Build Alhaitham Genshin Impact: Skill, Artefak, Weapon, dan Team Comps

alhaitham tier list genshin impact 3.4

Alhaitham adalah karakter Genshin Impact Dendro terbaru yang dirilis pada update 3.4 bersama dengan karakter bintang 4 baru, Yaoyao.

Alhaitham dikatakan memiliki mekanik serta playstyle yang mirip dengan Keqing, hanya berbeda elemen yang digunakan. 

Apa benar demikian? Kali ini, VCGamers akan membahas build Alhaitham Genshin Impact secara lengkap mulai dari material, artefak, dan sebagainya.

Baca juga: Build Faruzan Genshin Impact: Skill, Artefak, Weapon, dan Team Comps

Rekomendasi Build Alhaitham Genshin Impact

Artikel ini akan membahas semua rekomendasi build mulai dari prioritas skill, artefak, hingga rekomendasi tim yang cocok untuk build Alhaitham Genshin Impact.

Artefak yang direkomendasikan disesuaikan dengan artefak yang sudah dirilis, dimana artefak baru akan terus bertambah sepanjang update Genshin Impact.

Material Talent dan Character Ascension Alhaitham

build alhaitham genshin impact material
Material Ascensions dan Talents Alhaitham (source: Devil Takoyaki)

Character ascension membutuhkan material drop dari boss baru Setekh Wenut yaitu Pseudo Stamens, Nagadus emerald (Silver, Fragment, Chunk,dan Gemstone), Sand Grease Pupa, dan drop dari musuh Eremites yaitu: Faded Red Satin, Trimmed Red Silk, dan Rich Red Brocade.

Talent material untuk Alhaitham adalah drop dari Weekly boss Scaramouche (Shouki no Kami) yaitu Mirror of Mushin, musuh Eremites yaitu: Faded Red Satin, Trimmed Red Silk, dan Rich Red Brocade dan buku talent yaitu Ingenuity set (Teaching of Admonition, Guide to  Admonition, dan Philosophies of  Admonition).

Prioritas Skill untuk Build Alhaitham Genshin Impact

build alhaitham genshin impact elemental skill universality an elaboration on form
Elemental Skill Alhaitham (source: Genshin Impact)

Normal Attack Alhaitham Genshin Impact masih sama seperti pada umumnya yaitu  terdiri dari 5 serangan berturut-turut yang memberikan physical damage kepada musuh.

Elemental Skill dari Alhaitham yaitu Universality: An Elaboration on Form, akan menghasilkan Dendro DMG serta memberikankan Alhaitham sebuah mekanik bernama “Chisel-Light Mirror”.

Chisel-Light Mirror akan menjadi mekanik penting dalam build Alhaitham dan sumber utama kekuatannya berasal.

Saat mengaktifkan Elemental Skill, Alhaitham akan mendapatkan 1 Chisel-Light Mirror. Ketika tombol Elemental Skill kamu hold, akan memberikan 2 Chisel-Light Mirror, dengan catatan belum terdapat sama sekali Chisel-Light Mirror.

Ketika terdapat Chisel-Light Mirror, semua serangan normal Alhaitham (Normal, Charged, Plunging) akan berubah menjadi Dendro DMG. 

Chisel-Light Mirror maksimal terdapat 3, dengan setiap jumlahnya memiliki auto attack dengan besar damage berbeda berdasarkan ATK dan Elemental Mastery Haitham.

build alhaitham genshin impact elemental burst particular field fetters of fenomena
Elemental Burst Alhaitham (source: VCGamers)

Elemental Burst dari Alhaitham yaitu Particular Field: Fetters of Fenomena, Alhaitham akan membuat sebuah area yang memberikan AoE Dendro DMG dalam bentuk strike.

Akan ada beberapa ketentuan dari strike Elemental Burst Alhaitham tergantung dari jumlah Chisel-Light Mirror yang aktif sebelum menggunakan skill:

  • Tanpa Chisel-Light Mirror: 4 strike, memberikan 3 Chisel-Light Mirror
  • 1 Chisel-Light Mirror: 6 strike, memberikan 2 Chisel-Light Mirror
  • 2 Chisel-Light Mirror: 8 strike, memberikan 1 Chisel-Light Mirror
  • 3 Chisel-Light Mirror: 10 strike tanpa Chisel-Light Mirror.

Prioritas skill untuk Alhaitham adalah Elemental Skill, Normal Attack, dan  yang harus kamu maksimalkan terakhir adalah Elemental Burst. 

Constellation Terbaik untuk Build Alhaitham Genshin Impact

build alhaitham genshin impact constellation
Constelation Alhaitham (source: VCGamers)

Alhaitham adalah karakter yang sudah sangat bagus dengan konstelasi 0 (C0) jadi kamu tidak harus memiliki konstelasi lebih.

Secara keseluruhan, konstelasi Alhaitham tidak memberikan dampak yang signifikan antar konstelasi. Namun, VCGamers menyarankan C2, C4, dan C6 untuk kamu kejar jika kamu masih memiliki Primogems.

Artefak yang Cocok untuk Build Alhaitham Genshin Impact

Gilded Dreams artefak genshin impact
Artefak untuk Alhaitham (source: VCGamers)

Stat utama yang harus kamu prioritaskan untuk Alhaitham Genshin Impact adalah Elemental Mastery, Crit DMG/ Rate, dan Dendro DMG Bonus.

Serangan Alhaitham akan paling banyak dihitung dari Elemental Mastery dan ATK. Namun, Elemental Mastery memiliki presentase lebih besar dibanding ATK dengan pengaruh pada damage lebih tinggi.

Sehingga, kamu harus mengejar minimal 500 Elemental Mastery. ATk dan Energy Recharge bisa kamu incar sebagai sub stat yang harus kamu penuhi.

4 set Gilded Dreams menurut VCGamers adalah yang terbaik karena buff ATK dan memberikan Alhaitham bonus stat Elemental Mastery.

4 set Deepwood Memories juga bagus untuk Alhaitham.  namun lebih bagus digunakan untuk karakter Dendro Support seperti Yaoyao, Collei, atau MC Dendro.

Kamu juga bisa mengkombinasikan 2 artefak ini menjadi 2 set yang memberikan Elemental Mastery dan Dendro DMG Bonus

Baca Juga: Rekomendasi Karakter Pengguna Gilded Dreams Genshin Impact

Rekomendasi Senjata untuk Build Alhaitham Genshin Impact

build alhaitham genshin impact senjata light of foliar incision
Pedang Light of Foliar Incision (source: Genshin Impact)

Senjata yang direkomendasikan untuk Alhaitham Genshin Impact semua pedang yang digunakan DPS pada umumnya seperti Haran Geppaku Futsu, Mistsplitter Reforge, dan Primordial Jade Cutter masih bisa dijadikan opsi untuk digunakan oleh Alhaitham.

Namun dengan catatan, bukan stat ATK yang kamu cari. Tapi fokus pada stat Elemental Mastery, Energy Recharge, atau Crit DMG/ Rate. 

Senjata seperti Freedom Sworn, atau senjata yang dirilis pada update 3.4, Light of Foliar Incision, adalah pilihan yang paling tepat untuk Alhaitham.

Opsi untuk senjata non bintang 5 adalah Xiphos Moonlight, Toukabou Shigure, Favonius Sword, Festering Desire, Blackliff Sword, Iron Sting, atau Harbinger of Dawn.

Rekomendasi Komposisi Tim (Party Setup) untuk Build Alhaitham Genshin Impact

build alhaitham genshin impact team comps
Team Comps Hyperbloom (source: VCGamers)

Alhaitham merupakan karakter on field Dendro DPS yang akan sering kamu gunakan sebagai penyerang utama. 

Oleh sebab itu, team comps untuk Alhaitham sangat fleksibel tergantung dengan reaksi elemental apa yang ingin kamu gunakan.

Dendro memiliki reaksi elemental utama yang memberikan damage besar yaitu Hyperbloom, Spread/Aggravate, dan Burgeon.

Rekomendasi untuk party Hyperbloom adalah Alhaitham, Nahida, Kuki Shinobu, dan Yelan.

Nahida akan bertindak sebagai Dendro support, Kuki Shinobu sebagai Electro support, dan Yelan sebagai Hydro Sub DPS/ Support.

Kamu bisa mengganti Nahida dengan Collei, MC Dendro, atau Yaoyao. Kuki Shinobu dengan Beidou, dan Yelan bisa menggunakan Xingqiu.

Rekomendasi party Spread/Aggravate mirip dengan sebelumnya namun kamu bisa mengganti Yelan dengan Zhongli. 

Elemental Skill Zhongli dapat menurunkan Dendro RES sehingga bagus sekaligus memberikan shield.

Untuk rekomendasi Tim Burgeon, kamu bisa mengganti karakter Electro pada tim Hyperbloom dengan karakter Pyro. 

Karakter Pyro yang direkomendasikan untuk tim Burgeon adalah Thoma karena dapat memberikan Pyro secara terus menerus selama interval tertentu.

Baca Juga: Genius Invokation TCG, Main Kartu Ala Genshin Impact!

Demikian, build dari Alhaitham Genshin Impact. Berbeda bukan dengan Keqing? 

Bagi kamu yang belum mendapatkan karakter ini jangan khawatir. Kamu bisa membeli Genesis Crystal terpercaya untuk gacha Alhaitham di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!