Cara Bermain Crypto Terlengkap!

cara mencairkan mata uang kripto

Cara bermain crypto dengan aman dan cerdas perlu diketahui agar bisa medapatkan cuan melimpah. Karena banyak pemain baru yang mengalami boncos atau rugi ketika tidak tahu cara bermain crypto dengan benar.

Cara bermain crypto ini dapat dicoba setiap pemula untuk menemukan strategi perdagangan terbaik dan menghindari risiko. Jika kamu ingin berinvestasi dalam cryptocurrency, berikut adalah beberapa cara bermain crypto dengan benar.

Baca juga: Bitcoin Adalah Crypto Tertua di Dunia, Ini Penjelasannya!

Cara Bermain Crypto Pemula

Cara Bermain Crypto Pertama: DYOR

Hal pertama dan perlu kamu lakukan adalah DYOR atau Do Your Own Research. Hal ini merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum berinvestasi aset kripto.

Kamu perlu melakukan hal ini agar mengetahui fundamental dari setiap aset kripto yang ingin kamu pilih untuk berinvestasi jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan memiliki hasil riset mandiri, kamu bisa memiliki gambaran objektif terhadap sebuah aset kripto, baik token maupun coin crypto.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari sebuah project crypto.

Kamu dapat melakukan riset secara mendalam tentang sebuah aset crypto dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

Umumnya, hal pertama yang dilakukan adalah dengan masuk ke website resmi dari sebuah project crypto.

Nantinya kamu bisa mendapatkan gambaran umum tentang aset crypto itu secara keseluruhan melalui whitepaper.

Selanjutnya, kamu dapat masuk ke grup komunitas crypto yang ada di tingkat nasional maupun global. Hal ini akan menambah wawasan kamu tentang cryptocurrency.

Kamu juga dapat melihat ulasan tentang sebuah project dari influencer di social media.

Jika kamu sudah mengumpulkan informasi yang cukup, maka pertimbangkan untuk berinvestasi pada sebuah aset crypto atau tidak.

Baca juga: Apa itu DYOR? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Miliki Strategi untuk Main 

Cara Bermain Crypto
Ilustrasi Coin Crypto. Pexels

Tidak mudah untuk memisahkan rekomendasi cryptocurrency asli dari penipuan. Laporan penipuan investasi crypto melonjak menjadi 7.118 dalam sembilan bulan pertama tahun 2021.

Hal ini naik 30 persen dari keseluruhan tahun 2020, menurut Action Fraud, dengan kerugian rata-rata per korban sebesar 20.500 juta dolar Amerika.

Jadi ketika kamu dihadapkan dengan banyak informasi tentang cryptocurrency, mundurlah dari hal tersebut. Cobalah untuk melihat secara kritis proyek atau platform. Berapa banyak pengguna yang dimilikinya? Masalah apa yang dipecahkannya? Hindari koin yang menjanjikan cuan melimpah tetapi belum memberikan sesuatu yang nyata.

Baca juga: Penjelasan dan Cara Kerja Mesin Crypto

Cara Bermain Crypto: Kelola Risiko

Cara Bermain Crypto Pexels
Cara Bermain Crypto. Sumber: Pexels

Cara bermain crypto yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah harus bisa mengelola risiko. Kamu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti saat bermain crypto.

Caranya itu dengan menetapkan batasan berapa banyak kamu berinvestasi dalam mata uang digital tertentu dan jangan tergoda untuk berdagang dengan lebih banyak uang.

Perdagangan Cryptocurrency adalah bisnis berisiko tinggi dan lebih banyak pedagang kehilangan uang daripada tidak.

Diversifikasi Portofolio Kripto

Bitcoin
Ilustrasi Crypto. Sumber: Pexels

Cara bermain crypto terbaik untuk pemula adalah diversifikasi aset. Tidak ada gunanya berinvestasi terlalu banyak dalam satu cryptocurrency tunggal.

Kamu dapat mengurangi risiko jika berinvestasi di sejumlah aset. Karena, kamu dapat mengurangi risiko ketika salah satu nilai aset jatuh.

Kita ketahui bersama bahwa pergerakan aset crypto fluktuatif. Dengan berinvestasi ke lebih dari satu aset, tentu kita dapat mengurangi risiko yang diterima.

Otomatiskan Pembelian

Crypto
Crypto. Sumber: Pexels

Cara bermain crypto agar tetap aman  yang selanjutnya adalah mengatur penjualan dan pembelian otomatis.

Sebagian besar exchange, termasuk PIntu dan Toko Crypto, memungkinkan kamu mengatur pembelian berulang.

Di sinilah investor crypto memberi tahu platform untuk membeli jumlah tetap cryptocurrency pilihan mereka setiap bulan.

Kebanyakan pemula membuat satu kesalahan umum, membeli koin karena harganya tampaknya rendah.

Keputusan untuk berinvestasi dalam koin seharusnya tidak ada hubungannya dengan keterjangkauannya tetapi banyak hubungannya dengan kapitalisasi pasarnya.

Sama seperti saham konvensional yang diukur berdasarkan kapitalisasi pasarnya, yang dievaluasi menggunakan rumus Harga Pasar Saat Ini X Jumlah Total Saham Beredar, hal yang sama berlaku untuk mata uang kripto.

Baca juga: Mau Investasi Kripto? Perhatikan 5 Hal Ini

Gunakan Bot Trading

Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin

Cara bermain crypto untuk kamu yang masih pemula bisa menggunakan bot trading. Bot trading dapat berguna dalam beberapa keadaan, tetapi tidak direkomendasikan untuk pemula yang mencari tips investasi kripto. Seringkali, mereka hanya penipuan yang menyamar.

Jika ada algoritma nyata yang mengatur waktu perdagangan beli dan jual dengan sempurna, semua orang akan menggunakannya.

Penjahat dapat dengan mudah menaikkan atau menurunkan harga mata uang kripto yang sangat kecil atau tidak dikenal, terkadang membuat nilai mata uang ini meroket.

Terkadang penjahat akan memiliki banyak cryptocurrency tertentu (melalui pra-mining sebagian besar sebelum tersedia untuk masyarakat umum).

Ketika pedagang tanpa disadari bergegas masuk untuk mencoba dan mengambil bagian dari aksi, para penjahat menunggu harga naik sebelum menjual semua koin mereka dan menyebabkan harga jatuh.

Mereka bisa menaikkan harga dengan mempromosikannya di media sosial, sebelum menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Dengan begitu banyak cryptocurrency di pasar, mungkin sulit untuk membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak.

Ketika kamu berinvestasi dalam koin palsu, penjahat dapat mencuri identitasmu dan seringkali uang hasil jerih payahmu.

Jangan mengambil kata orang lain untuk itu dan gunakan sebanyak mungkin sumber untuk melakukan riset sendiri tentang koin sebelum kamu membelinya.

Baca juga: Keuntungan dan Risiko Investasi Kripto

Untuk informasi, VCGamers telah meluncurkan aset crypto, $VCG Token, pada awal 2022.

Aset crypto dari VCGamers yang beroperasi pada jaringan Binance Smart Chain (BEP 20) dan Ethereum (ERC 20) ini telah terdaftar di Bappebti dan telah memiliki sejumlah kegunaan.

Untuk saat ini, $VCG Token telah listing di salah satu Centralized Exchange terbesar di Indonesia, Indodax. $VCG Token juga telah listing di BitMart, PancakeSwap dan Uniswap.

Kamu dapat menggunakan token crypto VCGamers ini untuk staking di fitur $VCG Staking. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk membeli aset di RansVerse, metaverse pertama di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang $VCG Token, kamu dapat mengunjungi laman Update di VC News sekarang juga!

 

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!