Combo Magic Chess Terbaik Yang Bisa Kamu Coba!


push rank magic chess

Pemain Mobile Legends tentu sudah mengetahui sebuah game arcade bernama Magic Chess.  Tapi apakah mereka tahu Combo Magic Chess terbaik?

Magic Chess adalah sebuah game arcade yang berasal dari Mobile Legends: Bang Bang.  Game dengan genre Auto-Battler ini pertama kali rilis sejak 17 Maret 2020.

Hingga saat ini, Magic Chess diminati oleh banyak orang dan pemain Mobile Legends lainnya.  Dibandingkan Game Auto-Battler yang lain, Magic Chess bisa dikatakan lebih seru, menarik, mudah, dan gameplay yang lebih cepat.

Tapi apa gunanya sebuah game dimainkan jika tidak untuk menang, kan?  Nah, untuk bisa memenangkan game ini, kamu tidak bisa mengandalkan heroes dan skill Little Commander saja.  Tapi kamu harus paham tentang strategi dan combo.

Baca Juga: Little Commander Magic Chess Terbaik Saat Ini!
CLICK HERE FOR FREE MLBB DIAMONDS!

Apa Itu Combo Magic Chess?

Pertandingan Magic Chess LH x VCGamers
Pertandingan Magic Chess LH x VCGamers. Source: YT/LittleHope

Jika bicara soal combo, biasanya berkaitan dengan skill.  Tapi di Magic Chess, selain skill para heroes, kamu harus tahu tentang sinergi.

Singkatnya, Sinergi adalah sebuah buff yang diberikan kepada sejumlah heroes jika telah memenuhi jumlah faction atau role

Perlu diingat, untuk meningkatkan faction atau role, kamu harus menggunakan hero yang berbeda, mengambil lambang faction atau role di Choice of Fate, atau memanfaatkan Blessing.

Agar lebih mudahnya, kami telah melakukan list combo Magic Chess terbaik yang bisa kamu coba tentunya dengan win rate tinggi berdasarkan pengalaman bermain dan juga Fandom Magic Chess.  Bisa auto-win nih. 

Mau tau apa saja listnya?  Yuk disimak!

Baca Juga: Best Meta Combo Sinergi dan 10 Hero Terbaiknya di Magic Chess!

List Combo Magic Chess

Combo Magic Chess Guardian. Sumber: VCGamers

Perlu kamu tahu, combo yang kami list ini sifatnya dapat berubah-ubah seiring gaya bermain dan lawan yang kamu hadapi.  Jadi ini tidak terlalu pakem, tapi bisa kamu jadikan guide dalam bermain.

Archer – Cadia Riverlands

Combo Magic Chess
Combo Magic Chess Archer – Cadia Riverlands. Sumber: VCGamers.

Ini adalah salah satu combo yang sering digunakan para pro player.  Pasalnya, combo satu ini sangat sangat memanfaatkan attack speed namun dengan damage yang sakit.

Role Archer mengandalkan jarak serangan dengan musuh.  Buff lainnya yang diterima Archer adalah penambahan basic attack dan pengurangan physical attack yang dapat di-stack.

Sedangkan Faction Cadia Riverlands dapat menambah buff attack speed dan 10% Max HP.

Dari kedua hubungan tersebut, kamu bisa memilih Synergy Evolution dari Archer ataupun Cadia Riverlands tergantung main heroes kamu.

Jika damage dealer kamu berfokus pada Hero Wanwan, Synergy Evolution Archer lebih menarik untuk kamu ambil, membuatnya lebih sakit.  Tapi jika kamu berfokus dengan Zilong dan Ling, kamu bisa memilih Synergy Evolution Cadia Riverlands.

Kekurangan dari build ini adalah defense yang rendah.  Kamu bisa menggunakan Hero Akai atau hero berdarah tebal lainnya sebagai Tank untuk menjaga para Archer.  Meski buff dari Cadia Riverlands ini aktif saat hero kamu mati, tapi keberadaan Tank membuat sustainability kamu meningkat.

Nature Spirit – Targeman – Elementalist/Mage

Combo Magic Chess
Combo Magic Chess Nature Spirit – Targeman – Mage Elementalist. Sumber: VCGamers.

Suka bermain dengan darah tebal dan Magic Damage? Maka combo ini mungkin akan cocok untuk kamu. 

Nature Spirit memiliki buff yang membuat heroes kamu saling “share damage”.  Heroes kamu akan mendapatkan -25% damage reduction tapi menghilangkan physical defense.

Alasannya adalah buff dari Targeman bisa hidup kembali, jadi saat revive, harapannya bisa bertahan lebih lama.

Untuk sinergi Guardian, buffnya menambahkan 135 Extra Physical Defense khusus untuk Rolenya saja. 

Sedangkan sinergi Nature Spirit, meski pada awalnya hilang, tapi tambahan physical defense tetap berlaku.  Jadi selain memiliki HP yang tebal, Nature Spirit juga memiliki physical dan magical defense.

Untuk menguatkan potensi Nature Spirit, kamu bisa menggunakan Elementalist atau Mage. Jika kamu mengandalkan spam skill, maka gunakan buff dari Elementalist seperti Eudora, Aurora, atau Gord.

Tapi buff Mage juga sangat berguna karena buffnya yang meningkatkan magic damage dapat mempengaruhi seluruh heroes kamu.

Kekurangan dari combo yang satu ini justru datang dari heroes-nya.  Jika musuh berhasil mengincar hero berdarah tipis seperti Miya atau Eudora, maka seluruh heroes akan terancam dan bisa-bisa to soon, bye~.

V.E.N.O.M – Assassin/Archer

Combo Magic Chess
Combo Magic Chess Venom – Assassin Archer. Sumber: VCGamers.

V.E.N.O.M jadi salah satu combo yang paling mudah digunakan dan mungkin cocok dengan berbagai synergy.  Jika kamu bisa memilih kelompok V.E.N.O.M saat Chose of Fate, maka akan sangat mudah untuk kedepannya.

Setelah V.E.N.O.M terbentuk, kamu bisa mengambil Synergy Evolution sesuai kebutuhan kamu.  Jika maksimal heroes berjumlah 9-10, maka kamu bisa membuat Synergy Evolution satu lagi.

Kamu bisa memanfaatkan role Assassin (Gusion) atau Archer (Hanabi) yang telah bergabung dengan V.E.N.O.M.  Dengan kemampuan Assassin atau Archer, musuh akan lebih cepat kalah daripada role/faction lainnya.  

Kelemahan dari combo satu ini adalah tank.  Tidak ada yang bisa membadani combo ini kecuali Grock.  Tapi dengan skill Grock yang “menyeruduk” musuh, lalu pergi, justru menjadi celah bagi musuh untuk menyerang damage dealer kamu.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Swordsman – Mech Era/Cadia Riverlands

Combo Magic Chess
Combo Magic Chess Swordsman Mech Era Cadia. Sumber: VCGamers.

Role Swordsman sangat baik bagi kalian yang suka spam basic attackSkill milik Swordsman mengandalkan basic attack dengan chance mendatangkan “hujan pedang” kepada musuh.  Damage-nya pun gak main-main loh.

Sebenarnya dengan tambahan faction Mech Era, kamu bisa menahan musuh mengeluarkan skill.  Tapi kalau kamu mengandalkan attack speed para Swordsman, gunakan Cadia Riverlands.  

Kamu bisa pilih Synergy Evolution memberikan efek Cadia Riverlands (attack speed) ke seluruh heroes, dan Ta-daa, musuh akan kesulitan dengan pedang-pedang kamu.  

Kurangnya dari sinergi ini adalah dengan attack speed yang tinggi, musuh akan lebih cepat mengeluarkan skill karena serangan dari hero kita.

Wrestler – Mech Era/Astro Power/Superhero

Combo Magic Chess Wrestler – Astro Superhero Mech Era. Sumber: VCGamers.

Mau bikin musuh “Pusing”? Wrestler jawabannya. 

Buff yang dapat memberikan chance stun selama 2.5 detik ini terbilang Over Power.  Apalagi ditambah dengan kedua Synergy Evolution yang sangat bagus.

Meski memang seharusnya Wrestler cocok dengan Cadia Riverlands, tapi kami menyarankan dengan Mech Era (Gatot Kaca), Astro Power (Badang), atau Super Power (Chou). Kalau ingin menggunakan Cadia Riverlands, pastikan kamu bisa mendapatkan kapasitas 9-10 heroes dengan bantuan Blessing.

Simpelnya, Mech Era membantu kamu untuk membuat musuh sangat jarang mengeluarkan skill.  Sedangkan Astro Power dan Superhero berfokus pada status heroes dan damage tiap heroes.

Kekurangan dari combo ini terletak di pasangan Wrestler. Baik Mech Era, Superhero, atau Astro Power memiliki kelebihan dan kekurangan yang cukup besar.  Apalagi Superhero yang mengandalkan heroes yang mati, damage dealer tapi sustainability yang rendah. Pilihlah dengan bijak dan sesuai yang kamu dapat.

Baca Juga: 5 Item Build Badang Tersakit di Season 25 Mobile Legends

Combo Magic Chess: Abyss – Weapon Master

Combo Magic Chess Weapon Master – Abyss. Sumber: VCGamers.

Ini adalah Combo paling mainstream yang ada di Magic Chess.

Alasannya ada dua. Pertama adalah rata-rata hero dengan role Weapon Master dan faction Abyss ini dapat kamu beli di harga yang murah.  Sedangkan alasan kedua adalah Weapon Master memiliki banyak pilihan hero.

Buff dari Weapon Master mirip dengan lifesteal, dapat mengubah sebagian damage yang kamu berikan ke musuh menjadi HP atau shield.  Sedangkan untuk Abyss membuat seluruh heroes mendapatkan extra Attack Speed.

Synergy Evolution dari role dan faction ini pun sangat menguntungkan sekali.  Kamu bisa bebas memilih keduanya, mau Abyss ataupun Weapon Master.

Kekurangan dari combo ini adalah full physical attack dan sebagian besarnya melee.

Jika musuh kamu punya tank yang cukup kuat atau menggunakan sinergi Guardian, ditaruh di tengah map, heroes kamu akan mati diserang hero ranged atau magic attak musuh.

High Risk:  Mage – Elementalist

Combo Magic Chess Mage – Elementalist. Sumber: VCGamers.

Sebenarnya agak kurang wajar menggunakan combo Role-Role atau Faction-Faction.  Tapi kalau kamu bernyali besar, silakan coba combo Mage-Elementalist.

Synergy Evolution dari kedua role ini sangat baik, seperti Mage yang bisa stun musuh, atau Elementalist yang bisa spam skill.  Jika 2-3 heroes kamu berhasil meng-cast skillnya, pasti auto win!!!

Kekurangan dari combo ini ada tiga.  Pertama adalah kamu harus mengandalkan gacha Blessing atau memilih faction/role di Choice of Fate kedua atau ketiga agar lebih maksimal.  Kedua adalah seluruh heroes yang mengandalkan magic attack.  Terakhir adalah kekurangan Tank.

Bonus: Los Pecados

Bonus Combo Magic Chess Los Pecados. Sumber: VCGamers.

Inilah bonus Synergy Evolution yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan heroes yang kamu mau.

Ada empat urutan dalam Magic Chess, Gold>Heroes>Faction/Role/Capacity>Item.

Gold bisa kamu dapatkan dengan mudah, Heroes juga.  Tapi kamu hanya bisa mendapatkan Item dari Chose of Fate.

Nah, kalau kamu hanya membutuhkan tambahan gold, kamu bisa mengumpulkan Los Pecados, ambil Synergy Evolution +20 Gold, lalu jual semua heroes-nya.

Tapi kalau kamu ingin mendapatkan Item, kamu bisa gunakan Synergy Evolution yang satu lagi.

Jika heroes Los Pecados dapat membunuh lawan, kamu bisa mendapatkan Item secara random. Enak bukan?

Nah, itulah combo Magic Chess yang bisa kamu coba mainkan.  Sebenarnya masih ada banyak lagi combo yang bisa kamu coba, seperti Gunner dan Northern Valley, tapi kami menuliskan combo Magic Chess yang cukup anti-mainstream dengan win rate yang tinggi.

Jika kamu memiliki saran combo lainnya, silakan ketik di comment ya.  Selamat bermain~

Jangan lupa, lengkapi kebutuhan game kamu di VC Market by VCGamers.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID