Cara Mematikan Getar Keyboard Android, Hemat Baterai!


Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Fitur getar keyboard Android bisa mengganggu sebagian orang dan mereka ingin mencari tahu cara mematikan fitur tersebut. Setiap smartphone Android memiliki fitur untuk menonaktifkan getaran keyboard melalui menu pengaturan masing-masing smartphone.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang cara mematikan fitur getar keyboard khusus untuk smartphone Android. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 6 HP dengan Refresh Rate Tinggi dan Spesifikasi Dewa

Fungsi Menonaktifkan Fitur Vibrate

Cara Mematikan Getar Keyboard Android
Contoh Keyboard Android. Sumber: Figma

Ketika kamu mengetik sesuatu untuk memberikan pesan atau keperluan lainnya, mungkin akan merasa terganggu dan tidak nyaman karena adanya getaran.

Getaran tersebut umum terjadi di berbagai smartphone Android. Hampir semua smartphone Android tersebut memiliki fitur getaran ketika kamu menggunakan keyboard untuk chatting atau browsing.

Sayangnya, fitur getaran tersebut merupakan fitur bawaan bagi berbagai smartphone Android. Karena fitur tersebut merupakan fitur bawaan, maka para pengguna smartphone Android mencari cara untuk menonaktifkan fitur vibration ketika menggunakan keyboard.

Menonaktifkan fitur getaran bisa memberikan beberapa keuntungan. Pertama, pengguna akan lebih nyaman ketika menggunakan keyboard. Selama menggunakan keyboard dengan getaran, pengguna bisa saja mengalami ketidaknyamanan.

Kedua, smartphone yang menonaktifkan fitur getaran tersebut bisa lebih hemat untuk masalah baterai. Dengan mematikan fitur vibrate, maka kamu bisa menghemat baterai dengan cukup signifikan.

Jika kamu mengalami masalah dengan fitur getaran keyboard smartphone Android, yuk simak cara menonaktifkan fitur tersebut melalui cara di bawah ini!

Baca Juga: Rekomendasi HP Samsung Harga 2 Juta Spek Dewa 2022!

Cara Mematikan Getar Keyboard Android

Setiap smartphone Android memiliki keyboard dan fitur pengaturan yang berbeda-beda. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang cara menonaktifkan getaran keyboard untuk smartphone Android yakni Xiaomi, Samsung, Vivo, dan OPPO.

Meskipun hanya empat smartphone tersebut, kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini, karena kebanyakan smartphone Android memiliki fitur pengaturan yang sangat mirip.

Mematikan Getar Google Keyboard (Xiaomi dan Smartphone Lainnya)

Cara Mematikan Getar Google Keyboard
Cara Mematikan Getar Google Keyboard. Sumber: VCGamers

Bagi kamu yang menggunakan Xiaomi khususnya Google Keyboard, kamu bisa mematikan getar keyboard dengan sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menonaktifkan fitur vibrate di HP Xiaomi dan Google Keyboard:

  1. Pilih menu Settings dan temukan Additional Settings.
  2. Setelah masuk dalam menu Additional Settings, pilih menu Language & Input dan pilih keyboard Google yang kamu gunakan.
  3. Pilih menu Preferences yang tersedia agar kamu bisa mengubah fitur vibrate.
  4. Kamu bisa memilih menu bagian Vibrate untuk mematikan getar keyboard seperti gambar di atas.

Karena smartphone Android bisa menggunakan Google Keyboard secara universal, maka kamu bisa menggunakan langkah-langkah tersebut di smartphone Android manapun. Yang terpenting adalah kamu menggunakan Google Keyboard sebagai keyboard sehari-hari.

Jika kamu tidak menggunakan Google Keyboard, jangan khawatir! Di bawah ini adalah cara menonatifkan vibration keyboard di smartphone yang menggunakan keyboard bawaan.

Baca Juga: Oppo A57: Spesifikasi dan Harga Tahun 2022

Cara untuk Smartphone Samsung, ASUS, Vivo, dan OPPO

Contoh Smartphone Samsung
Contoh Smartphone Samsung. Sumber: Samsung

Cara untuk menonaktifkan getaran keyboard sebenarnya cukup mirip. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti jika smartphone kamu tidak menggunakan Google Keyboard melainkan keyboard bawaan smartphone:

  1. Seperti biasa, masuk ke menu Settings atau Pengaturan.
  2. Jika kamu menggunakan OPPO, ASUS, atau Samsung, pilih menu Suara dan Getaran atau Sound and Vibration.
  3. Jika kamu menggunakan smartphone VIVO, maka pilih Language and Input.
  4. Setelah kamu memilih menu tersebut sesuai dengan smartphone masing-masing, akan ada pilihan untuk menonaktifkan getaran keyboard.

Jika kamu menggunakan keyboard bawaan dari smartphone Samsung, ASUS, Vivo, dan OPPO, maka kamu bisa mengganti fitur getaran keyboard dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Cara Menonaktifkan Getar Keyboard Android Lain

Contoh Keyboard Custom
Contoh Keyboard Custom. Sumber: Android Authority

Mungkin ada beberapa orang yang menggunakan keyboard lain dari Play Store sebagai keyboard sehari-hari. Tentunya keyboard dari Play Store memiliki fitur yang berbeda seperti adanya Emoji, gambar pada keyboard, dan lain-lain.

Untuk itu, kamu bisa menonaktifkan getar keyboard sesuai dengan pengaturan keyboard tersebut. Sebagai contoh, penulis menggunakan emoji keyboard untuk HP Poco F3 karena ukurannya lebih kecil dan lebih nyaman.

Keyboard dari Play Store memiliki pengaturan tersendiri. Kamu bisa menonaktifkan getar keyboard melalui aplikasi keyboard dan menonaktifkannya di menu Settings masing-masing aplikasi.

Demikian pembahasan mengenai cara mematikan getar keyboard Android, semoga bermanfaat.

Penuhi kebutuhan transaksi in-game seperti Diamond Mobile Legends hanya di VC Market by VCGamers!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID