3 Cool Things In Android 12 That Are Not Available On Android 11

google pixel

Android 12 vs Android 11, bahkan banyak user yang device-nya belum mendukung pembaruan ke Android 11, tapi nyatanya sebentar lagi Android 12 mau keluar. Bahkan Realme C25, HP anyar dari Realme yang sebentar lagi akan dilakukan penjualan perdananya, baru disematkan Android 11. Berikut adalah perbedaan utama antara OS baru Google tersebut dan versi pendahulunya, termasuk pembaruan keamanan dan tampilan notifikasi.

Google meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi Android satu bulan lalu, yaitu Android 12. OS ini sekarang tersedia dalam developer preview. Android 12 tampaknya sangat mirip dengan Android 11, dengan beberapa fitur baru dan beberapa perbaikan kinerja yang bertujuan untuk membantu smartphone kamu bekerja lebih baik dan lebih lancar.

Jika kamu ingin mencoba OS baru tersebut, kamu dapat mengunduh dan menginstal developer preview-nya sekarang. Namun, tolong berhati-hati karena statusnya masih developer preview, kemungkinan besar OS ini masih penuh dengan bug, dan tidak dimaksudkan untuk di tes secara umum dalam waktu dekat ini, terutama hindari mencoba developer preview pada HP daily driver kamu. Kita berharap Google segera meluncurkan beta publik pada bulan Mei, dan versi final sekitar Agustus atau September.

Berikut adalah 3 fitur utama dengan perubahan besar yang dapat kamu temukan di Android 12 nanti.

  • Fitur privasi aplikasi

Google menambahkan beberapa fitur privasi baru ke aplikasi untuk memberi pengguna Android 12 lebih banyak mendapatkan transparansi dan kontrolnya secara mandiri, hal ini terlihat pada blog Android Developers beberapa waktu lalu. Satu pembaruan fitur ini akan lebih banyak memberikan kamu informasi tentang bagaimana cookie dapat digunakan di seluruh situs, sementara perubahan pembaruan yang lain mengubah cara aplikasi mengekspor informasi. Hal ini ditujukan untuk mencegah aplikasi dapat mengekspor aktivitas, layanan, dan informasi lainnya secara tidak sengaja.

Artinya, kita tidak perlu takut lagi privasi/informasi kita bocor atau terunggah baik secara sengaja ataupun tidak sengaja oleh aplikasi. Fitur yang menarik, setidaknya saat ini kita memang sedang dalam kondisi krisis kepercayaan privasi pada smartphone kita.

  • Notifikasi yang di desain ulang

Pada Android 12, Google mengubah desain notifikasi agar lebih modern dan fungsional. Tentu kalian mungkin sudah agak bosan kan dengan desain default notifikasi di Android kalian. Walaupun beberapa brand seringkali melakukan pembaruan UI bawaan mereka, agar pengguna mendapatkan tampilan yang fresh saat menggunakan device mereka.

Seperti yang dilansir oleh situs teknologi XDA Developers, Android 12 juga mendapatkan tombol baru yang memungkinkan kamu menunda notifikasi yang tidak penting, dan memilih opsi berapa lama untuk melihatnya kembali. Kamu juga dapat mengaktifkan peringkat notifikasi adaptif untuk memungkinkan sistem dapat mengatur ulang notifikasi kamu berdasarkan cara kamu melakukan sesuatu kebiasaan di HP kamu, dan kamu juga dapat mengatur ulang peringkat notifikasi tersebut, jika kamu tidak menyukainya.

  • One-handed mode

one-handed mode android 12
Penampakan bocoran fitur one-handed mode Android 12
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Kita juga belum tahu persis nih one-handed mode Android 12 bakal kaya gimana. Tapi, seperti beberapa informasi yang dilansir pada beberapa blog teknologi terkemuka. Kita dapat bocoran bahwa Android 12 tampaknya menyertakan beberapa perubahan desain yang memudahkan pengoperasian ponsel Android dengan satu tangan dan jempol kamu.

XDA Developers memberikan informasi bahwa pengaturan UI yang diperbarui memindahkan tab Search ke bagian bawah layar untuk akses satu tangan yang lebih mudah. Fitur baru pada Android 12 yang disebut “silky home” juga ditemukan, yang membuat seluruh antarmuka akan lebih cocok untuk penggunaan mode satu tangan.

Gimana kira-kira dengan ketiga fitur baru di Android 12? Tentunya kita pasti agak bingung dan meraba-raba kalau tidak mencobanya sendiri. Tapi jangan khawatir, desas desus gosip internasional mengabarkan bahwa Android 12 akan meluncur resmi pada bulan September 2021 mendatang. Semoga gosip ini benar ya dan tidak ada halangan dalam peluncurannya.

Don't miss it to always get the latest and complete news updates about games. Starting from new game reviews, tips and tricks and so on. Just follow the account Instagram VCGamers and Channel YouTube yes. Come on! Join the community on Discord VCGamers, the largest gamers community in Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Muhammad Marie

A tech enthusiast, graduate of S1 Sociology. Not connected? Time? Why connect!

Add a comment