Bagaimana Dex Berjalan di Dunia Crypto? Begini Penjelasannya!


menggunakan pembuat pasar otomatis (AMM), yang merupakan prinsip yang bekerja dan mengontrol proses menghasilkan uang. 

DEX atau pertukaran peer-to-peer adalah jenis pertukaran cryptocurrency yang terjadi secara peer-to-peer. Lantas, bagaimana DEX berjalan? Untuk kamu yang kepo, silahkan simak pada penjelasan di bawah ini.

Definisi DEX

risiko investasi kripto - Analisa BNB dan BTC - Analisa BTC
dex dalam dunia kripto. (Source: Freepik)

Decentralized Exchange (DEX) adalah jenis pertukaran dan transaksi peer-to-peer cryptocurrency dan aset digital yang unik. Tidak seperti Centralized Exchange (CEX), DEX tidak memerlukan pihak ketiga atau perantara terpercaya untuk memfasilitasi pertukaran aset kripto. 

Tujuan utama kripto adalah fleksibilitas finansial karena meningkatkan kebebasan ekonomi orang di mana saja, terlepas dari siapa mereka. DEX adalah bagian penting dari keuangan terdesentralisasi (DeFI). Faktanya, tanpa DEX yang sangat likuid, DeFi tidak akan mencapai pertumbuhan besar yang dimilikinya.

Bagaimana DEX Berjalan?

Kita tahu bahwa dex memenuhi aturan rantai pialang dan memungkinkan para trader untuk memegang token mereka. Sekarang kita akan menyelami untuk memahami bagaimana DEX berjalan.

Pembuat Pasar Otomatis

Strategi Trading Crypto
bagaimana dex berjalan sebagai pasar otomatis

Kamu mungkin sudah tahu bahwa CEX menggunakan dokumen hukum untuk menghubungkan pembeli dan penjual. Dex tidak dapat melakukan hal yang sama karena backlog membutuhkan tim dan teknologi terpusat untuk bekerja.

Sebaliknya, DEX menggunakan pembuat pasar otomatis (AMM), yang merupakan prinsip yang bekerja dan mengontrol proses menghasilkan uang. 

AMM tidak memerlukan anggota untuk berinteraksi karena transaksi dilakukan melalui dua pasang token yang cocok. AMM melakukannya melawan uang di kolam, jadi jika kamu ingin membeli token, kamu tidak perlu mencari jenis apa pun di sisi jual.

Pendiri Ethereum Vitalik Buterin memperkenalkan konsep AMM ke dunia pada tahun 2017, setelah itu dex bekerja berdasarkan konsep AMM asli, seperti UniSwap menjadi kenyataan. Jika AMM adalah kode perangkat lunak, masih perlu melacak aset dari satu bagian ke bagian lain.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Kolam Likuiditas 

Investor Crypto
bagaimana dex berjalan sebagai kolam likuiditas

Bagaimana DEX berjalan selanjutnya? Decentralized Exchange adalah kontrak pintar atau kontrak pintar yang dieksekusi di kumpulan token yang cocok dengan kerumunan.

Crowdsourcing berarti bahwa semua token di kumpulan likuidasi berasal dari investor (LP) yang berbeda di komunitas crypto. 

LP menempatkan aset mereka di kolam karena insentif. Misalnya, mereka bisa mendapatkan hadiah menarik, seperti token LP, atau biaya perdagangan dengan berinvestasi di kumpulan likuid.

Baca juga: Pengertian Defi Crypto, Pemula Wajib Tahu!

Swap

bagaimana dex berjalan
dex berjalan dengan sistem swap

Generasi revolusioner berikutnya tidak akan lagi menggunakan dokumen legal untuk memfasilitasi transaksi kripto atau menetapkan harga. Namun, platform menggunakan protokol cair untuk menilai aset.

Dalam jaringan peer-to-peer, pemrosesan transaksi akan bekerja secara langsung di antara dompet pengguna, suatu proses yang disebut Swap. Layanan DEX di sektor ini dinilai dengan Total Value Locked (TVL), atau nilai aset yang disimpan dalam protokol kontrak pintar.

Saat ini, fleksibilitas Decentralized Exchange masih dalam tahap awal pengembangan, sehingga pengguna harus menyadari kelemahan ini. Khususnya bagi pengguna yang belum familiar dengan teknologi blockchain.

Baca juga: Penipuan Rug Pull Adalah: Definisi, Jenis, dan Tanda-Tanda

Hal ini karena pengguna harus terbiasa dengan platform dompet eksternal agar dapat berinteraksi dengan DEX. Tidak hanya itu, pengguna juga perlu mendukung dompet mereka dengan mentransfer mata uang fiat atau aset kripto.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID