Crossplay Apex Legends Lebih Baik Enable/Disable Yah?

apex legends

Buat kamu yang sering bermain game Apex Legends besutan Electronic Arts, pasti tidak asing dong dengan fitur Crossplay Apex Legends.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk dapat bermain lintas platform antara PC dan konsol (PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch)

Nyatanya, game ini masih banyak dimainkan dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, tempo permainan yang cepat dengan banyak legend unik yang dapat digunakan, menjadikan Apex Legends salah satu game battle royale terbaik saat ini.

Baca juga: 6 Langkah Mudah Dapatkan Discord Nitro Gratis Selama 3 Bulan

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Crossplay Apex Legends

Respawn Entertainment sebagai developer game ini, memberikan fitur menarik yang dapat kamu aktifkan atau nonaktifkan, yaitu fitur crossplay Apex Legends.

Mungkin salah satu alasan developer membenamkan fitur ini, adalah agar para player dapat dengan cepat masuk ke medan pertempuran tanpa harus menunggu waktu lama.

Seperti yang sudah kami infokan diatas, fitur ini memungkinkan kamu agar dapat bermain lintas platform antara PC dan berbagai konsol yang support game ini

Sayangnya, selain keuntungan diatas, ada beberapa kerugian yang akan kamu dapati jika mengaktifkan fitur ini, beberapa diantaranya adalah:

1. Player di PC tidak dapat membidik semudah di konsol

apex legends konsol

Hal tersebut dikarenakan, jika kamu bermain Apex Legends di konsol, kamu akan mendapatkan fitur aim assist yang membantu kamu untuk dapat dengan mudah membidik lawan.

Menjadi kekurangan untuk pemain di PC, namun menjadi kelebihan untuk para pemain yang menggunakan konsol.

2. FPS konsol dibatasi 30 fps

apex legends pc

Kali ini pengguna PC diuntungkan dengan bisa mendapatkan fps diatas 30, karena jika kamu menggunakan konsol untuk game ini, fps kamu hanya dibatasi sebesar 30fps.

Inilah yang menyebabkan pemain di PC dapat bergerak lebih lincah dibanding dengan pemain di konsol.

Baca juga: Cara Bayar Discord Nitro Tanpa Kartu Kredit, Bisa?

Cara Mematikan Fitur Crossplay Apex Legends

Nah, agar kamu dapat menemukan lawan yang seimbang, kami sarankan kamu dapat mematikan fitur crossplay tersebut.

Inilah cara mudah mematikan fitur crossplay Apex Legends:

  1. Masuk ke lobby Apex Legends
  2. Buka opsi “Setting”
  3. Masuk ke menu “Gameplay”, dan temukan opsi “Cross Platform Play”
  4. Enabled/disabled opsi tersebut, untuk mengaktifkan/menonaktifkan Crossplay Apex Legends

crossplay apex legends

Walaupun kamu mematikan fitur ini, kalau pemain PC berada satu party dengan player konsol ataupun sebaliknya, maka kedua pemain tersebut akan tetap bertemu meskipun fitur tersebut telah dimatikan.

Nah, kekurangan selanjutnya jika kamu menonaktifkan fitur ini adalah, waktu menunggu kamu untuk dapat memulai permainan akan lebih lama karena sistem akan memilih lawan/musuh kamu secara lebih spesifik.

Saat fitur ini sudah dimatikan, maka jika kamu bermain menggunakan PC, kamu akan bertemu lawan yang menggunakan PC juga. Jika kamu menggunakan PS, maka kamu akan bertemu lawan yang menggunakan PS juga, begitu seterusnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!