Dukungan PS4 Berhenti Tahun 2025, Prioritaskan PS5 dan PS VR2

Sebagai konsol generasi lama yang sangat populer bahkan bisa dibilang merupakan konsol dengan penjualan terbaik Sony, rencana bahwa dukungan PS4 berhenti di beberapa tahun terakhir ini cukup ramai diperbincangkan di kalangan penggemar game.

Penulis sempat membaca-baca beberapa tahun terakhir setelah perilisan konsol ini, PS4 akan berhenti diproduksi di tahun 2021 dan mengakibatkan tidak adanya game baru yang dirilis di konsol tersebut di beberapa tahun ke depan.

Walaupun Sony tidak secara terang-terangan mengatakan hal tersebut, melihat pola perkembangan konsol selama ini sejujurnya penulis tidak terlalu kaget.

Microsoft juga mengakhiri dukungan untuk Xbox One, konsol satu generasi dengan PS4, pada tahun 2020. 

Kedua konsol yang berusia hampir satu dekade ini mulai digantikan dengan Xbox Series X/S dan PlayStation 5 yang menjadi fokus utama untuk Sony dan Microsoft.

Namun, beberapa informasi tambahan memperjelas akan rencana dukungan PS4 berhenti ini memang akan terealisasi di beberapa tahun ke depan, dan kemungkinan pada tahun 2025.

Tentu saja bagi kamu yang berencana membeli konsol PS4 ini dibuat bingung untuk membeli atau tidak?

Atau justru lebih baik rencana diubah untuk membeli PS5?

VCGamers akan membahas lengkap berbagai informasi yang mencangkup kemungkinan pemberhentian dukungan PS4 untuk Vicigers ketahui.

Baca Juga: PS5 Harga Terbaru 2022 dan Spesifikasinya, Cek Sekarang!

Dukungan PS4 Berhenti

dukungan ps4 berhenti di portfolio sony
PS4 Tidak Masuk Rencana Portfolio Sony (source: Sony.com)

Laporan Pengarahan Investor Mei 2022 yang dimuat Sony dalam Sony Business Segment Briefing menunjukkan bahwa penerimaan dukungan PlayStation atau PS4 berhenti pada tahun 2025.

Sony menjelaskan bahwa PS4 merupakan konsol mereka yang sangat berumur panjang dan konsol yang mempertahankan nasib perusahaan pada masa pandemi.

Pada bagian pengarahan investor menunjukkan bahwa Sony bermaksud untuk menggabungkan PlayStation Now dan PlayStation Plus dan terus mengembangkan game pihak pertama untuk PlayStation 5. 

Fokus Sony tampaknya juga mengembangkan game layanan langsung dan mengembangkan hubungan yang baik dengan Bungie.

Dalam semua slide tentang masa depan Sony, PlayStation 5 disebutkan langkah-langkah selanjutnya sedangkan rencana untuk PS4 tidak dibahas sama sekali.

Hal yang paling terlihat adalah pada bagian Growth Portfolio rencana Sony yang menunjukkan bahwa pada rencana mereka untuk tahun 2025, komersial Sony akan difokuskan pada Platform Mobile, PC, dan Playstation 5.

Hal tersebut penulis lihat Sony menunjukkan akan melakukan transisi dari PS4 ke PS5, menandakan dukungan PS4 berhenti di tahun 2025.

PS4 Masih Diproduksi Tahun 2022

dukungan ps4 berhenti playstation state of play
Playstation State of Play June (source; Youtube / Playstation)
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Adanya rencana jelas dalam Sony Business Segment 2022 kemarin ini penulis kira produksi dan keuangan terkait produksi PS4 akan dialih fungsi untuk produksi PS5.

Kendati demikian, Sony tetap melakukan produksi untuk konsol PS4 pada tahun 2022.

Setelah berita dukungan PS4 berhenti tahun kemarin, banyak pihak termasuk penulis yang memperkirakan Sony akan berhentikan produksi PS4 di akhir 2021 lalu.

Usut punya usut dikabarkan produksi PS4 dilanjutkan karena adanya masalah bahan baku dan komponen dari PS5 yang menyebabkan masalah pace kecepatan produksi konsol PS5 ini sedikit lama.

Untuk membuat pemain masih dalam ekosistem game Sony akhirnya penulis lihat Sony meneruskan produksi konsol ini, disamping berita dukungan PS4 berhenti ramai diperbincangkan.

Ada pun juga meskipun dukungan PS4 berhenti ini, berbagai game baru untuk tahun 2022 – 2023 masih akan dirilis di PS4 dan PS5.

Pada Playstation State of Play Juni 2022 yang dirilis tanggal 2 Juni kemarin, masih banyak game seperti Eternight, Street Fighter, Tunic, dan lain sebagainya masih dirilis untuk PS4.

Baca Juga: Best Game PS5 dan Xbox Series yang Didukung 120fps, Apa Aja tuh?!

Langkah Sony Selanjutnya untuk PS5

dukungan ps4 berhenti buat ps5 dan ps vr2
PS VR2 (source: Playstation.com)

Sejak PS5 tiba, diketahui banyak game yang dirilis menjadi lintas generasi di konsol tersebut.

Saat diluncurkan, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales dan Sackboy: A Big Adventure keduanya masuk ke PS4 dan PS5. 

Horizon Forbidden West dan Gran Turismo 7 bergabung dengan mereka, dengan God of War Ragnarok terakhir yang dirilis akhir-akhir ini.

Dari hal tersebut, untuk melakukan transisi antara PS5 dan pemberlakuan dukungan PS4 berhenti Sony akan melakukan 3 ekspansi perluasan bisnis.

Hal pertama adalah pembentukan baru untuk layanan servis Playstation Plus atau disebut sebagai New Playstation Plus.

Seperti yang Vicigers ketahui untuk sekarang ini layanan Playstation terdiri dari Playstation Plus dan Playstation Now.

Dari pemberitahuan rencana Sony dalam Sony Business Segment, Sony akan menggabungkan dua layanan tersebut dalam New Playstation Plus.

Sony merencanakan untuk memperbaiki layanan seperti bisa mencoba game sebelum membeli dan mempunyai game klasik, menambahkan Cloud in Market, dan menjadi rumah bagi semua game PS5 termasuk PS4, meskipun dukungan PS4 berhenti beberapa tahun ke depan.

Langkah selanjutnya adalah peluncuran konsol Sony PS VR2. Dengan kemajuan perkembangan VR dan metaverse saat ini, Sony pun ikut meluncurkan kontroler PS VR2 ini.

VR2 nantinya akan bisa kamu gunakan apabila disambungkan dengan PS5.

Selain itu, beberapa game PS5 pun sudah mengkonfirmasi akan adanya segmen atau game baru yang bisa dimainkan dengan VR2 ini.

Sebut saja game Resident Evil 4, Horizon VR Call of The Mountain, Village Resident Evil, dan masih banyak lagi yang mengumumkan akan adanya segmen VR pada game-nya.

Hal tersebut diumumkan pada Playstation State of Play June kemarin, semakin menambah resmi Sony akan memprioritaskan perkembangan Playstation 5 dan dukungan PS4 berhenti sedikit demi sedikit. 

Demikian informasi yang mencangkup alasan dukungan PS4 berhenti di tahun 2025. Meskipun memang belum ada pemberitahuan pasti dari Sony seperti hal tersebut sudah terkonfirmasi dari Sony Business Segment yang dirilis kemarin.

Bagi kamu yang ingin membeli PS4 penulis rasa ada baiknya kamu pikirkan lagi dan pertimbangkan dengan membeli PS5 yang nantinya juga akan berintegrasi dengan PS VR2.

Add a comment