Inilah Cara Download Youtube Go Versi Lama!


Cara Download Youtube Go Versi Lama
Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Para pengguna Youtube Go harus menerima kalau aplikasi tersebut telah hilang dari Play Store.  Tapi, bagi kamu yang masih ingin menggunakan Youtube Go versi lama, berikut adalah cara download beserta penjelasannya.

Penasaran bagaimana caranya?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Cara Mudah Download Lagu Dari Youtube

Youtube Go Versi Lama

Cara Download Youtube Go Versi Lama
Poster Cara Download Youtube Go Versi Lama. Sumber: VCGamers.

Sebelum menjelaskan lebih jauh, penulis ingin menjelaskan tentang Youtube Go.  Youtube Go adalah versi ringan (lite version) dari aplikasi Youtube.  Ia pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2016 lalu.

Sebagai versi yang ringan, Youtube Go termasuk aplikasi yang ramah dengan Smartphone low-end atau “HP Kentang“.  Bukan hanya ramah Smartphone, tapi juga aplikasi ini ramah kuota, tidak seboros Youtube.

Namun, secara tiba-tiba, Youtube Go menyatakan kalau aplikasinya diberhentikan pada bulan Agustus 2022.  Aplikasi tersebut menghilang dari Google Play dan tempat download resmi lainnya.

Alasan dari hilangnya Youtube Go adalah peningkatan pada aplikasi utamanya, Youtube.  Youtube telah memiliki beberapa fungsi yang sama dengan versi ringannya ini, sehingga developer memutuskan untuk menghilangkannya.

Baca Juga: Cara Download Video YouTube Menggunakan Browser

Kelebihan Youtube Go

Iklan YouTube Go di Google Play. Sumber: VCGamers.

Tentunya, sebagai versi yang berbeda dari Youtube, Youtube Go memiliki beberapa kelebihan.  Setidaknya, penulis menemukan empat buah kelebihan dari aplikasi yang ternyata ukurannya tidak lebih dari 70 MB ini.

Kelebihan pertama adalah kamu bisa melihat preview video sebelum kamu tonton.  Terkadang, para pengguna Youtube memberikan judul yang terkesan melebih-lebihkan, tapi videonya ternyata jauh dari judulnya.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kelebihan kedua, yaitu lebih hemat kuota.  Youtube Go memiliki beberapa pengaturan video agar ramah kuota, termasuk melihat review video sebelum kamu menontonnya secara penuh.

Kelebihan ketiga adalah kemudahan membagikan video.  Sebenarnya tidak ada yang salah dengan membagikan video dari aplikasi Youtube. Tapi dengan Youtube Go, kamu bisa share lebih mudah!

Kelebihan terakhir dari aplikasi ini adalah mendownload video untuk ditonton secara offline.  Saat kamu menggunakan Wi-Fi, kamu bisa mendownload beberapa video untuk kamu tonton selama di perjalanan.

Kekurangan Youtube Go

Cara Download Youtube Go Versi Lama
Youtube Go. Sumber: VCGamers.

Jika ada kelebihan, maka ada pula kekurangannya.  Apalagi Youtube Go adalah versi ringan dari aplikasi aslinya, Youtube.  Penulis menemukan tiga buah kekurangan dari aplikasi ini.

Pertama adalah video berkualitas rendah.  Memang benar jika aplikasi ini dapat menghemat kuota, tapi hasilnya adalah kualitas video yang rendah.  Dengan kualitas tersebut, tentu tidak akan nyaman di mata.

Kedua adalah tidak adanya kolom komentar.  Apakah komentar memakan penyimapanan yang besar atau tidak, tapi di Youtube Go, kamu tidak bisa melihat ataupun menuliskan komentar.

Terakhir adalah kamu tidak bisa membuka profil Youtuber.  Agak mengherankan juga kenapa tidak bisa membuka profil seseorang, padahal hal tersebut sangat mempermudah kita untuk menonton karyanya yang lain.

Tapi, sekali lagi, Youtube Go memanglah sebuah aplikasi yang ringan dan cocok bagi kita dengan HP biasa dan suka hemat kuota.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah cara download Youtube Go versi lama.  Tapi sebelum mulai, kamu harus tahu kalau aplikasi ini harus di-download menggunakan Browser atau di luar Google Play.

Cara Download Youtube Go Versi Lama

Cara Download Youtube Go Versi Lama
Tampilan Download Youtube Go di Apkpure. Sumber: VCGamers.

Sebelum mendownload, pastikan kamu meluangkan tempat penyimpanan setidaknya 100 MB.  Hal ini beralasan karena kamu harus mendownload Installer-nya terlebih dahulu, baru pemasangannya.  Jadi kamu membutuhkan ruangan yang lebih besar.

Jika sudah, berikut adalah caranya:

  1. Buka Website Apkpure.com lalu cari “Youtube Go”.  Atau, kamu bisa langsung klik di sini.
  2. Pilih versi mana yang mau kamu download, dan pilih download.
  3. Setelah selesai, jalankan program tersebut
    • Jika ada pemberitahuan perubahan pengaturan menginstal aplikasi di luar Google Play, silakan diubah terlebih dahulu.
  4. Setelah selesai, Youtube Go sudah bisa kamu pakai!

Sebenarnya ada banyak pilihan website yang menyediakan installer Youtube Go, seperti uptodown.com, apkcombo.com, dan apkfollow.com.  Semuanya bisa kamu gunakan dengan cara seperti di atas.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Musik Terbaik, Download Sekarang!

Penutup

Itulah cara download aplikasi Youtube Go versi lama.  Semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu mendapatkan aplikasi Youtube – lite.

Jadi, apakah kamu sudah mendownloadnya?

Penuhi kebutuhan game kamu dengan Top-up melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID