Simak! Proses Pembentukan Bursa Crypto Indonesia

Bursa Crypto Indonesia

Dunia usaha investasi saham meiliki Bursa Efek Indonesia yang menyelenggarakan sarana untuk transaksi jual beli saham. Namun, saat ini belum ada Bursa Crypto Indonesia.

Banyak peminat usaha Crypto menginginkan adanya Bursa Crypto Indonesia. Namun, apa itu Bursa Crypto Indonesia dan manfaatnya?

Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai Bursa Kripto Indonesia, tanggal pembentukan, dan proses pembetukan lembaga tersebut di Indonesia.

Baca Juga: Cara Belajar Crypto Untuk Mulai Trading, Baca Ini!

Mengenal Bursa Crypto Indonesia

Ilustrasi Bursa Crypto Indonesia
Ilustrasi Aset Crypto. Sumber: VOI

Menurut Jerry Sambuaga selaku Wakil Menteri Perdagangan, Bursa Kripto Indonesia nantinya akan memudahkan seluruh pihak transaksi kripto seperti pelaku usaha dan konsumen.

Tujuan dari bursa Crypto ini adalah untuk memberikan pengalaman, stimulasi, dan sekosistem digital yang baik dan meningkatkan kepercayaan pelaku transaksi seperti konsumen dan pelaku usaha.

Struktur dari bursa kripto ini nantinya akan mirip seperti Bursa Efek Indonesia atau BEI untuk dunia usaha saham. Di dalamnya, akan tetap ada unsur dunia usaha.

Para pelaku usaha bersama-sama akan membangun perkembangan perdagangan aset Crypto di Indonesia berkat adanya Bursa Crypto.

Setelah mengetahui tentang bursa kripto, yuk simak kapan kira-kira akan terbentuknya bursa Crypto di Indonesia!

Baca Juga: 5 Game Penghasil Crypto Tanpa Modal, Dapat NFT Gratis!

Tanggal Pembentukan Bursa Crypto Indonesia

Ilustrasi Bursa Crypto Indonesia
Ilustrasi Transaksi Crypto. Sumber: AutoTech News

Sebelumnya, bursa kripto akan hadir pada akhir 2021 sesuai rencana. Namun, terdapat berbagai kendala dan akhirnya pembentukan bursa kripto menjadi akhir kuartal 1 2022.

Namun, hingga saat ini belum ada kepastian dan informasi lebih lanjut mengenai kapan bursa kripto akan dibangun di Indonesia.

Menurut Tirta Karma Senjaya selaku Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, proses pembuatan bursa kripto Indonesia masih dalam pengerjaan. Hingga saat ini, belum ada kepala Bappebti yang menjadi definitif sehingga secara definitif masih kosong.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Namun, saat ini sudah ada tunjukkan terhadap Plt Kepala Bappebti yang baru, sehingga kegiatan administrasi dan operasional Bappebti terus berjalan seperti biasa.

Semenjak beberapa waktu yang lalu, Indonesia sudah dilaporkan untuk memiliki sebuah bursa kripto. Namun, saat ini belum ada kabar mengenai tanggal pembentukan bursa tersebut.

Menurut Jerry Sambuaga, pihaknya juga sedang mengusahakan untuk meluncurkan bursa kripto tersebut. Namun, terdapat unsur kehati-hatian dari berbagai pihak seperti Bappebti, khususnya dalam segi persyaratan.

Baca Juga: Ciri-ciri Crypto Scam yang Haru Kamu Pahami, Biar Nggak Rugi!

Proses Pembentukan

Jerry Sambuaga Bursa Crypto Indonesia
Jerry Sambuaga Sebagai Wamendag. Sumber: JabarBisnis

Meskipun belum ada tanggal yang pasti kapan bursa kripto di Indonesia akan hadir. Namun, Bappebti terus melakukan berbagai inovasi untuk mengikuti peningkatan perdagangan pasar fisik aset Crypto.

Menurut Bappebti, hal tersebut terbukti dengan adanya Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Perba Nomor 11 Tahun 2022. Perba tersebut mengenai Penetapan Daftar Aset Kripto yang ada pada Pasar Fisik Aset Kripto.

Menurut Plt Kepala Bappebti yakni Didid Noordiatmoko, Perba tersebut menjadi akomodir kebutuhan pedagang aset kripti di Indonesia. Hal tersebut juga sesuai dengan pertumbuhan volume transaksi aset Crypto dan pelanggan yang meningkat.

Maka dari itu, bursa kripto diwajibkan untuk memberi perlindungan terhadap konsumen. Bursa kripto ini harus memudahkan semua pihak termasuk pedagang dan konsumen.

Menurut Jerry Sambuaga sebagai Wamendag, semua urusan mengenai bursa akan selesai tahun ini. Berbagai persyaratan juga harus terpenuhi dan mudah-mudahan bursa kripto akan terlaksanakan.

Demikian pembahasan mengenai bursa kripto Indonesia. Untuk keperluan top up gaming, yuk kunjungi VC Market by VCGamers!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID