Daftar Sekolah Desain Game Terbaik di Berbagai Negara!


Sekolah Desain Game Terbaik
Promo Mobile Legends

Anak milenial mana yang tidak mengenali video game? Berkat maraknya video game yang menyasar milenial, tidak heran jika di masa digital ini ada banyak sekali jurusan desain game.

Kalau kamu ingin tahu, VCGamers News akan menyajikan daftar sekolah desain game terbaik di berbagai negara sebagai referensi untukmu.

Baca juga: Ingin Jadi Video Game Designer? Simak Penjelasannya di Sini!

Apa yang Dipelajari di Sekolah Desain Game?

Kamu harus tahu terlebih dahulu tentang apa saja yang akan dipelajari di sekolah desain game. Agar kamu nantinya tidak kebingungan. Nah, inilah hal-hal dasar yang akan kamu pelajari di sekolah desain game.

  • Belajar merancang konsep desain game.
  • Belajar menanamkan kreativitas dalam pengembangan game sesuai kebutuhan pasar.
  • Belajar menciptakan struktur game.
  • Menciptakan layout dan gameplay dari game yang dibuat.
  • Belajar team work dengan pelajar lain agar mampu melakukan pengembangan dan distribusi game dengan baik.
  • Menciptakan berbagai dokumentasi produk game.
  • Belajar membentuk karakter game.
  • Belajar merancang user interface.
Baca juga: 5 Sekolah Desain Video Game Di Pennsylvania

Apa Saja Prospek Kerja di Sekolah Desain Game?

Selama belajar di sekolah desain game, kamu akan mendapatkan keterampilan atau soft skill seperti kreativitas, pemecahan masalah, ketelitian, manajemen waktu, skill teknologi dan kedisiplinan. Dengan membawa berbagai keterampilan itu, kamu berkesempatan meraih berbagai macam prospek kerja yang menggiurkan.

Kamu bisa dengan mudah diterima di sebuah perusahaan developer game. Pada awal mula karir kamu akan ditempatkan sebagai junior designer sebelum menjadi designer.

Setelah melewati tahap-tahap awal, kamu juga bisa menduduki tingkat lead designer hingga design director dengan gaji yang sangat tinggi. Namun, itu hanya gambaran umum, sebab semua perusahaan tentunya punya jenjang karir yang berbeda-beda.

Daftar Sekolah Desain Game Terbaik dari Lima Negara Berbeda

Setelah mengetahui hal-hal umum tentang proses dan prospek kerja di sekolah desain game, inilah saatnya untuk kamu mengetahui di mana saja sekolah desain game berada. Ada sekolah desain game dari lima negara berbeda yang akan kami rekomendasikan.

Nihon Kogakuin College di Jepang

Sekolah Desain Game Terbaik Japan
Gedung Nihon Kogakuin College.

Jepang adalah negara dengan kemajuan digitalisasi yang sangat pesat. Hal itu menjadikan negara Jepang sebagai tempat berlabuh paling baik untuk kamu yang punya mimpi sebagai seorang designer game terkemuka.

Di Nihon Kogakuin College Japan, kamu tak perlu takut dengan keterbatasan bahasa Jepang yang kamu miliki. Sekolah Internasional itu berisikan mahasiswa-mahasiswa dari lintas negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Nihon Kogakuin College terletak di Kamata, tepatnya di bangsal selatan Tokyo. Sebagai salah satu desain game terbaik di dunia, sekolah ini menyediakan tujuh jurusan keren yang bisa kamu pilih. Antara lain, yaitu Game Creator, Graphic Design, Manga and Animation, Music, IT dan Technology.

Sebagai tambahan informasi, sekola ini membuka pendaftaran setiap tahunnya di bulan April dengan lama waktu belajar tiga tahun dan biaya sekitar 3.557.500 Yen. Angka biaya besar tersebut akan mencakup semua kebutuhan hidup kamu di sana. Siap mengejar mimpimu di sana?

University of Southern California di Amerika Selatan

Sekolah Desain Game Terbaik USC
Pemandangan atas kampus USC.

Sekolah desain game ini terletak di California. Dilansir dari laman situs resmi University of California menyediakan gelar Bachelor of Arts untuk Media & Game interaktif dan juga gelar bergengsi lainnya, yaitu Bachelor of Science in Computer Science dengan fokus utamanya adalah dunia game.

Sekolah ini cocok untuk kamu yang mungkin lebih menyukai suasan kota California ketimbang suasana di Kamata, Jepang. Setelah selesai menempuh karir sekolah kamu di sini sebagai desainer game, kamu akan mendapatkan gelar Master of Fine Arts. Tertarik membangun perusahaan game dengan teman-teman Amerika Selatan di sekolah ini?

Sheridan College Trafalgar Road Campus di Kanada

Sekolah Desain Game Terbaik Sheridan
Gedung Sheridan College.

Sheridan College di negara Kanada juga tidak kalah seru dan berkualitas. Kalau kamu memilih sekolah ini, ambillah program studi Game Design jika memang bertekad sebagai seorang desainer game profesional.

Ada berbagai syarat untuk bisa menempuh pendidikan game ini kampus ini. Pertama, kamu harus fasih bahasa Inggris, memiliki kepandaian matematika dan terakhir menyediakan sebuah portofolio yang ditentukan jenisnya oleh Sheridan College.

Sheridan College Game Design memiliki visi utama memenuhi kebutuhan game di pasar. Dengan demikian, mereka memang fokus untuk melahirkan talenta-talenta berbakat untuk bidang pembuatan video game.

The One Academy di Malaysia

Sekolah Desain Game Terbaik ToA
Lab Design Pixar The One Academy.

Sekolah desain game terbaik selanjutnya terletak di Malaysia, cocok untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri, tetapi susah untuk jauh-jauh dari Indonesia. Di The One Academy pun kamu akan menemui banyak mahasiswa dari Indonesia sehingga tak perlu repot belajar bahasa Inggris.

The One Academy akan menjamin kamu menjadi seorang Master dalam bidang yang kamu tekuni. Pernyataan itu didukung oleh filosofi khas mereka yang berbunyi, “Masters Train Masters”.

Jurusan Interactive Media Design adalah jawaban tepat untuk kamu yang ingin jadi desainer game andal. Setelah selesai menekuni jurusan tersebut, kamu akan mendapatkan banyak portofolio keren yang memungkinkan kamu mendapatkan pekerjaan bergengsi di perusahaan pengembang game.

Universitas Binus di Indonesia

Sekolah Desain Game Terbaik Binus
Game Application and Technology Binus.

Sekolah desain game dan tetap tinggal di Indonesia juga tidak ada salahnya. Kamu bisa mendapatkan gelar desainer game S1 berkualitas dengan melakoni jurusan Game Aplication and Technology.

Kamu mungkin pernah dengar developer game keren yang bernama Toge Production. Nah, developer tersebut diisi oleh orang-orang jenius dari Universitas Binus. Dengan demikian, kualitas program studi di Universitas Binus tak perlu diragukan lagi, kan?

Baca juga: 7 Video Game Unik yang Inovasinya Dipakai Sampai Sekarang

Masuk ke salah satu universitas yang telah disebutkan di atas tentunya tidaklah mudah. Namun, dengan bakat, kerja keras, niat dan tekad yang kuat, kamu pasti bisa mewujudkan mimpimu untuk jadi desainer atau pencipta game berkualitas!

Demikianlah pembahasan tentang sekolah desain game terbaik di berbagai negara yang bisa kamu jadikan acuan. Selamat belajar dan berusaha!

Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan game favorit kamu dengan melakukan top-up saldo Steam atau Google Play hanya di VCGamers Marketplace!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID