Perbandingan Apple M1 Vs M2, Siapa yang Terbaik?

Apple M1 Vs M2

Generasi kedua dari Apple Silicon telah hadir. M2 SOC adalah peningkatan konsumen Apple ke M1 2020 di jajaran Mac dan seterusnya. Jika dilakukan perbandingan apple m1 vs m2, siapakah yang yang terbaik?

Prosesor sistem on a chip Apple Silicon seri M mewakili langkah Apple untuk menjauhkan diri dari CPU arsitektur Intel di komputer Macintosh-nya, beralih ke chip berbasis ARM yang digunakan dengan lini iPhone dan iPad-nya. Sepanjang jalan, Apple juga membawa M1 ke model iPad tertentu.

Apple pertama kali merilis chip Silicon Apple untuk Mac pada November 2020 dengan M1. Pada tahun 2021, Apple memperkenalkan chip M1 Pro dan M1 Max yang lebih cepat.

Pada bulan Maret 2022, Apple memulai debutnya dengan M1 Ultra, yang menggabungkan dua chip M1 Max menjadi satu chip bertenaga super, yang saat ini digunakan di Mac Studio.

Faktanya, mesin M1 masih tersedia juga untuk saat ini, yang berarti sobat Vicigers mungkin perlu memutuskan mana yang terbaik antara apple m1 vs m2. 

Perbandingan Apple M1 Vs M2

Untuk membandingkan antara apple m1 vs m2, kamu bisa membaca ulasan singkat yang ada di bawah ini.

M1

Apple M1 Vs M2
Apple M1 Vs M2

Apple M1 adalah chip Apple Silicon pertama Apple, diperkenalkan pada November 2020. Chip ini menggabungkan inti CPU dan GPU bersama-sama untuk kinerja yang lebih cepat daripada kebanyakan Intel Mac yang datang sebelumnya.

Chip M1 mencakup inti mesin saraf untuk akselerasi pembelajaran mesin, Enklave Aman, mesin enkoder dan dekoder media, dan pengontrol Thunderbolt 4.

Mulai Juni 2022, Apple saat ini menggunakan Chip M1 di MacBook Air (versi M1), Mac Mini, iMac (24 inci), iPad Pro (11 inci), dan iPad Pro (12,9 inci). Berikut adalah beberapa statistik pada M1:

  • Dirilis: 10 November 2020
  • Inti CPU: 8
  • Core GPU: Hingga 8
  • Memori Terpadu: Hingga 16 GB
  • Inti Mesin Neural: 16
  • Transistor: 16 miliar
  • Proses: Generasi Pertama 5nm

Meskipun M1 telah digantikan oleh M2, Mac yang menggunakan M1 masih merupakan peningkatan besar untuk sebagian besar Mac berbasis Intel. Mereka menawarkan kinerja per watt yang hebat, dan mereka dapat menjalankan aplikasi iPhone dan iPad tertentu.

Menurut pendapat kami, mesin M1 masih mewakili nilai yang sangat baik, dan jika harganya turun dibandingkan dengan alternatif berbasis M2, sekarang mungkin saat yang tepat untuk membeli mesin Apple Silicon pertama Anda atau mungkin Mac untuk anak-anak.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

M2

Apple M1 Vs M2
M2

Sistem Apple M2 pada chip (SOC) adalah entri kelima Apple dalam seri chip Apple Silicon, diumumkan pada Juni 2022. Seperti M1, sistem ini menggabungkan CPU dan GPU menjadi satu die (satu bagian silikon) dengan memori bersama untuk waktu yang lama.

Kinerja lebih cepat daripada sistem yang memisahkan CPU dan GPU menjadi chip diskrit. Apple mengklaim M2 akan memiliki CPU 18 persen lebih cepat, GPU 35 persen lebih cepat, bandwidth memori 50 persen lebih banyak, dan Neural Engine 40 persen lebih cepat daripada M1. Ini juga menggabungkan pengkodean media ProRes, yang akan mempercepat alur kerja untuk beberapa profesional kreatif.

Pada Juni 2022, Apple hanya mengumumkan Chip M2 di MacBook Air (M2) dan MacBook Pro 13 inci, yang keduanya direncanakan untuk dikirim pada Juli 2022. Ada kemungkinan M2 akan datang ke iPad atau Mac masa depan. Mini rilis juga. Berikut adalah beberapa statistik pada M2:

  • Dirilis: 6 Juni 2022
  • Inti CPU: 8
  • Core GPU: Hingga 10
  • Memori Terpadu: Hingga 24 GB
  • Inti Mesin Neural: 16
  • Transistor: 20 miliar
  • Proses: Generasi Kedua 5nm

Dibandingkan dengan chip Apple Silicon yang lebih besar (seperti M1 Pro, M1 Max, dan M1 Ultra), M2 memiliki keunggulan dalam hal daya komputasi sekaligus menjaga penggunaan daya dan perpindahan panasnya relatif rendah, yang ideal untuk mesin kecil seperti MacBook. Air dan MacBook Pro 13 dan mungkin Mac Mini di masa depan.

M2 juga menyertakan enklave aman generasi berikutnya dan mesin saraf serta mesin media yang diperbarui yang mendukung video 8K H.264 dan HEVC. Dalam praktiknya, ini berarti bahwa sistem yang didukung oleh chip M2 akan dapat melakukan streaming beberapa aliran video 4K dan 8K secara bersamaan.

Baca juga: Macbook Best Deals Juni 2021, Ada Diskon Apa Aja?!

Siapa yang Terbaik Antara Apple M1 Vs M2

Apple M1 Vs M2
Apple M1 Vs M2

Pada akhirnya, saran kami adalah membeli Mac tercepat yang dapat kamu beli dengan nyaman yang sesuai dengan gaya kerja atau kebutuhan ukuran. Tetapi jika ingin menghemat uang dengan membeli Mac M1, kamu masih mendapatkan teknologi yang mengesankan untuk harganya. 

Merek ini meningkatkan hal-hal di bagian depan GPU dengan M2. Sekarang ada hingga sepuluh inti, dua lebih banyak daripada di M1 asli.

Cache yang lebih besar dan bandwidth memori yang meningkat akan meningkatkan kinerja grafis dan menjanjikan kinerja hingga 35 persen lebih baik pada daya maksimum jika dibandingkan dengan M1 asli.

MacBook Air adalah yang pertama menerima chip M2. Bentuk baji MacBook Air telah diubah menjadi profil yang lebih tipis, dan laptop yang dilengkapi M2 juga mencakup pengisian daya MagSafe.

Baca juga: Apple Umumkan 12 Pemenang Apple Design Awards 2021, Penasaran?

MacBook Air baru juga memiliki layar 13,6 inci yang lebih besar, kamera yang lebih baik, dan masa pakai baterai 18 jam. Namun, Apple mengklaim bahwa chip baru di 2022 Air mengungguli pendahulunya sebesar 40 persen.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID