Rekomendasi Console Game Terbaik, Cocok untuk Gamers!

Gamers pastinya sudah tidak asing lagi dengan console game. Console game merupakan perangkat untuk bermain game dan biasanya menggunakan controller untuk memainkannya.

Console game biasanya datang dalam bentuk optical disc, kartrid ROM, digital download atau dalam kasus konsol khusus terdapat memori internal. Pada tahun 2018, valuasi pasar game konsol global bernilai sekitar $26,8 miliar.

Kali ini VCGamers akan merekomendasikan console game terbaik yang wajib untuk Vicigers atau para gamers punya!

Baca Juga: Cara Ngalahin Gusion di Mobile Legends, Nggak Berkutik!

Rekomendasi Console Game Terbaik

Ada beberapa console game yang akan direkomendasikan.

Mari simak ulasannya!

PlayStation 5

Console Game
PlayStation 5

PlayStation 5 (PS5) merupakan console game rumahan yang dikembangkan oleh Sony Interactive Entertainment. PS 5 sendiri diumumkan pada tahun 2019 sebagai penerus PlayStation 4, PS5 dirilis pada 12 November 2020, di Australia, Jepang, Selandia Baru, Amerika Utara, dan Korea Selatan dan dirilis di seluruh dunia setelah seminggu kemudian.

PS5 merupakan bagian dari generasi kesembilan dari console game yang bersamaan dengan konsol Microsoft Xbox Series X dan Series S, yang dirilis pada bulan yang sama.

Model dasar dari PS 5 ini mencakup optical disk yang kompatibel dengan disk Blu-ray Ultra HD. Namun pada edisi digital, PS 5 tidak memiliki drive ini dan memungkinkannya berfungsi sebagai model dengan biaya yang lebih rendah bagi mereka yang lebih suka membeli game melalui unduhan digital.

Melalui PlayStation 5, Sony mendaur ulang kembali bagian-bagian penting dari PlayStation dengan PS 5 mulai dari pengaturan yang lebih sederhana dan interface pengguna baru yang dipikirkan secara matang, hingga pengontrol revolusioner dan bonus tambahan untuk anggota PS Plus. Dan hasilnya adalah PS 5 yang seperti langkah nyata dari PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro yang datang sebelumnya.

Baca Juga: 5 Karakter Gratis Free Fire Tanpa Menggunakan Diamond

Nintendo Wii

Console Game
Nintendo Wii

Nintendo Wii merupakan console game rumahan yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Nintendo. Nintendo Wii dirilis pada 19 November 2006, di Amerika Utara dan pada Desember 2006 dan sebagian besar wilayah lain di dunia.

Ini merupakan console game rumah utama kelima Nintendo, mengikuti GameCube dan merupakan konsol rumah generasi ketujuh bersama Microsoft Xbox 360 dan Sony PlayStation 3.

Kontrol utama untuk Wii adalah Wii Remote yang merupakan pengontrol wireless dengan penginderaan gerak dan kontrol tradisional yang dapat digunakan sebagai perangkat penunjuk ke layar televisi atau untuk pengenalan gerakan.

Wii adalah konsol Nintendo pertama yang secara langsung mendukung konektivitas Internet, mendukung game online dan untuk distribusi digital game dan aplikasi media melalui Wii Shop Channel.

Wii juga mendukung konektivitas wireless dengan konsol genggam Nintendo DS untuk game tertentu. Model Wii ini awalnya menyertakan dukungan kompatibilitas penuh untuk GameCube namun kemudian dalam siklusnya, dua model Wii yang harganya lebih rendah diproduksi.

Pertama model yang direvisi dengan desain yang sama dengan Wii asli tetapi menghapus fitur kompatibilitas GameCube dan Wii Mini, desain ulang Wii yang ringkas dan murah yang selanjutnya menghapus fitur termasuk online konektivitas dan penyimpanan kartu SD.

Nintendo Wii kembali membuat Nintendo sebagai pemain kunci di pasar console game. Pengenalan game mereka yang dikendalikan oleh Wii Remote membuat Microsoft dan Sony mengembangkan produk pesaing mereka masing-masing yakni Kinect dan PlayStation Move.

Baca Juga: 5 Karakter FF Untuk Sniper yang Bisa Meningkatkan AIM!

Xbox Series S dan X

Console Game
Xbox Series S

Xbox Series X dan Xbox Series S merupakan console game rumahan yang dikembangkan oleh Microsoft. Keduanya dirilis pada 10 November 2020, sebagai generasi keempat dari keluarga konsol Xbox, menggantikan Xbox One. Seiring dengan rilisnya Sony PlayStation 5 pada November 2020, Xbox Series X dan Series S juga merupakanbagian dari generasi kesembilan dari console game.

Xbox Series X memiliki hardware kelas atas dan mendukung resolusi yang tinggi hingga 8K bersamaan dengan frame rates dan real-time ray tracing, ia juga memiliki solid-state drive (SSD) berkecepatan tinggi untuk mengurangi waktu loading.

Xbox Series S yang lebih murah menggunakan CPU yang sama tetapi memiliki GPU yang kurang kuat serta memiliki lebih sedikit memori dan penyimpanan internal dan tidak memiliki optic drive. Kedua konsol ini dirancang untuk mendukung hampir semua game, controller, dan aksesori Xbox One termasuk game dari konsol Xbox lama yang didukung oleh kompatibilitas mundur Xbox One.

Saat diluncurkan, Microsoft memposisikan game pihak pertama mereka dan beberapa game pihak ketiga yang akan tersedia pada Xbox Series X/S dan Xbox One untuk membantu transisi antar generasi dan menyediakan kerangka distribusi “Smart Delivery” agar secara bebas dapat memberikan pengoptimalan lebih lanjut dari sebuah Game Xbox One untuk Xbox Series X atau Series S.

Konsol ini juga kompatibel dengan layanan berlangganan game Xbox Game Pass, serta platform streaming game cloud Xbox Cloud Gaming.

Baca Juga: 12 Game PS4 Terbaik 2022 yang Wajib Kalian Mainkan

Nintendo Switch

Nintendo Switch

Nintendo Switch merupakan console game yang dikembangkan oleh Nintendo dan dirilis di seluruh dunia di sebagian besar wilayah pada tanggal 3 Maret 2017. Konsol ini sendiri berbentuk tablet yang dapat dipasang ke dock untuk digunakan sebagai konsol rumah atau digunakan sebagai perangkat portabel dan dapat menjadikannya konsol hybrid.

Nintendo Switch memiliki controller Joy-Con yang wireless dengan dilengkapi tombol standar dan stik analog terarah untuk user input, motion sensing, dan tactile feedback dan dapat dipasang di kedua sisi konsol untuk mendukung permainan menggunakan kontrol genggaman. Nintenso Switch juga dapat terhubung ke aksesori pegangan untuk menyediakan bentuk gamepad konsol rumah tradisional, atau digunakan secara individual di tangan seperti Wii Remote dan Nunchuk, yang mendukung mode multiplayer.

Selain itu, Nintendo Switch juga mendukung game online melalui konektivitas Internet, serta konektivitas ad hoc wireless lokal dengan konsol lain.

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Add a comment