3 Cara Build Wigglytuff Supaya Bisa Tampar-Tampar Pokemon Lawan

build wigglytuff cover

Build Wigglytuff di Pokemon Unite bisa kamu lakukan untuk menjadikan pokemon support ini sebagai aset untuk menghalau gempuran pokemon attack dan speed yang tinggi.

Wigglytuff juga bisa di-build untuk menetralkan debuff pokemon satu tim yang dilakukan oleh pokemon seperti Eldegoss, Gengar dan Decidueye.

Jika kamu hanya melihat Unite Move Wigglytufff saja, kamu pasti hanya akan menggunakan pokemon ini sebagai support murni saja. Padahal, Wigglytuff juga bisa steal kill dan bisa melakukan last hit untuk Boss Pokemon apabila build-nya tepat.

Baca juga: GOKIL! Build Talonflame Pokemon Unite Paling Gak Ada Lawan!

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan penjelasan mengenai status, skillset dan efeknya, serta 3 cara untuk build Wigglytuff supaya bisa “nyetel” dengan permainan tim kamu.

Wigglytuff, Pokemon Mungil Dengan Skill Tampar-Tamparnya

Breakdown Status Wigglytuff (Level 1 – 3)

build wigglytuff tampilan 1

Sebelum kamu build Wigglytuff, kamu perlu tahu dulu bahwa ia memiliki wujud awal, yakni Jigglypuff. Sebagai Jigglypuff, ia punya sp. defense yang tinggi sebesar 80 poin.

Untuk kepentingan ofensif, Jigglypuff di level 1 tidak begitu mumpuni karena ia akan lebih banyak mengandalkan sp. attack dibandingkan dengan basic attack-nya.

Hingga level 3 pun, status Jigglypuff juga masih kurang dapat kamu manfaatkan untuk support serangan ataupun defense tim. Alasannya, ia hanya memiliki kemampuan defense sebesar 111 dan sp. defense-nya hanya naik menjadi 89 saja.

Di early game, Jigglypuff harus sering melawan wild pokemon supaya dapat EXP lebih cepat, atau berlindung di balik pokemon core tim kamu dan farming EXP ataupun poin.

Breakdown Status Wigglytuff (Level 4 – 15)

build wigglytuff tampilan 2

Mulai dari level 4, Jigglypuff akan berevolusi menjadi Wigglytuff. Ada perubahan status yang drastis dalam parameter sp. attack dan sp. defense-nya.

Sp. attack Wigglytuff meningkat tajam dari 64 ke 131, sedangkan sp. defense-nya dari 99 ke 151. Ini adalah modal awal kamu untuk menerapkan strategi yang pas untuk Wigglytuff nantinya.

Perlu kamu ketahui bahwa Wigglytuff merupakan pokemon dengan sp. attack yang cukup oke, apalagi ketika ia sudah berada dalam level maksimum.

Sp. attack-nya akan meningkat menjadi 552 di level 15, sementara sp. defense-nya menjadi 482. Karena Wigglytuff tidak akan menghasilkan critical damage, maka kamu harus memanfaatkan skillset-nya, baik yang defensif maupun ofensif.

Baca juga: Kupas Tuntas Build Greninja Pokemon Unite Ter-GG Saat Ini!

Penjelasan Skill Wigglytuff

Skill Pasif Wigglytuff – Cute Charm

Skill pasif Wigglytuff ini akan berguna untuk build Wigglytuff sebagai “umpan” untuk pokemon lawan.

Ketika ia diserang oleh lawan dalam jarak dekat, lawan tersebut akan “menempel” pada Wigglytuff selama beberapa saat. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk menyerang pokemon tersebut dengan leluasa dengan skillset Wigglytuff.

Skill 1 – Pound

build wigglytuff pound

Skill Pound ini adalah skill bawaan Wigglytuff sejak wujudnya sebagai Jigglypuff. Dengan skill ini, ia akan menciptakan tangan tiruan yang menampar-nampar pokemon lawan di depannya sebanyak dua kali.

Adapun efek tambahan dari skill ini adalah memperlambat kecepatan lawan selama beberapa detik saja. Kamu bisa gunakan skill ini untuk di-spam di early game.

Di level 1, skill ini memiliki cooldown selama 5 detik, namun akan berkurang menjadi 4.5 detik ketika Wigglytuff di level 9.

Double Slap (Level 6)

build wigglytuff double slap

Skill yang satu ini bisa kamu gunakan pada build Wigglytuff sebagai support ofensif. Double Slape akan membuat combo tamparan sebanyak 3 sampai 5 kali terhadap target di depannya.

Efek dari pokemon yang terkena serangan ini adalah pengurangan movement speed dan tentunya ada interupsi pergerakan juga karena tamparan beruntun tersebut.

Serangan ini akan cocok untuk menghambat para pokemon lincah semacam Pikachu, Absol, Talonflame dan Zeraora. Kamu juga bisa mengganggu Snorlax atau Slowbro dengan skill ini.

Cooldown skill ini juga sama seperti Slap, yakni 5 detik saat level 5, dan berkurang menjadi 4.5 detik saat level 9.

Baca juga: Ini Dia Build Crustle Pokemon Unite Wajib Kamu Tahu!

Dazzling Gleam (Level 6)

build wigglytuff dazzling gleam

Dazzling Gleam merupakan serangan energi cahaya yang dikumpulkan oleh Wigglytuff dan akan menyerang pokemon lawan dalam area yang telah ditandai.

Meskipun skill ini tidak memiliki efek tambahan, skill ini dapat memberi damage yang tinggi untuk lawan karena sp. attack Wigglytuff lumayan besar poinnya di level 6.

Adapun untuk cooldown skill ini yakni selama 4.5 detik saat Wigglytuff level 4 dan akan berkurang menjadi 4 detik saat ia di level 9.

Skill 2 – Defense Curl

build wigglytuff defense curl

Skill 2 ini akan sangat bermanfaat apabila kamu akan build Wigglytuff (saat masih menjadi Jigglypuff) sebagai roamer yang bisa spam skill.

Efek dari skill ini adalah physical damage terhadap lawan dan akan melempar mereka yang terkena terjangan Wigglytuff. Skill ini juga memberi shield yang setara dengan 25% dari HP Jigglypuff.

Tips dan trik dari skill ini adalah ketika Jigglypuff menabrak dinding atau rintangan di depannya, akan ada reset cooldown dari skillset-nya. Maksudnya, ketika skillset Jigglypuff masih belum bisa digunakan, efek dari skill ini akan membuat skill tersebut bisa kembali dipakai.

Karena itulah, skill ini sering digunakan sebagai cara para pengguna Wigglytuff untuk spam skill dalam match. Skill ini memiliki cooldown selama 8 detik (level 1) dan berkurang menjadi 7 detik (level 9).

Baca juga: Tips Build Dragonite Terpopuler, Pokemon Lawan Auto Kejang!

Rollout (Level 4)

build wigglytuff rollout

Efek Rollout ini sebenarnya hanya versi upgrade dari skill defense curl. Wigglytuff akan menggelindingkan badannya ke arah yang dituju, mendapat shield, dan ketika menabrak dinding atau rintangan akan me-reset cooldown skill lainnya.

Yang berbeda dari skill ini adalah damage yang dihasilkan, karena pada level 4, Wigglytuff akan mendapat boost attack point dan sp. attack-nya.

Sebagai skill dengan efek tersebut, cooldown yang dibutuhkan adalah selama 10 detik (level 4) dan akan berkurang menjadi 9 detik saat level 9.

Sing (Level 4)

build wigglytuff sing

Skill yang satu ini punya dampak utama dan tambahan terhadap targetnya. Ketika Wigglytuff bernyanyi, pokemon lawan di sekitarnya akan mendapat pengurangan speed.

Tidak hanya itu saja, ketika lawan terlalu lama berada di area Wigglytuff yang bernyanyi. Mereka akan terkena efek sleep dan ada pengurangan sp. defense sebesar 25%.

Ketika kamu berhasil menidurkan pokemon lawan, langsung gunakan skill Wigglytuff supaya damage yang dihasilkan lebih tinggi. Jangan lupa juga untuk memantau cooldown dari skillset-nya.

Skill yang punya efek debuff ini memiliki cooldown sama seperti Rollout (10 detik di level 4 dan menjadi 9 detik di level 9).

Skill Unite Move – Starlight Recital (Level 8)

build wigglytuff starlight recital

Boleh dibilang, skill ulti Wigglytuff inilah yang membuatnya menjadi pokemon support yang cukup baik ketika kamu build pokemon ini sebagai support murni.

Starlight Recital dapat memberikan berbagai buff pada pokemon satu tim. Buff tersebut berupa shield, menghilangkan debuff ataupun efek status setiap rekan tim.

Tidak hanya itu saja, Wigglytuff dan pokemon satu tim yang ada di area ulti-nya juga akan mendapat kekebalan terhadap segala serangan pokemon lawan selama beberapa saat.

Unite Move ini hendaknya digunakan apabila kamu ingin membantu rekan satu tim untuk bertahan saat terjadi war, atau ketika kamu kena ganking. Akan tetapi, skill ini memiliki cooldown yang cukup lama, yaitu 134 detik.

Baca juga: Wajib Kamu Tahu, 5 Pokemon Terbaik Untuk Para Pemula!

3 Cara Build Wigglytuff Untuk Support Tim Di Segala Lane

Build Wigglytuff Untuk Assist Attack

Build Wigglytuff ini akan menjadikannya sebagai pokemon yang bisa assist attack para pokemon attacker seperti Decidueye, Greninja dan Cinderace. Ini juga bisa digunakan untuk assist pokemon all rounder seperti Dragonite, Lucario ataupun Tsareena.

build wigglytuff assist attack

Untuk memulai build ini, kamu perlu membawa held item berupa wise glasses, energy amplifier dan shell bell. Ketiga item ini akan memperkuat hasil damage dari sp. attack Wigglytuff.

Selanjutnya, kamu perlu memilih skill Sing dan Dazzling Gleam supaya Wigglytuff bisa mendapat last hit dari pokemon lawan yang HP-nya sudah mulai tipis.

Biasanya, trainer yang menggunakan build ini akan mengikuti pokemon-pokemon core untuk farming sambil menghadapi pokemon lawan. Jadi, Wigglytuff akan banyak roaming dan assist attack maupun kill pokemon lawan di lane manapun bergantung pada core atau pokemon yang ia ikuti.

Sebagai pertahanan pribadi, kamu juga akan membawa battle item Full Heal yang berguna untuk menetralkan debuff yang diterima Wigglytuff.

Baca juga: Wajib Baca! 3 Build Mr Mime Ini Bisa Bikin Lawan Pusing 12 Keliling!

Build Wigglytuff Untuk Mengurangi Gerakan Lawan

Untuk build ini, kamu akan memanfaatkan skill tampar-tampar Wigglytuff. Artinya, kamu akan lebih menonjolkan attack point Wigglytuff disbanding sp. attack-nya.

build wigglytuff menghambat lawan

Kamu perlu membawa Eject Button sebagai battle item, kemudian bawa juga muscle band, score shield dan buddy barrier. Itemitem ini akan berfungsi sebagai penambah serangan Wigglytuff sehingga ia bisa banyak mendapat poin dan mencetak gol tanpa terganggu oleh lawan.

Selain itu, kamu perlu memilih skill Sing dan Double Slap. Skill Sing akan membuat lawan menjadi lambat dan kalau kelamaan, mereka akan tertidur. Kamu bisa gunakan skill ini sebelum mencetak gol, lalu susul dengan serangan Double Slap.

Kamu juga bisa banyak spam skill Double Slap supaya lawan tidak berdaya terkena tamparan beruntun Wigglytuff, ditambah lagi mereka tidak bisa menghadang kamu.

Build Wigglytuff Untuk Spam Skill

Build Wigglytuff ini akan sangat berguna ketika kamu ingin lebih ofensif dan berperan sebagai penyerang sekunder yang bisa rotasi dengan core.

build wigglytuff spam skill

Pertama, bawalah item seperti Shell Bell, Energy Amplifier dan Assault Vest. Shell Bell dan Energy Amplifier berguna untuk menambah damage Wigglytuff dengan sp. attack-nya, sementara Assault Vest berguna untuk memperkuat shield Wigglytuff.

Kamu juga perlu memilih skill Rollout dan Dazzling Gleam supaya damage dari sp. attack-nya semakin sakit. Ditambah lagi, skill Rollout bisa me-reset cooldown Dazzling Gleam.

Selain kamu bisa membuat pokemon lawan kewalahan, kamu juga bisa debuff mereka dengan Dazzlling Gleam dan memperlambat pergerakan mereka.

Untuk battle item-nya sendiri, kamu hanya perlu membawa Potion atau Eject Button supaya bisa bertahan dari serangan balik pokemon lawan.

Baca juga: Inilah Held Item Pokemon Unite Yang Harus Di Upgrade Terlebih Dahulu!

Itulah pembahasan mengenai build pokemon menggemaskan yang suka jadi support ini. Ternyata, ada banyak variasi build yang bisa kamu gunakan bukan? Maka dari itu, manfaatkan skillset Wigglytuff supaya bisa memberi assist attack di arena Pokemon Unite ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!