Lupa Cabut Charger Saat Baterai HP Sudah 100%, Bahaya Ga Sih?

baterai hp

Baterai HP merupakan komponen yang banyak memberikan kegelisahan bagi para pemilik smartphone. Banyak yang percaya berbagai macam mitos soal baterai HP. Dari yang katanya kalau HP baru harus dipakai dahulu sampai baterainya habis atau 0% lalu baru di charge hingga penuh dalam keadaan mati sampai delapan jam lamanya.

Mitos ini sungguh meresahkan, dan sayangnya masih banyak yang percaya soal mitos ini. Hal tersebut biasanya didukung dengan para penjual di toko yang meresepkan anjuran tersebut. Pembeli tidak mengerti, dan hanya mengangguk mengiyakan lalu pergi meninggalkan toko.

Sebenarnya saat ini, ketika kamu membeli HP baru dan menyalakannya untuk yang pertama kali, kamu sudah boleh langsung mengisi daya baterai hp tersebut tanpa harus menunggu 0%, dan tanpa harus di charge selama delapan jam lamanya.

Untuk menghindari perdebatan yang tidak ada habisnya, ayo kita bahas singkat permasalahan ini tanpa men-judge kepercayaan siapa pun.

Pengguna iPhone, iPad dan iPod Paling Cemas Soal Baterai iDevice Mereka

Lanjut Vicigers, siapa disini pengguna iDevice? Angkat tangan! Siapa yang setiap hari ngeliatin battery health di iDevice-nya? Ngacung! Pasti sebagian besar dari kamu khawatir dengan battery health, entah itu pada iPhone, iPad, ataupun iPod yang kayanya saat ini sudah jarang penggunanya.

Ketika baru pertama kali membeli dan baru pertama kali dinyalakan, kamu akan mendapatkan status battery health kamu berada di level tertinggi yaitu 100%. Banyak pengguna yang mengeluhkan bahkan pada iPhone terbaru sekalipun, seperti iPhone 11 Pro Max misal. Beberapa penggunanya dalam berbagai forum gadget mengeluhkan soal battery health mereka yang selalu berkurang, padahal mereka sudah menerapkan kebiasaan yang baik saat mengisi daya iDevice.

Seperti mengisi daya sebelum kurang dari 20%, atau sebelum benar-benar 0%. Langsung mencabut charger ketika baterai sudah 100%. Namun, battery health mereka tetap saja berkurang. Pihak Apple pun belum melakukan klarifikasi mengenai hal tersebut, mereka hanya menganjurkan pengguna tetap mengedepankan habit yang baik saat mengisi daya iDevice mereka. Sistem akan menganjurkan kamu mengganti baterai iDevice kamu, kalau battery health sudah sampai level dibawah 80%.

Namun, itu bukanlah hal wajib yang harus dilakukan, karena kamu tetap dapat menggunakan iDevice kamu saat battery health kamu sudah dibawah level 80%. Terlebih kita sulit sekali mendapatkan baterai original untuk iDevice kita, paling solusinya ya membeli baterai pihak ke-3 yang terjamin kualitasnya, seperti Log-On, Hippo, Vizz, dll. Saran dari kita:

Jangan sekali-kali kamu tergiur dengan baterai HP harga murah dan dengan embel-embel double power!

Beberapa Langkah Mudah Agar Kesehatan Baterai HP Kamu Tetap Terjaga

battery health
Screen on Time (SoT) Smartphone Android
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
  • Untuk smartphone terkini, seharusnya kamu tidak usah takut kalau alih-alih kamu lupa mencabut charger sebelum kamu tidur. Teknologi yang dibenamkan di HP kamu sekarang sudah semakin canggih, sistem akan otomatis masuk ke mode trickle, menjaga agar HP kamu tetap di level baterai 100% namun tanpa melakukan overcharge. Beberapa brand juga mengatur smartphone bikinan mereka agar kalau level baterai sudah mau terisi penuh, maka pengisian baterai HP akan otomatis melambat, ini sebenarnya ada plus minusnya sih.
  • Jaga agar HP kamu tetap adem dan tidak panas saat di charge. Banyak dari kamu yang sebelum tidur mengisi daya HP dan menaruhnya di atas kasur. Lalu tidak sadar ketika sudah pulas, HP kamu malah tertiban di bawah bantal dan tidak memiliki sirkulasi, sehingga menyebabkan HP kamu overheat. Hal ini dalam jangka panjang sangat merugikan bagi kesehatan baterai HP kamu. Jangan dibiasakan ya!
  • Alangkah baiknya jika memang keadaan kamu mengharuskan mengisi daya baterai HP sebelum tidur lalu ditinggal. Sebaiknya kamu segera pergi ke toko elektronik atau mencari online, stop kontak yang dilengkapi dengan timer

Don't miss it to always get the latest and complete news updates about games. Starting from new game reviews, tips and tricks and so on. Just follow the account Instagram VCGamers and Channel YouTube yes. Come on! Join the community on Discord VCGamers, the largest gamers community in Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Muhammad Marie

A tech enthusiast, graduate of S1 Sociology. Not connected? Time? Why connect!

Add a comment