Want to Sell HP? Here are 5 things you must do

factory reset sebelum jual hp

Buat yang sering gonta-ganti HP, wajib banget nih baca artikel ini sampai habis. Menjual HP lama adalah aktivitas wajib bagi sebagian orang yang telah membeli HP baru, kecuali kamu memang mau koleksi HP lama kamu di lemari kaca, atau kamu mau hibahin HP lama kamu ke saudara atau orang tua atau teman, itu juga lain cerita. Eh tapi emang ada yang hibahin HP ke teman? Coba tulis di kolom komentar, kamu pernah ga dikasih atau ngasih HP ke teman, Vicigers.

Kembali ke bahasan utama, kita mau kasih tau nih sama semuanya, kalau sebelum menjual HP lama kamu, paling tidak kamu sudah melakukan 5 hal ini. Penasaran apa saja 5 hal yang harus dilakukan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

  • Pastikan sudah backup data penting di HP yang ingin kamu jual

Kalau HP yang ingin kamu jual adalah daily driver kamu. Maka pastikan tidak ada data penting yang tertinggal di HP kamu. Buat kamu yang tidak bergantung atau tidak menggunakan layanan cloud sama sekali, kita saranin pertama-tama kamu untuk memindahkan semua file foto, video, musik, ataupun file unduhan kamu yang kamu anggap penting ke flashdisk atau laptop/PC kamu.

Selanjutnya kamu dapat mem-backup semua aplikasi chatting kamu, seperti Whatsapp, Line, KakaoTalk, dll. Telegram adalah yang terbaik untuk saat ini, karena kamu tidak perlu repot-repot mem-backup, riwayat chat kamu akan selalu tersedia dimanapun kamu log-in. Beberapa aplikasi chatting mempunyai kekurangan tersendiri, seperti tidak bisa restore file backup di beda platform. Hal ini sangat menyulitkan apabila kamu mau berpindah dari Android ke iDevice atau sebaliknya.

  • Pastikan akun google/iCloud kamu sudah tersinkronisasi, khususnya kontak telepon

Coba jujur, berapa banyak dari kamu yang ketika sudah terlanjur factory reset HP yang akan dijual, lalu baru sadar kalau kontak telepon kamu tidak tersinkron oleh Google atau layanan penyimpanan apapun, karena nyatanya kamu membuat penyimpanan default kontak telepon pada memori internal.

Makanya sebelum melanjutkan ke step factory reset, wajib kamu pastikan bahwa semua hal yang harusnya tersinkronisasi, sudah tersinkronisasi dengan baik.

  • Pastikan kamu tidak lupa password apapun yang ada di HP kamu

Hal ini akan menjadi rumit, apabila opsi recovery karena lupa password pada suatu aplikasi, membawa kamu harus masuk ke dalam email, namun kamu juga lupa password email tersebut. Lalu email tersebut tidak disertai dengan opsi recovery apapun, yang menyebabkan kamu stuck pada hal yang seharusnya tidak perlu, karena hanya kamu lupa password.

Calm, #adavcgamers that can meet your gaming needs. Come on! Follow account Instagram and channel  YouTube us for the latest gaming news, esports tournaments, tech & gadgets! Join the biggest gamers community in Indonesia discord.io/vcgamers to get the most up-to-date information and lots of interesting giveaways.

Muhammad Marie

A tech enthusiast, graduate of S1 Sociology. Not connected? Time? Why connect!

Add a comment