Daftar Aplikasi NFC Terbaik untuk Android Paling Canggih


aplikasi nfc android
Promo Mobile Legends

Terdapat sejumlah aplikasi NFC atau Near Field Communication terbaik. Bagi yang belum tahu, NFC adalah sebuah alat atau fitur canggih yang akan memudahkan dua perangkat yang ada untuk saling bertukar data atau informasi yang tersedia.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan sebanyak lima rekomendasi aplikasi NFC untuk Android buat kamu agar bisa melakukan berbagai macam aktivitas pertukaran data di Android dengan mudah.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Musik Terbaik, Download Sekarang!

Fungsi dan Kecanggihan NFC

NFC untuk Android
Ilustrasi Transfer data dengan NFC. Sumber: Pixabay.

Namun, sebelum kamu mengetahui 5 aplikasi NFC untuk android yang akan VCGamers bagikan, penting untuk kamu ketahui bahwa NFC ini tidak dapat berfungsi apabila kedua perangkat yang ada memiliki jarak yang berjauhan, umumnya harus berjarak 4 cm saja.

Sebenarnya, NFC adalah versi canggih dari fitur Bluetooth yang di mana Bluetooth cenderung sering mengalami hambatan dalam proses pertukaran data antar dua perangkat secara nirkabel. Koneksi NFC juga bisa disebut gratis karena tidak memerlukan koneksi internet yang stabil.

Tingkat keefektifan NFC bahkan mampu membuat dua perangkat saling bertukar data berupa video seperti film, kontak dan juga berbagai macam format gambar dengan waktu yang relatif lebih singkat ketimbang Bluetooth.

Kemudian, mungkin kamu mengira kalau NFC hanya unggul dalam segi kecepatan transfer data saja dari Bluetooth. Sebenarnya, NFC juga memiliki fungsi lain seperti:

  • Membuka aplikasi secara otomatis.
  • Mengerjakan tugas khusus di Android.
  • Melakukan berbagai macam transaksi/pembayaran.

Setelah mengetahui kecanggihan dan fungsi dari NFC, berikut VCGamers rangkum 3 aplikasi NFC untuk Android milikmu.

Baca juga: Rekomendasi Mouse Gaming Kabel Terbaik, Murah Bro!

NFC Tag Reader

aplikasi nfc tag reader untuk android
NFC Tag Reader. Sumber: Play Store.

Sebelum mengunduh aplikasi NFC ini, pastikan terlebih dahulu kalau perangkat kamu mendukung adanya NFC. Jika sudah, kamu bisa langsung menggunakannya untuk segala keperluan digital seperti menulis dan membaca tugas ke dalam tag NFC di Android kamu.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk bisa menikmati layanan aplikasi ini, kamu tidak perlu susah payah untuk mencari letak sinyal paling stabil di beberapa tempat. Karena aplikasi 100% gratis untuk digunakan.

Lalu, tugas apa saja yang bisa diprogram oleh aplikasi ini? Macam-macam. Kamu bisa mengurus data seperti mencari detail kontak, menghubungkan kontak, hingga mengetahui data WiFi.

Jangan lupa, kamu juga bisa menyimpan informasi berbagai macam tag ke dalam satu tag. Demikian juga dengan fasilitas penyimpanan dalam program tag NFC, semuanya tersedia di aplikasi ini.

Baca juga: Rekomendasi HP Murah Spek Dewa di Bawah 2 Juta

Smart NFC

Smart NFC
Aplikasi Smart NFC. Sumber: Play Store

Aplikasi NFC untuk Android kedua yang VCGamers rekomendasikan adalah Smart NFC. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur, mampu membuat berbagai macam tugas berjalan otomatis dan juga dapat bekerja di banyak aplikasi.

Hanya dengan satu aplikasi ini saja, kamu bisa menyelesaikan segala tugas dengan lebih mudah, efisien dan sederhana. Kamu pun juga tak perlu susah payah untuk mengubah pengaturan perangkatmu ketika sedang menjalankan tag NFC karena program tag NFC akan berjalan otomatis dengan sendirinya.

Meskipun aplikasi ini dibekali banyak fitur yang memudahkan tugasmu, kamu tetap bisa menikmati fiturnya tanpa harus menghapus aplikasi berukuran besar di perangkatmu. Sebab aplikasi NFC yang satu ini hanya berukuran sebesar 8,65 MB saja sejak artikel ini ditulis.

Baca juga: 5 Aplikasi Menggambar 3D Android Terbaik Berdasarkan Play Store

NFC Writer by Trigger

Aplikasi NFC untuk Android selanjutnya adalah NFC Writer by Trigger. Tampilan aplikasinya jauh lebih sederhana ketimbang dua aplikasi sebelumnya.

Aplikasi besutan Coleridge Apps LC ini juga mampu berfungsi dengan baik sebagaimana dua aplikasi yang direkomendasikan di atas.

Mungkin kamu ingin memprogram kontak buku alamat, alamat web dan juga email, maka aplikasi ini bisa kamu jadikan salah satu andalan yang ideal.

Fitur-fitur yang disediakan sebetulnya hampir sama dengan dua aplikasi sebelumnya, hanya saja aplikasi lebih cocok digunakan untuk kamu yang saat ini memiliki ruang penyimpanan di perangkat yang hampir habis.

Jika benar seperti itu, maka aplikasi dengan ukuran 0,93 MB ini cocok banget untuk kamu gunakan guna melakukan transfer banyak data secara sederhana.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Booster Game Android, Oke Banget!

NFC memanfaatkan gelombang radio untuk saling bertukar data antar dua perangkat. Hal itulah yang menjadi standar operasional dari setiap aplikasi di atas. Lain halnya dengan Bluetooth yang memanfaatkan induksi elektromagnetik dalam prosesnya.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang berbagai aplikasi NFC untuk Android. Semoga bermanfaat untuk aktivitas-aktivitas bertukar data yang akan kamu butuhkan di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID