3 Hal Keren Di Android 12 Yang Tidak Tersedia Pada Android 11

google pixel

Android 12 vs Android 11, bahkan banyak user yang device-nya belum mendukung pembaruan ke Android 11, tapi nyatanya sebentar lagi Android 12 mau keluar. Bahkan Realme C25, HP anyar dari Realme yang sebentar lagi akan dilakukan penjualan perdananya, baru disematkan Android 11. Berikut adalah perbedaan utama antara OS baru Google tersebut dan versi pendahulunya, termasuk pembaruan keamanan dan tampilan notifikasi.

Google meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi Android satu bulan lalu, yaitu Android 12. OS ini sekarang tersedia dalam developer preview. Android 12 tampaknya sangat mirip dengan Android 11, dengan beberapa fitur baru dan beberapa perbaikan kinerja yang bertujuan untuk membantu smartphone kamu bekerja lebih baik dan lebih lancar.

Jika kamu ingin mencoba OS baru tersebut, kamu dapat mengunduh dan menginstal developer preview-nya sekarang. Namun, tolong berhati-hati karena statusnya masih developer preview, kemungkinan besar OS ini masih penuh dengan bug, dan tidak dimaksudkan untuk di tes secara umum dalam waktu dekat ini, terutama hindari mencoba developer preview pada HP daily driver kamu. Kita berharap Google segera meluncurkan beta publik pada bulan Mei, dan versi final sekitar Agustus atau September.

Berikut adalah 3 fitur utama dengan perubahan besar yang dapat kamu temukan di Android 12 nanti.

  • Fitur privasi aplikasi

Google menambahkan beberapa fitur privasi baru ke aplikasi untuk memberi pengguna Android 12 lebih banyak mendapatkan transparansi dan kontrolnya secara mandiri, hal ini terlihat pada blog Android Developers beberapa waktu lalu. Satu pembaruan fitur ini akan lebih banyak memberikan kamu informasi tentang bagaimana cookie dapat digunakan di seluruh situs, sementara perubahan pembaruan yang lain mengubah cara aplikasi mengekspor informasi. Hal ini ditujukan untuk mencegah aplikasi dapat mengekspor aktivitas, layanan, dan informasi lainnya secara tidak sengaja.

Artinya, kita tidak perlu takut lagi privasi/informasi kita bocor atau terunggah baik secara sengaja ataupun tidak sengaja oleh aplikasi. Fitur yang menarik, setidaknya saat ini kita memang sedang dalam kondisi krisis kepercayaan privasi pada smartphone kita.

  • Notifikasi yang di desain ulang

Pada Android 12, Google mengubah desain notifikasi agar lebih modern dan fungsional. Tentu kalian mungkin sudah agak bosan kan dengan desain default notifikasi di Android kalian. Walaupun beberapa brand seringkali melakukan pembaruan UI bawaan mereka, agar pengguna mendapatkan tampilan yang fresh saat menggunakan device mereka.

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment