula

Jangan lupa, kamu bisa staking VCG Token di VCGamers untuk mendapatkan keuntungan saat top up gaming. Token ini bisa kamu beli di Indodax dan BitMax.

Dapatkan update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID