Build Thoma Genshin Impact, Prioritas Skill Hingga Party

tips bermain ayato genshin impact shielder thoma

Build Thoma sempat menjadi perdebatan di kalangan pemain Thoma merupakan satu dari banyak karakter Genshin Impact yang berfungsi menghasilkan shield atau menjadi tanker dalam party.

Thoma pertama kali dirilis pada banner 2.2 bersama dengan rerun banner Hutao pada Oktober 2021 lalu. Asisten dari keluarga Kamisato ini merupakan karakter dengan elemen pyro dan menggunakan senjata polearm.

Thoma dikatakan kurang bagus digunakan karena shield yang dihasilkan kurang kuat dibanding karakter shielder lain.

Padahal, shield Thoma mengandalkan sistem stack (menumpuk) mekanik yang banyak orang salah menggunakannya.

VCGamers kali ini akan membahas semua hal mengenai build Thoma Genshin Impact mulai dari prioritas skill dan party yang cocok.

Baca Juga: Rekomendasi Karakter Shielder Genshin Impact Selain Zhongli

Rekomendasi Build Thoma Genshin Impact

Artikel ini akan membahas semua rekomendasi build mulai dari prioritas skill, artefak, hingga rekomendasi tim yang cocok untuk build Thoma Genshin Impact.

Artefak yang direkomendasikan disesuaikan dengan artefak yang sudah dirilis, dimana artefak baru akan terus bertambah sepanjang update Genshin Impact.

Prioritas Skill untuk Build Thoma Genshin Impact

build thoma genshin impact elemental skill
Elemental Skill Thoma Genshin Impact (source: VCGamers)

Elemental skill Thoma yaitu Blazzing Blessing akan memberikan Thoma shield bernama Blazing Barrier, juga memberikan AoE pyro damage kepada musuh di sekitar Thoma.

Kekuatan shield Thoma dihitung (scale up) dari total maksimal HP yang dimiliki oleh Thoma. Kesalahan utama dari para pemain pada saat menggunakan Thoma adalah kurang memahami mekanisme skill dan build Thoma.

Shield dari Thoma mempunyai keunikan daripada shield karakter lain karena mempunyai sistem stack up shield.

Kekuatan shield Thoma akan bertambah apabila kamu menumpuk (stack up) penggunaan shield secara berulang.

Setiap kamu menggunakan shield baru Thoma disaat shield sebelumnya masih aktif, besar damage yang diabsorpsi oleh shield akan semakin besar.

Kekuatan shield yang dihitung dari besar HP Thoma juga akan bertambah.

Selain itu, durasi penggunaan shield juga akan bertambah karena waktu penggunaan shield akan balik ke semula seakan kamu baru mengaktifkan shield untuk pertama kali.

build thoma genshin impact elemental skill
Elemental Burst Thoma juga Menghasilkan Shield (source: VCGamers)

Crimson Ooyoroi atau elemental burst dari Thoma akan memberikan AoE pyro damage serta memberikan pyro damage terus-menerus bernama Scroching Ooyoroi.

Scroching Ooyoroi akan memberi pyro damage terus-menerus ketika karakter menggunakan normal attack. Meskipun bukan Thoma atau sedang tidak aktif di field, semua karaktermu yang menggunakan normal attack dapat mengaktifkan Scroching Ooyoroi, memberikan tambahan pyro damage.

Penggunaan Schroching Ooyoroi juga akan mengaktifkan Blazing Barrier Thoma sehingga kamu bisa melakukan stack up shield tadi.

Kalau kamu build Thoma sebagai tanker fokus skill yang kamu tingkatkan adalah elemental skill > elemental burst. Hal ini lebih cocok karena kekuatan shield utama Thoma berada pada elemetal skill yang dimiliki oleh karakter tersebut.

Jika kamu lebih merasa Thoma cocok sebagai support dan kamu tidak terlalu membutuhkan shield, fokus build skill dan maksimalkan Thoma pada elemental burst terlebih dahulu lalu elemental skill.

Basic atau normal attack bisa kamu samakan dengan elemental skill dari Thoma.

Artefak yang Cocok untuk Build Thoma

emblem of severed fate build thoma genshin impact
Artefak yang Cocok untuk Thoma Genshin Impact (source: VCGamers)

Stat yang harus kamu prioritaskan untuk Thoma Genshin Impact adalah Energy Recharge, ATK atau ATK%, dan HP.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Kelemahan lainnya dari Thoma adalah membutuhkan energi yang cukup besar yaitu 80 total energi untuk bisa menggunakan elemental skill.

Kamu membutuhkan artefak dengan stat Energy Recharge yang cukup tinggi untuk menutupi kelemahan tersebut.

HP dasar yang dimilki oleh Thoma cukup kecil, sehingga Thoma sebagai karakter tanker juga tidak terlalu diuntungkan.

Kamu bisa memperbesar damage dari elemental burst terutama Scroching Ooyoroi dengan menggunakan artefak dengan stat ATK atau ATK%. 

Artefak terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Emblem of Severed Fate 4 set atau dikombinasikan dengan Tenacity of Millelith yang akan memberikan HP tambahan 20%.

Jika kamu menggunakan Thoma sebagai support kamu bisa menggunakan Noblesse Oblige 4 set atau dikombinasikan dengan satu dari kedua artefak yang disebutkan.

Baca Juga: Karakter yang Cocok Menggunakan Emblem of Severed Fate

Senjata yang Cocok untuk Build Thoma

build thoma genshin impact senjata engulfing lightening, skyward spine, favonius lance
Rekomendasi Polearm Energy Recharge Cocok untuk Thoma Genshin Impact (source: VCGamers)

Weapon atau senjata yang terbaik adalah Staff of Homa dimana akan menambah stat HP yang cocok untuk memperkuat shield Thoma.

Weapon dengan Energy Recharge seperti Engulfing Lightening, Skyward Spine, Prototype Starglitter atau Favonius Lance bisa kamu gunakan.

Thoma bisa menggunakan berbagai macam weapon selama kamu telah memenuhi HP atau Energy Recharge dari artefak seperti The catch atau Black Tassel.

Apabila kamu memperuntukan build Thoma sebagai support, Kitain Cross Spear bisa kamu gunakan. Senjata ini bisa meningkatkan damage Thoma.

Rekomendasi Komposisi Tim (Party Setup) untuk Build Thoma Genshin Impact

build thoma genshin impact 2022 set party yang cocok
Kombinasi Party yang Cocok Untuk Thoma Genshin Impact (source: VCGamers)

Beberapa set party ini akan cocok bagi kamu yang ingin menggunakan Thoma sebagai tanker atau support.

Set 1 kamu akan memaksimalkan DPS Hydro yaitu Childe untuk vaporize. Kamu bisa menggunakan Thoma, Childe, Bennett, dan Kazuha.

Thoma akan berfungsi sebagai tanker dan support dimana memberi pyro resonance dengan Bennett sehingga pyro DMG bertambah dan membantu Childe sebagai DPS untuk mendapatkan elemental reaction Vaporize.

Kazuha akan debuff resistensi musuh pada elemental sehingga damage yang kamu berikan lebih besar.

Selain itu, Kazuha juga dapat menjadi crowd control agar musuh kamu bisa terkumpul di satu titik dan mudah diserang oleh Childe. 

Kamu bisa mengganti Kazuha dengan Jean sebagai healer dan buff atau karakter Anemo lain seperti Venti dan Sucrose untuk crowd control.

Bennett bisa kamu gantikan dengan Xiangling apabila memakai Jean.

Set 2 kamu bisa mengganti party vaporize dengan susunan Hutao atau Diluc sebagai pyro DPS dan Xinqiu sebagai hydro support menggantikan Bennett.

Set 2 kamu akan memanfaatkan melt reaction. Fungsinya mirip dengan set pertama tapi kamu menggunakan DPS cryo seperti Kaeya atau Ayaka.

Kamu bisa menggunakan cryo support seperti Chongyun dan Shenhe.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID