Inilah Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Mudah!


Cara Membuka HP Yang Lupa Pola
Promo Mobile Legends

Apakah kamu menggunakan sandi pola atau password di HP kamu, kemudian lupa?  Jangan cemas, kali ini VCGamers akan memberitahu kamu cara membuka pola HP yang lupa.

Penasaran dengan kedua cara tersebut?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Cara Ganti Password Wifi Paling Mudah 2022

Menjaga Privasi HP Dengan Pola dan Password

Ilustrasi HP Terkunci. Sumber: VCGamers.

Memiliki tingkat keamanan yang kuat menjadi keinginan semua orang agar tidak digunakan oleh orang lain.  Mulai dari password email, password game, hingga password HP.

Untuk menjaga keamanan HP kamu dari sentuhan yang tidak disengaja ataupun dari tangan jahil, terdapat beberapa fitur pengamanan.  Mulai dari menggeser tombol, menggunakan pola, PIN, memasukkan password, dan sidik jari.

Jenis Pengamanan di HP Samsung. Sumber: VCGamers.

Dari kelima keamanan HP di atas, keamanan dengan pola dan sidik jari menjadi cara yang aman.  Namun, dari segi kemudahan, pola lebih sering digunakan.

Pola yang dimaksud adalah sistem pengamanan yang mengharuskan kamu menyambungkan 4-9 titik dalam sekali sentuh.  Jika dihitung secara matematika, 4-9 titik ini bisa memiliki kemungkinan pola mencapai 362871 pola!

Dari sekian banyak kemungkinan pola tersebut, kamu hanya diminta untuk membuat satu pola saja untuk kamu ingat.  Pola tersebut nantinya akan menjadi kunci utama kamu untuk membuka HP atau mengubah pengaturan.

Sidik jari sebenarnya menjadi sistem keamanan terkuat, karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda.  Namun biasanya akan dibarengi dengan salah satu jenis keamanan lainnya sebagai “Backup plan”.

Seringkali pengguna HP yang justru lupa cara membuka pola yang ia buat sendiri, terlebih lagi saat ia baru membuat atau mengganti pola.  Atau bahkan mereka sengaja membuat pola yang sangat sulit, sehingga ia sendiri pun sulit membukanya.

Jika salah memasukkan pola, HP akan memberikan jeda waktu yang terus bertambah.  Bahkan, beberapa merk HP membuat sistem penguncian permanen!

Maka dari itu, VCGamers akan memberitahu kamu tentang dua cara bagaimana cara membuka pola HP yang lupa.  Simak kedua cara tersebut di bawah ini!

Cara Pertama Membuka Pola HP Yang Lupa – “Forgot Pattern”

Cara Membuka HP Yang Lupa Pola
Sistem Keamanan Pola. Sumber: VCGamers.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan “Forgot Pattern”.  Cara kerjanya mirip seperti kamu lupa password di akun Facebook atau Instagram kamu.

Tapi, pilihan  “Forgot Pattern” ini hanya berlaku pada Android 4.4 atau versi lebih lama.  Untuk versi lebih baru, pilihan “Forgot Pattern” sudah dihapus.

Berikut adalah langkah-langkanya:

  • Masukkan pola yang salah beberapa kali hingga muncul pilihan “Forgot Pattern”
  • Klik pilihan “Forgot Pattern”
  • Masukkan akun Google yang tertaut pada HP kamu (username dan password)
  • Pilih “Reset Screen Lock” dan buat pola baru sesuai yang kamu inginkan
  • Simpan settingan tersebut.

Setelah itu, kamu bisa mencoba membuka HP kamu dengan pola yang baru.

Cara Kedua Membuka Pola HP Yang Lupa – Reset Factory

Cara Membuka HP Yang Lupa Pola
Illustrasi Loading Reset Factory.

Ini adalah cara terakhir dan satu-satunya jalan keluar jika kamu lupa pola HP kamu.  Mengingat pilihan “Forget Pattern” telah hilang di versi terbaru, maka jalan keluarnya hanyalah melakukan reset pabrik.

Ada alasan kuat mengapa opsi “Forget Pattern” dihapus. Pertama adalah terdapat kemungkinan jika seseorang menemukan username dan password Google kamu.  Jika ia mengetahuinya, maka ia bisa mengganti pola sekaligus membuka HP kamu.

Tidak hanya mengganti pola HP kamu sesukanya, tapi juga ada potensi mengubah settingan keamanan menjadi sidik jari atau password.  Tentu hal tersebut akan sangat merugikan pemilik HP.

Untuk tetap menjaga keamanan, maka jalan keluarnya hanyalah Reset Factory.  Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Matikan HP terlebih dahulu dengan beberapa cara:
    • Menekan tombol power yang lama,
    • Memilih pilihan Shut Down atau Restart, atau
    • Membiarkan HP kehabisan baterai.  Cara ini dilakukan apabila HP tidak bisa dimatikan dengan tombol power.
  • Hidupkan kembali HP sambil menekan salah satu dari beberapa kombinasi tombol di bawah untuk masuk ke bagian “Recovery Mode“:
    • Tombol Power dan Volume –
    • Tombol Power dan Volume +
    • Tombol Power, Home, dan Volume –
    • Tombol Power, Home, dan Volume + (Setiap jenis, bentuk, dan merk HP memiliki cara berbeda untuk masuk ke Recovery Mode)
  • Setelah masuk ke bagian “Recovery Mode”, kamu bisa cari dan klik settingan “Reset Factory”
  • Setelah beberapa saat, HP siap digunakan kembali

Kamu bisa memasukkan kembali akun HP yang akan kamu gunakan di HP tersebut, sama seperti pertama kali kamu membelinya.  Namun resiko yang kamu terima adalah seluruh pengaturan, data, dan aplikasi di dalam HP telah hilang.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Force Restart Berbagai Seri iPhone

Penutup

Itulah dua cara membuka pola HP yang lupa.  Setiap pembuat HP tentu menginginkan produk yang terbaik di sisi privasi.  Maka dari itu, kamu harus berhati-hati agar tidak sampai lupa.

Kamu bisa mengakalinya dengan membuat note kecil yang disimpan di dalam Google Drive, di rumah, atau tempat yang hanya kamu yang bisa mengaksesnya.  Jika sewaktu-waktu kamu lupa, kamu bisa melihat note tersebut.

Jadi, apakah kamu sekarang sudah bisa membuka pola HP kamu?

Penuhi kebutuhan game kamu dengan Top-Up melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID