Cara Membuka HP yang Terkunci Dengan Mudah

Terkadang, kamu pasti sering lupa password atau pola pada HP, sehingga tidak bisa terbuka. Nah, VCGamers sudah merangkum beberapa cara membuka hp yang terkunci dengan mudah.

Apakah kamu Lupa pola di ponsel yang sedang terkunci? Nggak perlu panik, karena VCGamers akan memberitahu cara membuka hp yang terkunci yang terlupakan. Termasuk bagaimana cara membuka hp yang terkunci, baik dengan kata sandi atau PIN. 

Di ponsel saat ini, sangat penting untuk menggunakan fungsi pola, PIN, dan kata sandi. Karena melindungi informasi pribadi dari orang yang tidak bertanggung jawab. Mengunci ponsel dengan pola atau kata sandi memastikan bahwa data penting, seperti daftar kontak, informasi email penting, di akun jejaring sosial akan aman. 

Apalagi jika kamu menginstal banyak aplikasi digital untuk menghemat uang, seperti akun OVO, Dana atau GoJek. Keamanan HP merupakan faktor penting. Meskipun terkadang sulit untuk menggunakan fitur kunci ini, namun keamanan data dan informasi lebih penting dari itu.

Ini benar, terkadang kamu bisa melupakan pola atau kata sandi yang telah dibuat. Akibatnya, kamu tidak akan dapat menggunakan ponsel atau mengakses menu dan aplikasi yang ada.

Namun, jika lupa, sobat Vicigers dapat membuka kunci pola dengan menerapkan cara membuka hp yang terkunci di bawah ini, termasuk kata sandi atau PIN ponsel yang terlupa. Cara membuka hp yang terkunci paling efektif membuka kunci ponsel yang terkunci menggunakan Samsung, Xiaomi, OPPO dan vivo.

Cara Membuka HP yang Terkunci

Menggunakan Pola

 

Cara Membuka HP yang Terkunci
Pola

cara membuka hp yang terkunci yang lupa dimungkinkan untuk semua jenis ponsel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan setiap pola beberapa kali hingga “Pattern Forgotten” muncul.
  2. Klik pada ‘Pola yang Terlupakan’
  3. Masukkan Akun Google (nama pengguna dan kata sandi) yang digunakan di ponsel yang lupa polanya
  4. Setel ulang kunci layar dan buat pola baru

Perlu dicatat bahwa metode membuka kunci pola yang terlupakan ini digunakan untuk ponsel dengan Android 4.4 atau lebih rendah.

Gunakan fitur Temukan Perangkat Saya

Cara Membuka HP yang Terkunci
HP

Metode kedua berfungsi untuk cara membuka hp yang terkunci adalah menggunakan fitur ‘Temukan Perangkat Saya’. Cara membuka kunci pola ponsel yang terlupakan tidak menghapus semua data dan aplikasi. Metode ini hanya berfungsi pada ponsel Samsung. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Buka dari laptop ke https://findmymobile.samsung.com
  2. Kemudian “Masuk” dengan akun Samsung yang terdaftar di ponsel Samsung yang lupa polanya
  3. Kemudian klik Unlock pada menu yang muncul di sisi kanan layar laptop
  4. Masukkan akun Samsung di tab baru dan kemudian klik “Next”

Pastikan Samsung account bekas sudah terdaftar di hp samsung, lupakan polanya terlebih dahulu. Dan satu hal lagi, ponsel yang lupa pola sebelumnya mengaktifkan fitur Remote Unlock.

Jika cara membuka hp yang terkunci diatas tidak berhasil, sobat Vicigers bisa menggunakan cara dibawah ini sesuai merk hp. Namun perlu diingat bahwa cara ini adalah mengembalikan ke pengaturan pabrik. Dan setiap merek ponsel memiliki pendekatan yang berbeda.

HP Samsung

Cara Membuka HP yang Terkunci
Samsung

Jika sobat Vicigers menggunakan reset pabrik, ada risiko semua data dan file yang disimpan akan hilang. Ini harus dilakukan tanpa gagal menggunakan kembali ponsel Samsung.

Ini karena kamu juga tidak dapat mematikan perangkat jika lupa kartrid. Untuk melakukan hard reset ponsel Samsung setelah pola yang terlupakan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dalam mode layar kunci, tekan dan tahan Daya + Kurangi volume untuk masuk ke mode pemulihan
  2. Saat logo Samsung Galaxy muncul, tekan tombol Power + Volume Up
  3. Tahan beberapa saat sampai masuk ke recovery mode
  4. Kemudian pilih menu erase data / restore factory setting (scroll dengan tombol volume lalu dengan tombol power untuk masuk)
  5. Kemudian gunakan tombol daya untuk memilih “Ya”.
  6. Terakhir, pilih menu Reboot Now
  7. Tunggu hingga proses hard reset selesai

Metode ini digunakan untuk ponsel Samsung dengan antarmuka pengguna tunggal berbasis Android 9 Pie. Di sini Pricebook menggunakan ponsel Samsung Galaxy A30s. Dan cara ini mungkin berbeda untuk setiap jenisnya.

HP Xiaomi

Cara Membuka HP yang Terkunci
Xiaomi 11 T

Cara membuka hp yang terkunci menggunakan password dan pola PIN yang lupa pada hp Xiaomi terbaru juga tidak jauh berbeda dengan hp samsung yaitu mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Bedanya, jika kamu lupa pola di HP Xiaomi kamu, kamu masih bisa restart atau matikan perangkat. Untuk melakukan hard reset ponsel Xiaomi untuk membuka kunci pola yang terlupakan, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Matikan ponsel Xiaomi
  2. Dalam mode mati, tekan tombol daya dan volume secara bersamaan hingga logo Mi muncul
  3. Pilih “Hapus data” di menu (gunakan tombol volume atas dan volume bawah dan tombol on / off untuk memilih)
  4. Kemudian pilih “hapus semua data” lalu pilih “konfirmasi”
  5. Setelah selesai menghapus data, pilih ‘kembali ke menu utama’
  6. Kemudian pilih ‘Reboot’ di sebelah ‘Reboot to System’
Baca juga: Rekomendasi HP Gaming 5 Jutaan Maret 2022

HP OPPO

Cara Membuka HP yang Terkunci
Oppo Reno6

Salah satu cara membuka hp yang terkunci di ponsel OPPO adalah dengan melakukan hard reset.

Namun, kamu harus ingat bahwa proses ini akan menghapus semua file dan data di ponsel OPPO yang lupa pola atau kata sandinya.

Jika tidak ada masalah dengan kehilangan data, kamu dapat melanjutkan dengan membuka pola ponsel OPPO yang terlupakan di bawah ini:

  1. Matikan HP OPPO yang lupa polanya
  2. Kemudian secara bersamaan tekan tombol daya dan kecilkan volume
  3. Tunggu OPPO masuk ke menu recovery mode
  4. Pilih bahasa yang digunakan
  5. Pilih Hapus Data
  6. Pilih Format Data, tunggu hingga selesai, lalu pilih OK
  7. Ponsel OPPO akan restart dan kembali ke pengaturan pabrik

Saat ini, fungsi kunci pengaman ponsel sangat berbeda. Selain penguncian pola, pin, dan kata sandi, ada juga layar kunci dengan sidik jari dan penguncian wajah.

Baca juga: Rekomendasi HP 2 jutaan Terbaik 2022, Cek Sekarang!

Disarankan untuk menggunakan kombinasi fitur kunci keamanan ini. Karena jika lupa salah satunya, kamu bisa menggunakan slot alternatif. Seperti membuka kunci ponsel yang terlupakan atau terkunci, termasuk membuka kunci kata sandi dan PIN yang terlupakan. Selamat mencoba!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!