Arti Dyor di Dunia Crypto yang Harus Kamu Tahu

exchange terbaik di dunia - cara main crypto

DYOR adalah istilah yang sering disebut di dunia kripto. Sebagai investor, sangat penting untuk memahami dan menerapkan DYOR. 

DYOR diterapkan untuk mengurangi jumlah investor yang tidak memiliki pemahaman mendalam tentang seluk-beluk cryptocurrency. Dengan demikian, definisi DYOR adalah panggilan untuk mendorong investor untuk terus-menerus meneliti dan mendapatkan wawasan sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam aset kripto apa pun. 

Istilah ini pertama kali menjadi populer ketika Initial Coin Offering atau proyek ICO mulai membanjiri ruang crypto pada tahun 2016 dan 2018. Pada saat itu, banyak investor biasa yang bersedia menghabiskan banyak uang untuk berinvestasi di aset kripto.

Sayangnya, investasi ini telah diabaikan oleh pemahaman dan penelitian yang luas. Dengan mengingat fenomena ini, beberapa aktivis kripto mendesak calon investor untuk melakukan DYOR sebelum memasuki dunia investasi kripto. Untuk lebih memahami istilah tersebut, yuk simak penjelasan lainnya di artikel ini.

Pengertian DYOR

Dyor
Ilustrasi Pergerakan aset kipto. (Source: Freepik)

DYOR adalah singkatan dari Do Your Own Research. DYOR menantang investor untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan untuk berinvestasi di dunia kripto mana pun.

DYOR akan membantu seseorang menemukan alasan yang tepat untuk berinvestasi sehingga dapat dijadikan motivasi tambahan untuk mencapai tujuan tersebut.

Hal ini sangat berbeda ketika seorang investor berinvestasi tanpa pemahaman yang luas dan tujuan yang jelas. Dengan melakukannya, seorang investor dapat menjawab alasan pasti mengapa mereka bersedia berinvestasi pada aset kripto tertentu. Selain itu, pendekatan ini juga membantu investor mencapai pengembalian tertinggi. 

Penerapan di Dunia Crypto

Ada beberapa cara untuk mengimplementasikan DYOR ke dalam investasi kripto. Salah satu upaya yang tidak boleh dilupakan adalah mengidentifikasi investasi potensial.

Dalam praktiknya, kamu harus membuat daftar proyek yang kamu inginkan. Kemudian lihat setiap proyek di situs resmi mereka sebagai referensi dari pengguna lain.

Dengan cara ini kamu dapat memahami seberapa besar peluangnya di masa depan. Identifikasi potensi investasi dapat dilakukan dengan dua cara, antara lain sebagai berikut:

Analisis Teknis

Dyor
Kripto

Analisis teknikal dapat menjadi alternatif untuk melakukan DYOR. Indikator penerapan analisis teknis adalah memantau fluktuasi grafik harga pasar, mencari pola candlestick dan menguji strategi perdagangan baru.

Dengan menggunakan teknik analisis teknis, Kamu dapat lebih memahami sentimen pasar dan memprediksi tren pasar yang penting. Analisis ini dapat digunakan untuk membuat perkiraan yang lebih akurat dan strategi investasi yang lebih cerdas.

Analisis teknis memperhitungkan sejarah pergerakan aset kripto dengan grafik harga dan volume perdagangan, serta apa yang telah dilakukan token. Di sisi lain, analisis standar lebih berfokus pada penentuan apakah nilai atau nilai koin lebih tinggi, adil, atau kecil.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Garis tren, atau arah khas pergerakan harga token, bisa sangat bermanfaat bagi pedagang atau investor cryptocurrency. Namun, menggunakan metode ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Pergerakan harga setiap crypto bisa sangat cepat. Kamu bisa mengamati grafik pergerakan harga sehingga kamu dapat melihat harga tertinggi dan terendah yang membentuk pola linier.

Dengan pemikiran ini, analis teknis dapat mengabaikan pesanan dan menemukan bahwa tren sedang naik. Sebaliknya, kamu dapat mengidentifikasi tren turun saat melihat serangkaian posisi harga jual.

Selain itu, ada tren menyamping dan dalam hal ini crypto tidak banyak bergerak ke kedua arah. Perlu kamu ketahui bahwa tren datang dalam periode yang berbeda, termasuk garis tren menengah, jangka panjang, dan jangka pendek.

Selain garis trend, ada juga garis horizontal yang menunjukkan level support dan resistance. Dengan mengidentifikasi level ini, kamu dapat menarik kesimpulan tentang penawaran dan permintaan token.

Pada level support, terlihat banyak investor atau trader yang siap membeli mata uang tersebut (permintaan tinggi). Investor berpendapat bahwa mata uang tersebut undervalued pada level saat ini dan karena itu mencoba untuk membelinya.

Ketika token mendekati level ini, situasi beli terjadi. Banyak permintaan biasanya menghentikan penurunan, dan terkadang momentum itu sendiri bisa menjadi tren naik.

Baca juga: 6 Game Penghasil Bitcoin 2022, Unduh Sekarang!

Analisis Fundamental

Dyor
BTC

Analisis fundamental adalah strategi penilaian yang digunakan untuk menentukan nilai pasar suatu aset. Teknik ini biasanya dilakukan dengan mengevaluasi praktik bisnis, rencana, pengembangan, kertas putih, aktivitas jaringan, strategi pemasaran, tim, tokenomik, dan lainnya.

Melihat banyak faktor internal dan eksternal, tujuan utamanya adalah untuk menentukan apakah suatu aset sebagai perusahaan dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah. Investor dapat menggunakan informasi ini secara strategis untuk masuk atau keluar dari posisi investasi.

Seperti disebutkan di atas, aset kripto tidak dapat dilihat melalui lensa yang sama dengan aset tradisional. Analisis fundamental saham dan cryptocurrency berbeda.

Ada banyak faktor di pasar aset kripto yang dapat digunakan sebagai analisis fundamental aset kripto. Bahkan dengan token arus utama yang lebih terdesentralisasi seperti Bitcoin (BTC), itu lebih dekat dengan komoditas. Jadi perlu untuk mengalihkan perhatian kita dengan cara lain.

Baca juga: Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di Indodax

Proses penelitian subjek adalah untuk mengetahui terlebih dahulu cryptoassets apa yang akan kita beli melalui website. Tidak hanya itu, proses penelitian yang relevan juga berarti menemukan informasi tentang pro dan kontra dari investasi kripto dan teknologi blockchain.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID