Cara Jual Beli NFT di Market OpenSea Untuk Pemula

Investor Crypto

Jual beli NFT atau non-fungible token sekarang menjadi cara baru untuk menghasilkan uang di internet. Banyak orang menyerbu OpenSea dan pasar lain untuk jual beli NFT.

Untuk pemula, perhatikan tips cara beli dan menjual NFT melalui OpenSea agar cepat laku dan dengan harga jual yang tinggi.

NFT adalah produk investasi berbasis kripto. OpenSea adalah pasar global untuk membeli dan menjual NFT. Selain OpenSea, Indonesia juga memiliki pasar regional untuk jual beli NFT seperti TokoMall, Paras.id, Enevti, Kolaktibel, Baliola, Artsky, dan Metaroid. 

Pasar NFT akan mencapai sekitar US$25 miliar atau sekitar Rp357 triliun pada 2021. Di Indonesia, NFT menjadi tren saat Ghozali menjual koleksi selfie-nya sebagai NFT di OpenSea seharga lebih dari Rp1 miliar. Menjual NFT di OpenSea atau pasar lain dapat berupa gambar, foto, grafik, video, musik, dan lainnya.

Cara Jual Beli NFT di OpenSea

OpenSea NFT Adalah
Logo OpenSea. Sumber: 1000 Logos

Sebelum kamu tahu acara jual beli NFT, kamu perlu tahu dulu cara untuk membuat non fungible token di market OpenSea. Berikut cara buat NFT di platform OpenSea: 

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
  1. Buka halaman OpenSea, klik “Buat”. Pada awalnya, kamu akan diminta untuk menghubungkan dompet Ethereum. Setelah memasukkan kata sandi dompet, platform akan secara otomatis menghubungkan dompet ke OpenSea.
  2. Kamu akan dibawa ke halaman berikutnya untuk mulai menghasilkan NFT, sebuah proses di mana kamu dapat mengunggah NFT. Masukkan nama koleksi, deskripsi, dan unggah proyek. Kamu dapat menggabungkan proyek dalam format yang berbeda, dari gambar, video, atau bahkan model 3D. Ukuran maksimum adalah 100MB, tetapi disarankan kurang dari 100MB.
  3. Kamu dapat menambahkan sumber daya, level, statistik, dan bahkan konten yang tidak dapat dibuka. Pilih Blockchain yang ingin kamu gunakan untuk mencetak NFT, antara Ethereum dan Polygon.
  4. Setelah selesai, klik tombol “Buat” di bagian bawah dan tambahkan tanda tangan ke dompet untuk mengkonfirmasi bahwa NFT telah dibuat. 
NFT Marketplace
NFT Marketplace

Di bawah ini adalah cara sempurna untuk menjual NFT di platform OpenSea: 

  1. Buka opensea.io. Klik gambar profil di kanan atas, lalu klik “Profil.”
  2. Pilih NFT yang ingin kamu jual di dompet. Klik “jual” di kanan atas.
  3. Penting untuk dicatat bahwa jika kamu belum menjual NFT di OpenSea, kamu harus terlebih dahulu menghubungkan dompet ke platform ini. Selain itu, jika listing kamu tidak dipublikasikan di OpenSea, dukungan tambahan diperlukan untuk platform OpenSea untuk mengubah item atas namamu.
NFT Termahal
jual beli NFT
Baca juga: Pengertian dan Cara Menjual NFT Art dengan Mudah

Nah, setelah kamu tahu cara menjualnya, kamu juga bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk membeli NFT; 

  1. Buka browser dari laptop, PC atau smartphone dan buka situs OpenSea 
  2. Setelah itu login atau login ke akun OpenSea yang terhubung dengan dompet kripto 
  3. Temukan NFT yang ingin kamu beli dengan mengklik menu Jelajahi di halaman beranda OpenSea 
  4. Setelah kamu menemukan NFT yang ingin dibeli, kamu perlu melihat program penjualan NFT 
  5. Jika rencana penjualan adalah lelang, pilih menu “Set Up” dan masukkan jumlah pembelian. 
  6. Jika lelang selesai dan penjual menerima tawaranmu, pilih opsi pembayaran dan konfirmasikan pembelian dengan dompet kripto. 
  7. Jika penjualan NFT tidak menggunakan sistem lelang, kamu bisa langsung memilih menu “Beli sekarang” lalu “Pesan” dan konfirmasi pembelian di dompet kripto.
Baca juga: NFT Adalah Non Fungible Token, Begini Penjelasannya!

Nah, itulah tadi cara jual beli NFT di market OpenSea yang harus kamu tahu sebagai pemula. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID